Tips Program Hamil Anak Kedua

Diposting pada

Tips Program Hamil Anak Kedua – Dalam membangun keluarga kecil, satu orang anak rasanya tak cukup. Sehingga banyak pasangan yang merencanakan program hamil anak kedua setelah mempertimbangkan jarak usia anak pertama dengan anak kedua. Hanya saja, biasanya beberapa pasangan mengalami kesulitan hamil anak kedua, berbeda halnya dengan hamil anak pertama. Karena seperti itu, penting memperhatikan dan mengetahui tips program hamil anak kedua.

Nah, untuk memperbesar peluang anda hamil anak kedua, simak beberapa tips program hamil anak kedua agar cepat hamil berikut ini.

Tips Program Hamil Anak Kedua

Tips Program Hamil Anak Kedua

Kesiapan

Hal pertama kali yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan program hamil anak kedua yaitu kesiapan antara anda dan pasangan. Yakinkan diri sendiri bahwa anda dan pasangan benar-benar siap memiliki anak lagi. Biasanya keinginan memiliki anak lagi akan muncul setelah anak pertama sudah cukup besar dan mandiri.

Perhatikan Kesuburan Anda

Seorang wanita mungkin tidak akan sesubur ketika ia hamil dan mengandung anak pertama. Dimana hal ini bisa saja disebabkan karena usia ataupun rentang waktu di antara kehamilan anak pertama dengan kehamilan anak kedua.

Apabila siklus haid anda tidak teratur atau tidak seimbang, maka anda dapat mengkonsumsi pil KB beberapa bulan sebelum memutuskan untuk memulai melakukan program hamil untuk meningkatkan peluang pembuahan.

Perhatikan Kesuburan Suami

Selain kesuburan wanita atau istri yang harus diperhatikan, penting juga untuk memperhatikan kesuburan suami. Apabila terdapat masalah dengan konsepsi, bisa jadi suami yang memiliki masalah.
Siapkan Tubuh Untuk Kehamilan Selanjutnya

Meskipun anda dan pasangan sudah siap secara mental untuk mendapatkan anak lagi, akan tetapi tubuh tidak selamanya siap untuk hamil lagi. Penting mempersiapkan tubuh untuk kehamilan anak kedua.

Agar program hamil sukses, beberapa upaya yang dapat anda lakukan di antaranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat, mengatur berat badan dan olahraga.

Perhatikan Asupan Gizi

Asupan gizi penting untuk diperhatikan. Makanlah makanan sehat yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang. Terapkan pola makan sehat dan hindari kebiasaan buruk yang biasa anda lakukan.

Kontrol Berat Badan

Berat badan merupakan salah satu faktor penting dalam program hamil. Apabila berat badan tidak ideal, baik itu terlalu kurus atau terlalu gemuk, maka akibatnya akan mempengaruhi kesuburan.
Apabila anda memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas, maka anda dapat merencanakan untuk menurunkan berat badan. Sebaliknya, apabila anda memiliki berat badan kurang, maka upayakan untuk menaikan berat badan secara sehat agar anda dapat kembali menormalkan siklus menstruasi dan menentukan masa subur.

Perhatikan Komplikasi Sebelumnya

Apabila pada kehamilan pertama anda mengalami masalah dan komplikasi, maka bisa saja pada kehamilan yang kedua tubuh menolaknya. Karena seperti itu, anda dan pasangan harus berkonsultasi mengenai pembuahan dengan dokter kandungan apabila sebelumnya pernah mengalami masalah dan komplikasi.

Cukupi Waktu Istirahat

Untuk pulih dari kehamilan yang pertama, tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat. Waktu yang terbaik antara kehamilan yang pertama dengan yang berikutnya yaitu 1 tahun.

Hindari Stres

Stres dapat dialami karena berbagai penyebab, dimana di antaranya yaitu karena pekerjaan yang menumpuk dan obsesi anda dalam bekerja. Yang mana keadaan ini pada akhirnya akan berakibat pada sulitnya mendapatkan anak kedua.

Kontrol Emosi

Pastikan anda sudah mampu mengontrol emosi sebelum kembali merencanakan kehamilan anak kedua. Hal ini penting karena perasaan tertekan dan emosi dapat mempengaruhi proses kehamilan.

Dalam menjalankan program hamil, kesabaran adalah hal yang paling penting. Tidak setiap wanita dapat berhasil hamil dalam percobaan yang pertama. Apabila anda kurang sabar, maka anda akan mengalami stres. Yang mana stres dapat mengurangi peluang terjadinya pembuahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *