Tips Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Tingkat kesuburan seseorang tentunya tidak sama. Bagi anda yang tidak kunjung hamil karena mengalami masalah pada kesuburan, penting mengetahui tips meningkatkan kesuburan agar cepat hamil ini.

Kehadiran bayi tentu saja sangat dinantikan oleh pasangan suami istri yang sudah menikah. Keadaan dari setiap wanita berbeda-beda, beberapa wanita cepat hamil meskipun dirinya baru beberapa bulan menikah. Akan tetapi ada pula yang sudah bertahun-tahun menikah dan merencanakan kehamilan akan tetapi tidak kunjung hamil.

Untuk memperbesar peluang terjadinya kehamilan, sebenarnya tingkat kesuburan ikut berperan. Tidak hanya itu, apabila tingkat kesuburan baik dan berkualitas maka sangat baik untuk kesehatan anda sendiri dan janin yang akan anda kandung nantinya.

Tingkat kesuburan antara setiap orang tentu saja berbeda-beda. Akan tetapi, kesuburan bisa dicapai dengan beberapa langkah. Nah, bagi anda yang ingin segera mendapatkan anak, untuk memperbesar peluang terjadinya kehamilan, anda bisa simak beberapa tips meningkatkan kesuburan agar cepat hamil seperti berikut ini.

Tips Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Tips Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Menghindari Stres

Penting sekali untuk menghindari stres, karena selain mengganggu kesehatan, stres juga dapat menyebabkan infertilitas. Penanganan stres yang dilakukan dengan tepat dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Membatasi Asupan Kafein

Berdasarkan penelitian menunjukan, wanita akan mengalami penurunan kesuburan apabila mengkonsumsi kafein dalam perhari lebih dari 300 mg.

Kafein tidak hanya terkandung dalam kopi saja, akan tetapi terkandung juga dalam teh hijau, teh hitam dan sejumlah soda. Nah, untuk membantu meningkatkan kesuburan agar keinginan anda untuk segera hamil bisa segera terwujud, sebaiknya untuk membatasi asupan kafein.
Mengkonsumsi Menu yang Seimbang

Menerapkan pola makan yang sehat tentu saja sangat dianjurkan. Untuk membantu meningkatkan kesuburan, mengkonsumsi menu makanan yang seimbang perlu dilakukan. Di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat jika anda ingin memaksimalkan terjadinya pembuahan untuk memperoleh kehamilan sehat.

Anda bisa mendapatkan makanan sehat dari jenis makanan seperti misalkan kacang-kacangan segar, buah segar, buncis, minyak zaitun, ikan seperti salmon yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan daging.

Kontrol Berat Badan

Penting untuk mengontrol berat badan, sebaiknya berat badan jangan terlalu kurus maupun terlalu gemuk. Ketahuilah berat badan ideal anda, kemudian pertahankan berat badan ideal tersebut. Berat badan adalah faktor yang menentukan tingkat kesuburan wanita, hanya saja sering tidak diperhatikan. Menjaga berat badan tetap ideal dan sehat dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Apabila anda wanita dengan berat badan yang berlebih, maka sebaiknya mulailah untuk mengurangi berat badan anda. Obesitas akan menghambat terjadinya ovulasi dan dapat mengganggu keseimbangan hormon. Tidak hanya itu, obesitas juga dapat meningkatkan risiko wanita mengalami masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul karena masalah obesitas di antaranya yaitu penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi yang akan berdampak pada kesuburan dan juga dapat menyebabkan komplikasi masalah kehamilan.

Ketidakseimbangan hormon bisa disebabkan karena lemak itu sendiri. Estrogen berlebih akan diproduksi oleh sel lemak. Apabila sel lemak jumlahnya lebih banyak, maka estrogen yang dihasilkan pun akan lebih banyak pula. Akibatnya, berat badan yang berlebih dapat membuat wanita sulit hamil.
Sebaliknya, apabila berat badan anda terlalu kurus atau di bawah berat badan ideal, maka sebaiknya naikan berat badan anda. Orang yang terlalu kurus kesuburannya akan berkurang. Bahkan wanita yang terlalu kurus bisa saja jarang ovulasi. Bahkan dalam beberapa kasus justru berhenti haid. Sedangkan untuk beberapa wanita yang lainnya mengalami haid yang tidak teratur.

Hindari Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menimbulkan masalah pada kesuburan. Bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau menjalankan program hamil, sebaiknya berhenti mengkonsumsi alkohol supaya kehamilannya nanti tidak akan mengalami masalah. Hentikan minum alkohol setelah ovulasi dan sepanjang siklus anda menjalankan program hamil.
Jika anda mengkonsumsi alkohol setelah pembuahan, maka risiko mengalami keguguran akan semakin tinggi.

Stop Merokok

Merokok memiliki dampak yang buruk, dimana merokok akan merusak sel telur, dapat mengurangi peluang untuk hamil, bahkan perokok akan mengalami monopouse lebih awal dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Tidak hanya itu, merokok dengan berkala dapat mempengaruhi kadar hormon yang akan mengakibatkan turunnya tingkat kesuburan. Bahkan setelah hamil, wanita yang memiliki kebiasaan merokok dapat mengalami keguguran, serta komplikasi selama kehamilan.

Ketahui Masa Subur

Penting untuk mengetahui masa subur anda. Pasalnya, memanfaatkan waktu kesuburan akan meningkatkan peluang anda agar bisa segera hamil.

Masa subur yaitu 6 hari yang berakhir pada hari ovulasi. Peluang hamil akan menjadi lebih besar apabila anda melakukan hubungan intim 3 hari sebelum ovulasi. Peluang terjadinya pembuahan terbaik yaitu melakukan hubungan intim sebelum terjadinya ovulasi.

Hindari Paparan Zat Berbahaya

Racun pestisida, terlebih lagi pestisida pertanian dapat mempengaruhi kesuburan, baik itu wanita maupun pria. Selain itu, paparan bahan pelarut serta bahan kimiawi yang lainnya berdampak buruk pada kesuburan wanita.

Konsumsi Makanan Penyubur

Mengkonsumsi makanan penyubur dapat anda lakukan sebagai tips meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan di antaranya seperti berikut:

  • Tumbuhan berprotein

Tumbuhan berprotein yang dapat membantu meningkatkan kesuburan di antaranya yaitu kacang polong, kedelai dan kacang tanah. Berdasarkan para ahli, konsumsi protein baik protein hewani atau nabati bisa membantu meningkatkan kesuburan.

  • Daging

Untuk daging anda bisa mengkonsumsi daging sapi atau daging ayam rendah lemak. Daging selain mengandung protein juga kaya akan zat besi. Akan tetapi, sebaiknya hindari konsumsi daging secara berlebihan. Konsumsi daging tidak disarankan lebih dari 3 porsi dalam per harinya. Pasalnya, konsumsi protein hewani yang berlebihan dapat mempengaruhi kesuburan.

  • Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc sangat penting apabila anda ingin hamil. Zinc dapat membantu anda dalam memperlancar siklus menstruasi, serta dapat meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas. Anda dapat memperoleh zinc dari tiram. Akan tetapi, apabila anda kesulitan memperoleh tiram, maka sebagai gantinya anda bisa mendapatkannya dari telur, produk susu, biji-bijian utuh, daging ayam dan sapi meskipun kadarnya lebih sedikit.

  • Ikan

Kandungan asam lemak omega 3 dapat membantu mengoptimalkan kinerja reproduksi. Anda dapat menemukan zat tersebut dari beberapa jenis ikan seperti misalkan ikan sarden, ikan salmon dan ikan lele. Jenis ikan tersebut memiliki merkuri yang sedikit sehingga anda tidak perlu khawatir. Namun, untuk amannya anda disarankan tidak mengkonsumsi ikan lebih dari 12 ons dalam seminggu. Apabila anda tetap khawatir, anda bisa mendapatkan kandungan asam lemak omega-3 dari makanan yang lainnya seperti telur, kenari, almon dan lainnya.

  • Produk Susu

Produk olahan susu baik untuk kesuburan kandungan. Produk olahan susu di antaranya seperti susu, keju dan yoghurt.

  • Karbohidrat Kompleks

Makanan dari biji-bijian utuh mengandung nutrisi penting untuk membantu kesuburan seperti misalkan zat besi, vitamin B dan antioksidan.

  • Ubi

Ubi merupakan makanan yang kaya akan vitamin yang baik untuk kesuburan. Meskipun belum pasti, akan tetapi berdasarkan penelitian ubi memiliki zat yang dapat membantu merangsang ovulasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *