Tips Meningkatkan Kesuburan Pria Untuk Solusi Cepat Hamil

Diposting pada

Tips Meningkatkan Kesuburan Pria – Masalah kesuburan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi peluang cepat hamil. Sebagai solusi cepat hamil, penting memperhatikan kesuburan baik wanita atau pria. Untuk meningkatkan kesuburan pria, ketahui beberapa tips ini.

Setelah menikah, setiap pasangan tentu saja mendambakan kehadiran anak, meskipun beberapa pasangan yang lainnya memutuskan menunda kehamilan. Hanya saja, keinginan hamil dalam waktu dekat terkadang tidak terwujud karena beberapa masalah. Dimana salah satu hal yang menyebabkan seseorang sulit hamil yaitu karena tingkat kesuburan. Keadaan seseorang yang tidak subur akan semakin memperkecil peluang seseorang untuk bisa hamil.

Sebenarnya, masalah ketidaksuburan yang mengakibatkan wanita sulit hamil tidak hanya terletak pada wanita saja. Pria juga memiliki andil dalam proses pembuahan. Bisa saja masalah kesuburan yang menyebabkan wanita sulit hamil karena tingkat kesuburan suami.

Tips Meningkatkan Kesuburan Pria

Ada beberapa hal yang menyebabkan pria tidak subur. Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, simak ulasan di bawah ini:

Penyebab Pria Tidak Subur

Gangguan Hormonal

Gangguan ini menyebabkan tingkat hormonal terlalu tinggi atau terlalu rendah, yang mana akibatnya dapat mempengaruhi kesuburan. Berikut ini gangguan hormonal yang dapat mempengaruhi kesuburan pria:

  • Hipotiroid

Kualitas sperma pria, serta libido mengalami gangguan dengan rendahnya kadar hormon tiroid.

  • Hipogonadotropik hipopituitarisme

Gangguan hormonal ini merupakan keadaan rendahnya hormon lutenizing hormone, serta follicle stimulating hormone dari kelenjar pituitari. Yang mana keadaan ini akan menyebabkan terganggunya sperma.

  • Hiperprolaktinemia

Hiperprolaktinemia merupakan keadaan dimana hormon prolaktin tinggi. Keadaan ini akan ditemukan 10%-40% pada pria yang memiliki masalah dengan kesuburan. Produksi sperma akan mengalami penurunan apabila kadar prolaktin tinggi. Selain itu, bisa juga menyebabkan impotensi.

  • Hiperplasia adrenal kongenital

Hiperplasia adrenal kongenital ini terjadi karena tertekannya kelenjar pituitari yang disebabkan karena adanya kenaikan hormon androgen dan adrenal yang akhirnya akan menyebabkan rendahnya produksi sperma, akan banyak sel sperma yang perkembangannya kurang baik, serta geraknya kurang aktif.

Masalah Fisik

Masalah ketidaksuburan yang dialami oleh pria dapat disebabkan karena adanya masalah fisik seperti misalkan terganggunya proses produksi sperma atau jalannya sperma terhambat. Yang mana keadaan ini akan ditandai dengan rendahnya jumlah sperma dan tidak normalnya ukuran, serta bentuk sperma. Beberapa masalah fisik diketahui menjadi penyebab ketidaksuburan pada pria seperti berikut ini:

  • Infeksi

Produksi atau keadaan sperma bisa saja terganggu karena infeksi ataupun penyakit tertentu. Yang mana infeksi atau penyakit tersebut dapat menghambat jalannya sperma. Beberapa jenis penyakit yang dimaksud diantaranya yaitu tipus, gondong, tuberkulosis, serta penyakit menular seperti misalkan gonore atau sifilis.

  • Terdapat Kelainan Pada Saluran Sperma

Cedera atau penyakit tertentu dapat menyebabkan tabung pembawa sperma mengalami masalah. Pada beberapa pria, tempat penyimpanan sperma dapat mengalami sumbatan atau adanya hambatan pada saluran yang membawa sperma.

  • Varikokel

Terdapat pelebaran pada pembuluh darah yang terdapat dalam skrotum, dan mencegah darah mengalir dengan baik. Keadaan ini biasanya terdapat pada 15%-40% pria yang sedang melakukan evaluasi infertilitas atau kesuburan.

  • Penyakit Genetik

Meskipun tidak banyak ditemukan, penyakit cystic fibrosis, serta masalah kromosom yang lainnya dapat menyebabkan ketidaksuburan.

Fisik dan Psikologis

  • Impotensi

Keadaan ini bisa saja disebabkan karena beberapa faktor. Yang mana dulu keadaan ini dianggap sebagai masalah psikologis. Akan tetapi, berdasarkan penelitian terbaru menyatakan bahwa impotensi merupakan masalah fisik yang diperburuk dengan masalah psikologis.

  • Impotensi Ejakulasi

Diketahui faktor kesehatan dan gaya hidup memiliki pengaruh terhadap kesuburan seperti misalkan konsumsi minuman keras, kebiasaan merokok, obat terlarang, melakukan olahraga dengan intensitas berlebihan, paparan zat tertentu, keadaan kurang gizi, pertambahan usia.

