Tips Program Hamil di Usia 30 Tahun

Diposting pada

Tips Program Hamil di Usia 30 Tahun – Usia 30 tahunan menjadi pilihan banyak orang sebagai waktu yang tepat untuk menikah dan memulai rumah tangga. Di usia tersebut karir sudah bagus, sehingga kebutuhan finansial akan tercukupi. Begitupun dengan keadaan psikologi yang telah matang dan siap untuk hidup berumah tangga dan memiliki anak.

Namun lain halnya dengan keadaan fisik wanita. Wanita di usia 30 tahunan membutuhkan penantian yang lebih lama untuk mendapatkan keturunan. Di awal usia 30 tahunan, kesempatan untuk memiliki anak cenderung berkurang dibandingkan dengan wanita berusia diakhir 20 tahunan. Dan kesempatan akan menurun lagi setelah wanita berusia 35 tahun.

Tips program hamil di usia 30 tahun

Kehamilan di usia berapa pun sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Nah, berikut ini gambaran umum untuk anda yang ingin hamil di usia 30 tahunan.

Keuntungan Program Hamil di Usia 30 Tahunan

  • Ibu baru yang berusia 30 tahunan masih memiliki stamina dan ketahanan yang cukup, hal ini tentu berguna untuk menjadi orangtua.
  • Keadaan setiap orang tentunya berbeda. Namun, wanita yang usianya 30 tahunan akan lebih mengenal diri mereka dengan lebih baik dibandingkan ketika berusia 20 tahunan.
  • Memiliki anak di usia 30 tahunan sudah matang dalam hal finansial. Anda maupun pasangan sudah memiliki penghasilan yang cukup dibandingkan saat usia 20 tahunan, karena jam kerja anda di dunia kerja sudah cukup banyak.
  • Dibandingkan dengan wanita berusia 20 tahunan, anda memiliki fleksibilitas waktu yan lebih baik.

Kekurangan Program Hamil di Usia 30 Tahunan

  • Berdasarkan para ahli, wanita berusia 35 tahun menjadi tolok ukur jika ingin hamil.
  • Ketika berusia 30 tahunan kesempatan atau peluang anda untuk hamil lebih rendah dibandingkan ketika usia anda di akhir 20 tahunan. Tak hanya itu, risiko mengalami keguguran dan melahirkan bayi dengan down syndrome sedikit lebih tinggi dibandingkan saat usia anda 20 tahunan.
  • Seiring dengan bertambahnya usia, angka keguguran akan meningkat perlahan namun pasti. Begitu pun dengan komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan.
  • Wanita yang usianya 35 tahun ke atas memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami kehamilan ektopik dibandingkan wanita yang usianya lebih muda.
  • Wanita yang berusia lebih tua dari 35 tahun memiliki risiko lebih besar melahirkan dengan operasi caesar.

Tips Program Hamil di Usia 30 Tahun

Agar anda memiliki peluang hamil di usia 30 tahunan dengan normal, serta melahirkan bayi yang sehat,
maka beberapa tips penting harus anda lakukan sebelum anda memutuskan memulai program hamil.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu anda dalam mempersiapkan kehamilan.

  • Apabila anda berusia kurang dari 35 tahun, dan anda melakukan hubungan intim lebih sering dalam setiap minggunya tanpa menggunakan pengaman dalam jangka waktu satu tahun dan tidak hamil, maka anda harus berkonsultasi dengan ahli kesuburan. Mungkin saja anda mengalami gangguan pada kesuburan. Sehingga melakukan konsultasi dengan ahli kesuburan sangat tepat untuk mempersiapkan kehamilan.
  • Dan jika usia anda di atas 35 tahun, dimana anda sering melakukan hubungan intim tanpa pengaman setidaknya selama 6 bulan, namun tidak kunjung hamil, maka anda harus menemui dokter spesialis untuk memastikan keadaan anda.
  • Tak hanya itu, penting untuk pergi dan berkonsultasi dengan dokter jika anda mengalami keadaan yang membuat anda sulit hamil seperti mengalami penyakit menular seksual, menstruasi yang tidak teratur dan lain sebagainya.
  • Selain itu, anda juga perlu memperhatikan gaya hidup anda sendiri. Perhatikan kondisi tubuh anda, pola makan, hindari stres dan lain sebagainya.

Demikian tips program hamil di usia 30 tahun yang dapat membantu anda meningkatkan peluang untuk hamil. Semoga bermanfaat.