Tips Program Hamil Bagi Wanita Dengan Haid Tidak Teratur Yang Ampuh

Diposting pada

Tips Program Hamil Bagi Wanita Dengan Haid Tidak Teratur – Haid tidak teratur memang menjadi salah satu permasalahan yang menyita pikiran bagi wanita. Sayangnya, kondisi ini terjadi dan juga pernah dialami oleh sebagian besar wanita terutama bagi Anda yang menjalankan program hamil. Berikut kami sajikan beberapa cara dan tips program hamil bagi wanita dengan haid tidak teratur berikut ini!

Tidak dapat dipungkiri bahwa haid yang tidak teratur memang membuat sebagian besar wanita merasa jengkel dan juga kesal. Hal ini tentunya haid tidak teratur memang membuat kita sangat sulit untuk mendeteksi kapan menstruasi akan terjadi. Terkadang haid tidak teratur juga bisa membuat wanita tidak nyaman dan seringkali merasakan desminore yang tentu terjadi secara tiba-tiba. Terlebih bagi wanita yang selalu merasakan rasa sakit ketika PMS.

Selain itu, haid yang tidak teratur bisa membuat sebagian wanita merasa sangat kesulitan untuk mengetahui masa ovulasi. Masa subur tentunya menjadi salah satu tanda dimana terjadinya pelepasan sel telur dari indung telur. Proses ini tentunya menjadi kesempatan bagi sel sperma untuk membuahi sel telur. Akan tetapi, jika wanita mengalami haid yang tidak teratur, maka sangat sulit untuk mengetahui kapan masa subur tersebut terjadi.

Bagaimanapun juga, masa subur berlangsung skitar hari ke 14 yang dihitung dari hari pertama wanita mengalami haid. Namun, perhitungan ini tentunya tidak terjadi pada wanita yang mengalami haid tidak teratur. Hal ini tentu disebabkan oleh haid akan datang secara tiba-tiba sehingga sangat sulit menentukan masa subur. Ada yang mengalami haid dua kali dalam sebulan bahkan tidak mengalami haid yang teratur selama sebulan. Baca juga: 10 Persiapan Sebelum Proram Hamil Yang Wajib Anda Lakukan

Tips Program Hamil Bagi Wanita Dengan Haid Tidak Teratur

tips program hamil bagi wanita dengan haid tidak teratur

Bagi wanita yang memiliki siklus haid yang teratur tentunya akan mengalami masa menstruasi sebanyak 11 hingga 13 kali dalam satu tahun kalender. Sedangkan untuk wanita yang mengalami haid tidak teratur akan mengalami siklus mentruasi kurang dari atau lebih dari 13 kali kesempatan. Meskipun memang Anda termasuk ke dalam salah satu wanita yang mengalami haid tidak teratur, bukan berarti Anda tidak bisa hamil. Namun, tentunya Anda harus melakukan sedikit cara dan juga usaha untuk mendapatkan peluang kehamilan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan program hamil, tentunya penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab  siklus menstruasi Anda tidak teratur. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa cara  dan juga tips yang tepat untuk mengurangi akan penyebab dari siklus menstruasi yang tidak teratur. Dengan mengetahui penyebab siklus haid tidak teratur, hal ini akan memungkinkan Anda memperbesar peluang agar Anda bisa hamil. Lihat juga: Khasiat Madu Dalam Meningkatkan Kesuburan Untuk Pria dan Wanita

Penyebab Haid Tidak Teratur

Siklus haid tidak teratur memang sering dialami oleh sebagian besar wanita yang tentu saja membuat mereka merasa tidak nyaman. Tentu kita tahu bahwa tidak setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang normal, ada sebagian besar wanita mengalami haid tidak teratur. Untuk itu, yuk kita ketahui beberapa penyebab haid tidak teratur yang tentu bisa Anda deteksi dan juga hindari sekarang juga, diantaranya:

Penurunan berat badan atau diet

Cara ini tentunya dikenal sebagai langkah yang paling banyak dilakukan oleh sebagain besar orang yang memiliki kelebihan berat badan. Namun, jika diet dilakukan oleh wanita tentunya akan menimbulkan satu kondisi dimana wanita tersebut akan mengalami yang namanya perubahan hormon. Berat badan yang turun dengan drastis tentunya akan menjadi satu tanda dimana adanya gangguan pada tiroid. Bagaimanapun juag, gangguan tiroid di sini dapat mempengaruhi perubahan siklus haid pada wanita.

Menyusui

Bagi wanita menyusui tentunya bisa menjadi salah satu penyebab yang bisa membuat wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur. Siklus haid pada wanita menyususi tentunya menjadi tidak teratur. Hal ini memang tergolong cukup wajar mengingat menyusui memang ada kaitannya dengan kondisi pada wanita. Siklus menstruasi yang tidak teratur tentunya akan hilang dan berhenti dengan sendirinya dan akan kembali seperti sedia kala.

Alat Kontrasepsi

Haid yang tidak teratur tentunya bisa juga disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi seperti suntik ataupun pil kb. Bagaimanapun juga, alat kontrasepsi memang menyebabkan perubahan hormon terjadi pada wanita. Terlebih pada wanita yang sudah menggunakan alat kontrasepsi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini memang tergolong wajar mengingat alat kontrasepsi memiliki beberapa efek yang kurang baik pada kesuburan wanita.

Beban pikiran (stres)

Stres tentunya memang sering dialami oleh sebagian besar orang terutama wanita. Rasa stres yang kerap menyerang wanita menjadi salah satu penyebab terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur pada wanita. Tidak dapat dipungkiri bahwa terlalu banyak beban pikiran bisa mempengaruhi Hypothalamus yaitu salah satu bagian otak yang berfungsi untuk mengatur hormon pada periode haid. Saat stres tentunya bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur sehingga siklus haid tersebut lebih cepat dan juga lebih lambat.

Tanda penyakit

Kelainan rahim tentunya bisa ditandai dengan terjadinya siklus menstruasi yamng tidak teratur. Dalam hal ini tentunya siklus menstruasi tidak teratur tentunya disebabkan oleh adanya kista kecil yang ada di dalam indung telur yang tentu menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Dalam hal ini produksi hormon testosteron bisa meningkat padahal wanita mengalami hormon dalam jumlah yang cukup sedikit. Kista ovarium polikistik ini tentunya bisa menyebabkan adanya pelepasan sel telur yang tidak normal sehingga siklus menstrausi di sini menjadi sangat berpengaruh.

Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid tentunya bisa mempengaruhi adanya keseimbangan hormon dalam mengatur sistem metabolisme tubuh pada periode datang bulan. Jika terjadinya gangguan pada kelenjar tiroid, maka kelenjar ini bsia menjalankan kinerjanya secara maksimal. Dengan adanya gangguan tiroid tentunya Anda akan lebih lesu dan juga tidak bersemangat. Saat suasana hati berubah tentunya ini menjadi salah satu penyebab dari siklus menstruasi yang tidak teratur. Dalam hal ini tentunya masalah gangguan kelenjar tiroid bisa berpengaruh cukup besar pada siklus datang bulan dan juga emosional.

Perimenopause

Perimenopause ialah salah satu masa sebelum terjadinya menopause. Dalam masa ini tentunya siklus menstruasi akan mengalami ketidakteraturan dan juga ketidaklancaran. Kondisi ini tentunya membuat hormon progesteron di dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga datang bulan bisa berlangsung lebih singkat dan juga lebih lama dari biasanya.

Penyebab umum dari ketidakseimbangan hormonal tentunya dikenal dengan istilah Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Istilah ini tentunya ditandai dengan gejala seperti adanya stimulasi rangsangan dari folikel yang tentu menghasilkan hormon estrogen dengan kadar yang cukup tinggi tanpa adanya proses pelepasan sel telur. Bagaimanapun juga, hormon estrogen yang berlebihan bisa merangsang lapisan rahim untuk mengalami penebalan sehingga bisa mencapai titik dimana ia akan mengelupas sehingga terjadinya menstruasi, namun tidak terjadi ovulasi.

Wanita yang mengalami gangguan ini tentunya bisa mengalami ketidakseimbangan hormon sehingga bisa menyebabkan haid tidak teratur. Wanita yang sering melakukan olahraga berlebih tentunya bisa juga mengalami siklus haid yang tidak teratur. Selain itu, kurangnya asupan gizi dan juga nutrisi di dalam tubuh dapat dipicu oleh aktivitas fisik yang berlebihan sehingga mengubah susunan kimiawi di dalam otak. Bagaimanapun juga, otak memang dapat memicu hormon yang diperlukan untuk perkembangan folikel. Jika tubuh kekurangan folikel, maka bisa menyebabkan defisiensi/kekurangan estrogen. Pengaruh Haid Tidak Teratur Terhadap Kesuburan

Hal ini tentu adanya kaitan antara haid yang tidak teratur dengan kesuburan yang terjadi pada wanita. Jiak haid tidak teratur, maka ovulasi juga tidak teratur bahkan pada beberapa kasus tidak mengalami ovulasi sama sekali. Mungkin kita tahu bahwa wanita tidak mungkin hamil jika tidak adanya proses pelepasan sel telur sehingga hal ini menjadi semakin sedikit untuk mendapatkan peluang kehamilan.

Cara Mendapatkan Kehamilan Jika Haid Tidak Teratur

Hal pertama yang mungkin bisa Anda lakukan ialah dnegan mencoba dan juga melakukan beberapa langkah yang bisa mendukung Anda untuk mendapatkan kehamilan. Dalam hal ini memang sangat penting bagi Anda untuk memulihkan keteraturan siklus menstruaso sehingga dapat meningkatkan frekuensi ovulasi.

Namun, bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, alangkah baiknya jika Anda melakukan perubahan pada gaya hidup yang sederhana sehingga bisa sedikitnya meningkatkan keseimbangan hormon dan juga membantu menstruasi Anda menjadu lebih baik lagi dan lebih teratur. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai tips program hamil bagi wanita dengan haid tidak teratur, diantaranya:

Konsumsi makanan yang sehat

Tips pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengonsumsi makanan sehat dan juga seimbang. Bagi Anda penggemar junk food tentunya Anda harus menjauhinya sekarang juga. Perbanyaklah untuk mengonsumsi sayuran dan juga buah-buahan serta hindari makanan yang memiliki karbohidrat dengan olahan lemak.

Jaga berat badan

Berat badan di sini tentunya dengan mengurangi diet rendah kalori dan juga berolahraga terutama jika Anda mengidap PCOS. Tentunya menjaga berat badan di sini memang erat kaitannya dengan perubahan hormon yang terjadi pada wanita. Berat badan juga perlu Anda pertimbangkan jangan sampai berat badan Anda terlalu kecil dan juga terlalu besar.

Bagi Anda yang memiliki kekurangan berat badan tentunya cobalah menambah dengan mengonsumsi karbohidrat dan juga protein yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Kadar lemak di dalam tubuh yang rendah tentunya bisa membuat tingkat estrogen juga menjadi cukup rendah sehingga bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Konsumsi suplemen penambah kesuburan

Ketika Anda berusaha untuk hamil tentunya wanita harus mengonsumsi vitamin prenatal sebagai salah satu upaya dalam memastikan adanya asupan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan untuk mendapatkan peluang kehamilan. Untuk itu, lengkapilah menu harian Anda dengan mengonsumsi suplemen penambah kesuburan sehingga bisa mengembalikan siklus menstruasi Anda menjadi teratur kembali.

Olahraga yang teratur dalam intensitas secukupnya

Tips program hamil yang selanjutnya tentunya Anda harus melakukan gerak tubuh atau yang sering disebut dengan olahraga. Olahraga memang selalu menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan untuk mendapatkan dampak yang buruk bagi kesuburan sehingga bisa merugikan kesuburan Anda.

Periksakan ke dokter kandungan

Cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan memeriksakan diri Anda ke dokter kandungan. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengetahui masalah apa yang ada pada Anda sehingga Anda mengalami haid yang tidak teratur. Dengan memeriksakan diri Anda ke dokter tentunya Anda bisa sedikitnya mengetahui akan apa yang terjadi dengan Anda.

Bagaimanapun juga, jika kita melakukan tips program hamil bagi wanita dengan haid tidak teratur dapat sedikitnya membantu Anda meningkatkan peluang untuk mendapatkan kehamilan. Hal ini dikarenakan hamil dan juga mendapatkan keturunan memang menjadi salah satu keinginan bagi pasangan yang sudah menikah. Itulah beberapa cara dan juga tips program hamil bagi wanita dengan haid tidak teratur yang bisa Anda coba sekarang juga. Selamat mencoba!