Tips Meningkatkan Kesuburan Pria Untuk Solusi Cepat Hamil

Untuk memperbesar peluang cepat hamil, maka penting untuk memperhatikan kesuburan, baik itu kesuburan wanita maupun kesuburan pria. Untuk meningkatkan kesuburan pria, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu.

Menghindari Stres

Seperti yang kita ketahui, stres dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Stres dapat disebabkan karena banyak faktor mulai dari pekerjaan sampai kehidupan rumah tangga yang mana keadaan ini tentu saja dapat menguras mental dan fisik.

Stres dapat mengaktifkan pelepasan glucocorticoids, yakni suatu hormon steroid yang dapat mempengaruhi metabolisme lemak, karbohidrat dan protein yang dapat mengurangi produksi sperma pria dan kadar testosteron.

Selain itu, secara mental stres dapat memicu tekanan oksidatif yang akan mempengaruhi kualitas sperma.

Diketahui, pria yang mengalami stres sebanyak 2 kali atau lebih dari satu tahun, kualitas spermanya lebih buruk dibandingkan dengan pria yang tidak mengalami stres.

Untuk membantu mengatasi stres dan meningkatkan kesuburan pria, maka cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan seperti misalkan relaksasi atau meditasi.

Hindari Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk dapat mempengaruhi kesuburan. Kebiasaan buruk yang dimaksud di antarannya yaitu minum minuman alkohol dan merokok. Dimana kebiasaan buruk tersebut dapat berdampak buruk untuk jantung. Kecanduan alkohol dan rokok dapat menurunkan jumlah sperma pria.
Selain itu, kebiasaan yang lainnya yang harus anda kurangi sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan yaitu membatasi penggunaan telepon seluler dan laptop.

Laptop akan menghasilkan panas yang dapat meningkatkan suhu skrotum, serta produksi sperma akan mengalami penurunan. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa penggunaan ponsel dan sperma memiliki hubungan yang signifikan.

Diketahui, pria yang menggunakan ponsel selama 4 jam dalam perhari memiliki sperma yang lebih sedikit dan lemah. Bahkan pria yang memiliki kebiasaan menyimpan ponsel pada kantong celananya memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dan sperma kurang aktif.

Tidak hanya itu, kebiasaan buruk lainnya yang harus anda hilangkan yaitu menonton TV terlalu lama. Pria yang memiliki kebiasaan menonton TV lebih lama diketahui memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan dengan pria yang banyak melakukan aktivitas fisik.

Untuk membantu meningkatkan kesuburan agar program hamil yang anda dan pasangan jalankan berhasil, maka sebisa mungkin hentikan kebiasaan buruk tersebut.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi yang sehat penting untuk meningkatkan kesuburan pria. Seperti yang kita ketahui, sistem reproduksi pria berperan untuk memproduksi, menyimpan, serta mengangkut sperma. Sperma yang keluar melalui ejakulasi akan diangkut oleh semen. Semen merupakan cairan yang dihasilkan dari sekresi kelenjar seperti misalkan prostate. Agar bisa mengangkut sperma, pada saluran reproduksi pria beberapa keadaan tertentu harus terjadi dalam urutan yang tepat. Apabila terdapat kelainan meskipun hanya sedikit, tetapi tetap saja akan membuat sperma gagal dalam membuahi sel telur.

Kelainan-kelainan yang dimaksud di antaranya yaitu cacat sperma, kelainan pada bentuk sperma dan jumlah sperma yang sedikit. Beberapa faktor diketahui menjadi penyebab kelainan tersebut seperti misalkan lingkungan, gaya hidup, penyakit, ketidakseimbangan hormon, genetika, serta kurangnya nutrisi penting yang dibutuhkan.

Kekurangan beberapa nutrisi penting seperti misalkan asam folat, zinc, asam lemak omega-3 dan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin E dan vitamin B12 dapat mempengaruhi dan mengganggu kualitas sperma, serta sistem reproduksi.

Untuk meningkatkan kesuburan pria, maka penting untuk mencukupi nutrisi. Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan nutrisi diketahui dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.
Beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan pria diantaranya yaitu tahu, kerang, kenari, udang, ikan salmon dan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3.

Menghindari Paparan Bahan Kimia

Paparan bahan kimia tertentu dapat mempengaruhi jumlah sperma pria. Para ahli menyatakan bahwa jumlah sperma pria modern hanya setengah dari jumlah sperma pria dulu, yang mana disebabkan karena paparan bahan kimia.

Paparan pestisida bisa merusak sistem reproduksi pria dengan berbagai cara. Bahan kimia yang satu ini dapat merusak atau membunuh sel. Apabila sel sperma rusak, maka akan menyebabkan kemandulan.

Untuk mengatasi masalah infertilitas pada pria, maka anda harus menghindari produk hewani yang mengandung hormon, sayuran yang tumbuh dengan bantuan pestisida, air keran mengandung klorin dan makanan yang mengandung lemak tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *