Tips Pola Hidup Sehat Supaya Cepat Hamil

Diposting pada

Tips Pola Hidup Sehat Supaya Cepat Hamil – Menerapkan pola hidup sehat sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Selain itu, dengan pola hidup sehat bisa mempengaruhi tingkat kesuburan supaya cepat hamil. Agar cepat hamil, anda dapat menerapkan pola hidup sehat bersama pasangan.

Tips Pola Hidup Sehat Supaya Cepat Hamil

Tips Pola Hidup Sehat Supaya Cepat Hamil

Nah, berikut ini beberapa tips pola hidup sehat yang bisa anda terapkan sebagai salah satu cara supaya cepat hamil.

Baca juga : Penyebab Sulit Hamil yang Tidak Terduga

Menerapkan Pola Makan yang Tepat

Memperbaiki pola makan sangat penting dilakukan sebagai langkah untuk menyuburkan kandungan. Makanan memiliki kaitan dengan kesuburan, baik pada wanita ataupun pria. Anda dapat melakukan diet supaya cepat hamil, diet disini artinya mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang dan nutrisi yang cukup. Tujuannya yaitu memperbesar peluang anda agar cepat hamil, kehamilan sehat dan persalinan lancar. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga sistem reproduksi wanita. Selain itu, juga menjaga kualitas maupun kuantitas sperma pria.

Mengonsumsi makanan sehat akan membantu cepat hamil. Anda bisa memberikan suplai nutrisi seperti kalsium, protein dan zat besi. Ini artinya anda harus mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan nutrisi baik seperti sayuran, protein tanpa lemak, buah-buahan, biji-bijian, roti gandum, makanan dengan kandungan lemak sehat dan makanan dengan kandungan kalsium seperti yoghurt, keju dan susu rendah lemak.

Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin B juga akan membuat kesuburan meningkat seperti buah alpukat, brokoli, kecambah, kacang-kacangan, buah jeruk dan lain sebagainya. Anda juga sebaiknya sering mengontrol tingkat kolesterol, sebab kolesterol dipercaya akan membuat kehamilan terhambat. Tidak hanya itu, calon ibu juga harus mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat. Makanan dengan kandungan asam folat di antaranya yaitu buah kiwi dan sayur bayam. Makanan dengan kandungan asam folat bermanfaat bagi perkembangan otak janin.

Sebagai upaya cepat hamil, anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan tertentu seperti ikan dengan kandungan merkuri tinggi, kurangi konsumsi kafein dan alkohol, serta hentikan kebiasaan merokok.

Menjaga Berat Badan

Jika anda memiliki berat badan yang berlebih, anda harus berusaha untuk menurunkan berat badan. Sedangkan jika terlalu kurus anda harus berusaha mendapatkan berat badan ideal.

Anda dapat menerapkan program diet sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, makanan dengan kandungan tinggi serat, serta rendah lemak. Selain itu, anda juga bisa melakukan olahraga dengan rutin.

Menurunkan berat 1 hingga 2 kg diketahui terbilang aman. Namun, menurunkan berat badan ekstrim yang dapat menguras persediaan gizi adalah awal yang tidak baik jika anda ingin memulai kehamilan. Oleh karena itu, sangat penting  untuk menjaga berat badan anda agar ideal. Jika berat badan tidak ideal maka pembuahan sel telur akan menjadi sulit.

Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga juga diketahui dapat membantu meningkatkan kesuburan, baik pada pria ataupun wanita. Olahraga dengan tujuan agar cepat hamil berbeda dengan olahraga untuk membentuk tubuh. Pasalnya, melakukan olahraga berlebihan justru akan menganggu periode masa subur.

Olahraga yang disarankan untuk meningkatkan kesuburan yaitu dengan melakukan aktivitas seperti biasanya, berjalan kaki 30 hingga 50 menit dengan rutin atau anda bisa melakukannya 3 kali seminggu, kecuali saat pada masa subur. Untuk mengetahui apa saja jenis olahraga yang tepat, anda juga bisa melakukan konsultasi pada dokter.

Jangan Mengonsumsi Obat Sembarangan

Hindari mengonsumsi obat dengan sembarangan. Mengonsumsi obat sembarangan akan menurunkan kesuburan wanita dan membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, hindari konsumsi obat sembarangan tanpa resep dokter. Anda harus berkonsultasi pada dokter mengenai konsumsi obat tertentu.

Lihat juga : Makanan yang Harus Dihindari Agar Cepat Hamil

Itulah tips pola hidup sehat agar cepat hamil. Anda harus tetap berusaha dan jangan menyerah. Hindari hal yang justru akan menghambat kehamilan.