Tips Meningkatkan Kualitas Sperma Dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Diposting pada

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma agar peluang untuk mendapatkan anak semakin meningkat. Kondisi sperma anda harus sehat dan berkualitas agar peluang hamil pada pasangan semakin meningkat. Nah, di bawah ini tips meningkatkan kualitas sperma dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Tips Meningkatkan Kualitas Sperma

Tips meningkatkan kualitas sperma

Menerapkan gaya hidup sehat akan membantu anda meningkatkan kualitas sperma. Berikut ini tips meningkatkan kualitas sperma dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Gizi Seimbang

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sperma, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Dimana faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kualitas sperma salah satunya yaitu makanan yang dikonsumsi.

Anda harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pastikan makanan anda sehat dan mengandung gizi yang seimbang. Walaupun tidak akan secara langsung meningkatkan kualitas sperma, namun dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi seimbang tentunya akan membuat tubuh anda tetap sehat. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan bergizi juga akan mempengaruhi libido.

Apabila tubuh anda dalam keadaan sehat yang disertai dengan libido yang baik, maka efeknya kesuburan anda akan meningkat. Sehingga dengan begitu program hamil yang anda jalankan dengan pasangan akan berjalan dengan lancar, serta peluang hamil menjadi lebih besar.

Hindari Kebiasaan Buruk

Menghindari kebiasaan buruk, salah satunya merokok harus anda lakukan. Hentikan kebiasaan merokok jika anda ingin segera mempunyai buah hati. Dibandingkan dengan pria yang tidak merokok, pria perokok aktif kualitas serta kuantitas spermanya lebih buruk.

Terlebih lagi jika anda dan pasangan tercinta sulit hamil, kebiasaan merokok akan membuat keadaan semakin parah. Meskipun begitu, perlu anda ketahui juga bahwa merokok bukan menjadi satu-satunya penyebab tidak subur pada pria, namun akan dapat membuat gangguan sperma menjadi parah.

Melakukan Olahraga dengan Rutin

Penurunan kualitas sperma juga dapat disebabkan karena obesitas atau kelebihan berat badan. Berat badan yang berlebih akan dapat mempengaruhi jumlah, serta kualitas dari sperma. Bentuk serta pergerakannya akan menjadi tidak bagus. Sehingga dengan begitu sperma tidak akan optimal membuahi ovum.

Nah, untuk mengendalikan berat badan salah satu caranya yang dapat anda lakukan yaitu dengan melakukan olahraga dengan rutin. Tidak hanya akan dapat mengontrol berat badan, namun olahraga juga akan menjadikan tubuh anda bugar sehingga siap menjalankan program hamil. Anda dapat memilih jenis olahraga yang anda sukai. Selain itu, pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan anda.

Menggunakan Celana Dalam yang Tepat

Penggunaan celana dalam juga sebaiknya harus anda perhatikan. Penggunaan celana dalam tidak tepat atau celana dalam yang ketat akan dapat menyebabkan kualitas sperma mengalami penurunan. Namun, hal ini tentunya tidak disebabkan oleh faktor ini saja.

Selain penggunaan celana dalam yang ketat, melakukan sauna atau berendam dengan menggunakan air panas juga akan dapat membuat kualitas sperma mengalami penurunan.

Penggunaan Botol Plastik Dikurangi

Kualitas sperma yang mengalami penurunan dapat disebabkan karena penggunaan botol atau tempat plastik yang mengandung BPA. BPA merupakan senyawa yang dapat menyebabkan turunnya konsentrasi serta jumlah sperma.

Demi menjaga kualitas sperma agar segera mendapatkan buah hati, sebaiknya anda menghindari penggunaan botol plastik yang mengandung zat berbahaya.

Menghindari Stres

Setiap orang pastinya pernah mengalami stres. Namun, anda harus dapat mengelola stres dengan baik. Pasalnya stres dapat menyebabkan hormon mengalami perubahan dan sperma kualitasnya menurun. Untuk menghindari stres, anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Itulah beberapa tips meningkatkan kualitas sperma dengan menerapkan gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat.