Tips Program Hamil Anak Kembar dengan Alami

Diposting pada

Beberapa tips dapat anda lakukan untuk memperbesar peluang hamil anak kembar. Ketahui apa saja tips program hamil anak kembar.

Memiliki bayi kembar menjadi impian beberapa pasangan. Yang mana mereka tidak segan-segan melakukan cara apapun untuk mewujudkan impiannya, termasuk melakukan program hamil anak kembar.

Namun, program hamil bayi kembar tidak menjadi jaminan bagi pasangan memiliki anak kembar. Hanya saja dengan program hamil anak kembar, peluang mendapatkan bayi kembar akan semakin besar.

Tips Program Hamil Anak Kembar dengan Alami

Proses Terjadinya Kehamilan Kembar

Kehamilan kembar itu sendiri terjadi pada satu sel telur yang dibuahi. Kemudian terbagi menjadi 2 atau lebih embrio.

Hamil kembar yang terjadi kebanyakan yaitu kembar fraternal. Kembar fraternal berkembang dari dua telur yang terpisah. Yang mana masing-masingnya dibuahi oleh sperma. Sedangkan kembar identik sangat langka yang terjadi dimana hanya satu telur yang dibuahi oleh sperma. Kemudian telur ini akan terbagi menjadi dua atau lebih sejak awal kehamilan.

Kembar fraternal terjadi pada saat ovulasi dua telur dilepaskan. Dimana kedua telur tersebut kemudian dibuahi oleh sperma yang berbeda.

Faktor yang Mempengaruhi Kehamilan Bayi Kembar

Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kehamilan bayi kembar:

Sejarah Keluarga Istri

Maksudnya yaitu sejarah keluarga dari wanita. Apabila sang suami memiliki sejarah keluarga yang memiliki anak kembar, maka itu tidak memiliki pengaruh yang cukup besar. Pasalnya, wanitalah yang memproduksi sel telur. Apabila anda atau ibu anda kembar, maka anda bisa memiliki kemungkinan lebih besar hamil kembar.

Berat Badan

Berat badan diketahui menjadi faktor yang mempengaruhi kehamilan anak kembar. Bagi wanita pemilik berat badan lebih dari berat badan ideal, ia memiliki kemungkinan lebih tinggi mendapatkan anak kembar. Pernyataan ini pun didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Collage Of Obstetrics Gynecology. Berdasarkan penelitian, kehamilan anak kembar dapat terjadi pada wanita dengan masa tubuh lebih dari 30. Hanya saja, pernyataan ini harus didukung dengan sejarah keluarga yang memiliki anak kembar.

Gaya Hidup

Bagi wanita yang selalu menerapkan gaya hidup dengan diet rendah lemak, khususnya wanita vegetarian dan vegan, diketahui memiliki peluang yang lebih sulit mendapatkan bayi kembar dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi produk susu atau makan steak. Hal ini disebabkan karena perubahan hormonal yang berbeda atau tergantung pada apa yang dimakan.

Perawatan Kesuburan

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan peluang anda untuk hamil kembar yaitu melakukan perawatan kesuburan.

Usia Kehamilan

Usia kehamilan menjadi faktor yang mempengaruhi kehamilan anak kembar. Diketahui wanita yang hamil bayi kembar sekitar 17% adalah wanita yang usianya lebih dari 45 tahun. Namun, kondisi ini perlu dipertimbangkan. Pasalnya, pada usia tersebut memiliki risiko lebih rentan mengalami keguguran.

Pernah Mengalami Hamil Kembar

Wanita yang sebelumnya pernah mengalami hamil kembar memiliki peluang yang lebih besar mengalami hamil kembar pada kehamilan yang berikutnya dibandingkan dengan wanita yang belum pernah hamil anak kembar.

Program Bayi Kembar

Saat ini kehamilan bayi kembar dapat dibantu dengan teknologi yang canggih. Dimana program hamil bayi kembar yang dilakukan dinamakan sebagai program fertilitas. Program ini bertujuan untuk menstimulasi terjadinya proses ovulasi dalam rahim, serta menerapkan bayi tabung yang pada akhirnya akan menghasilkan embrio lebih dari satu dalam rahim.

Tips Program Hamil Anak Kembar dengan Alami

Bagi anda yang ingin memiliki bayi kembar, maka anda dapat merencanakan kehamilan anak kembar dengan alami dan bantuan medis.  Sebagai langkah untuk memaksimalkan usaha anda memiliki bayi kembar, beberapa tips program hamil kembar ini bisa anda lakukan:

Konsumsi Makanan Olahan Susu

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Jewish Medical Center menyatakan, bahwa makanan yang berasal dari produk olahan susu seperti misalkan ice cream, yogurt dan keju dapat membantu proses mendapatkan bayi kembar. Untuk itu, bagi anda yang ingin hamil anak kembar, tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi makanan tersebut.

Mengkonsumsi Suplemen Asam Folat

Untuk meningkatkan proses terbentuknya bayi kembar, maka anda dapat meningkatkan konsumsi asam folat. Kesempatan ini memiliki persentase sekitar 40% jika wanita, (yang memiliki keturunan anak kembar) mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asam folat.

Berat Badan

Diketahui wanita yang memiliki berat badan besar, serta postur tubuh yang tinggi memiliki peluang lebih besar hamil anak kembar. Namun, penambahan berat badan ini harus diiringi dengan olahraga, serta pola hidup yang sehat. Ini dilakukan untuk memastikan agar ibu dan janin selama masa kehamilan tetap terjaga. Perlu anda ingat obesitas yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kehamilan.

Menyusui Saat Sedang Hamil

Apabila anda sedang menyusui anak pertama, dan berencana memiliki anak kembar, maka anda jangan terlalu terburu-buru untuk menyapih anak anda. Anda bisa kembali melanjutkan menyusui.

Berdasarkan penelitian, wanita yang menyusui saat sedang hamil memiliki peluang yang lebih besar hamil anak kembar dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui.

Mengkonsumsi Ubi-Ubian

Mengkonsumsi ubi-ubian ternyata dapat mendukung program hamil anak kembar. Nutrisi yang terkandung dalam ubi-ubian seperti halnya singkong, diketahui mampu membantu merangsang ovarium untuk memproduksi lebih dari satu sel telur.

Mengkonsumsi Karbohidrat Kompleks

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti misalkan kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran dapat membantu meningkatkan peluang hamil kembar. Nutrisi ini mampu membantu meningkatkan ovulasi tanpa harus memicu kenaikan insulin.

Konsumsi Magnesium/Kalsium

Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa konsumsi magnesium dan kalsium dapat meningkatkan peluang hamil anak kembar. Selain itu, konsumsi magnesium dan kalsium juga bisa meningkatkan kesempatan memiliki anak perempuan.

Berhenti KB

Apabila sebelumnya anda sudah menjalankan KB hormonal selama kurang lebih 6 bulan, kemudian berhenti, sebaiknya biarkan berlalu beberapa siklus. Ini dilakukan supaya tubuh anda dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang dilakukan.

Hal seperti ini mampu meningkatkan kadar hormon, serta peluang untuk memproduksi lebih dari satu sel telur dalam satu siklus.

Program Fertilisasi

Program fertilisasi merupakan program untuk mendapatkan bayi kembar dengan menggunakan teknologi terkini. Cara yang dilakukan yaitu dengan menanamkan embrio kembar pada reproduksi wanita sesuai dengan jumlah anak yang diinginkan.

Posisi Bercinta Untuk Memperbesar Peluang Hamil Bayi Kembar

Nyatanya tidak ada posisi bercinta satu pun yang dapat 100% menghasilkan bayi kembar. Akan tetapi, secara ilmiah terdapat beberapa posisi yang dapat memperbesar peluang agar cepat hamil bayi kembar seperti berikut ini:

Posisi Berdiri

Dengan posisi berdiri suami mampu melakukan penetrasi lebih dalam sehingga dapat memudahkan sperma masuk untuk mencapai sel telur.

Posisi Suami di Belakang

Posisi ini dikenal juga sebagai posisi doggy style. Dimana ketika melakukan hubungan bercinta, istri memposisikan diri dengan bertumpu pada lutut. Sedangkan dari belakang suami melakukan penetrasi.
Diketahui posisi seperti ini dapat membantu pasangan hamil bayi kembar. Pasalnya dengan posisi ini leher rahim sang istri akan lebih dekat dengan alat vital suami.

Posisi Misionaris

Posisi ini merupakan posisi umum yang biasanya dilakukan oleh pasangan suami istri. Dengan posisi ini istri berada di bawah suami. Sebagai tips untuk mendapatan bayi kembar, anda bisa mengganjal pinggul dengan menggunakan bantal. Sehingga pada saat penetrasi sel sperma dapat menumpuk pada rahim.

Tanda Hamil Anak Kembar

Tanda hamil anak kembar sebenarnya sama dengan kehamilan pada umumnya. Wanita yang hamil anak kembar memiliki perubahan pada psikis dan fisik. Beberapa perubahan pada tubuh atau hormonal seperti berikut ini dapat menjadi tanda hamil bayi kembar.

Mengalami Morning Sickness Lebih Parah

Saat awal kehamilan, tanda yang paling umum dialami oleh wanita hamil yaitu morning sickness atau keadaan dimana terasa mual dan muntah. Pada wanita yang sedang hamil anak kembar, mual dan muntah yang dialaminya akan sangat menyiksa. Akibat dari keadaan ini ibu hamil akan mengalami keadaan tubuh yang lemas. Nafsu makan menurun atau bahkan tidak nafsu makan, bahkan bisa saja ibu jatuh pingsan.

Sering Buang Air Kecil

Sebenarnya sama dengan kehamilan pada umumnya, hamil bayi kembar akan membuat ibu hamil pada trimester pertama lebih sering buang air kecil. Dibandingkan dengan kehamilan pada umumnya, wanita yang sedang hamil bayi kembar memiliki frekuensi buang air kecil yang lebih sering.

Ngidam Parah

Ketika sedang hamil, keadaan yang memberatkan ibu hamil yaitu ngidam. Ibu hamil akan menjadi lebih sensitif terhadap bau-bauan. Ibu akan semakin menjadi pemilih pada makanan. Keadaan ini justru akan lebih parah apabila dialami oleh ibu yang hamil bayi kembar.

Mengalami Perubahan Suasana Hati

Pada awal kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan pada suasana hati. Sedangkan pada wanita yang hamil bayi kembar perubahan suasana hati yang dialami akan menjadi lebih sering, bahkan perubahan yang dialami akan sangat berat. Pergantian suasana hati yang awalnya bisa sangat bahagia kemudian akan menjadi terharu dengan seketika.

Kelelahan

Adanya bayi kembar dalam kandungan akan mengakibatkan perubahan fisik yang cukup signifikan pada ibu hamil. Ibu hamil akan lebih sering merasakan lelah. Meskipun kegiatan yang dilakukan terbilang cukup ringan.

Peningkatan Berat Badan Drastis Pada Trimester Pertama

Peningkatan berat badan yang lebih cepat pada tiga bulan pertama kehamilan menjadi tanda kehamilan anak kembar.

Keadaan Rahim yang Semakin Membesar Pada Trimester Pertama

Pada wanita yang hamil kembar, biasanya ukuran rahim akan semakin besar sesuai dengan usia kehamilan semakin konsisten.

Untuk kehamilan tunggal, pada umumnya ukuran rahim bisa mencapai 38×40 cm. Lain halnya dengan bayi kembar, dimana untuk kehamilan kembar ukuran rahim dapat mencapai 48 cm.

Tingkat Kepekaan Wanita Lebih Kuat

Pada wanita yang sedang mengandung bayi kembar, tingkat kepekaan biasanya akan menjadi lebih kuat. Hanya saja, pada kehamilan pertama biasanya sulit merasakan apakah kehamilan yang dialami adalah kehamilan tunggal atau kehamilan kembar.

Memiliki anak kembar memang menyenangkan, kehadiran dua orang anak sekaligus akan semakin menghangatkan keluarga. Hanya saja, mendapatkan bayi kembar tidak semudah membalikan telapak tangan. Untuk memperbsar pelung hamil anak kembar harus didukung dengan usaha dalam menjalani program hamil anak kembar dan juga keturunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *