Tips Mengatur Pola Tidur Saat Menjalankan Program Hamil

Diposting pada

Tips Mengatur Pola Tidur Saat Menjalankan Program Hamil – Selain menjaga pola makan, untuk anda yang sedang menjalankan program hamil juga harus memperhatikan pola tidur. Pasalnya, pola tidur akan mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Orang yang waktu tidurnya tercukupi diketahui mempunyai lebih besar peluang untuk hamil.

Tips Mengatur Pola Tidur

Tips Mengatur Pola Tidur Saat Menjalankan Program Hamil

Berikut ini tips mengatur pola tidur saat program hamil yang dapat membantu anda untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Mengatur Jadwal Tidur

Anda harus merubah pola tidur dengan cara membuat jadwal rutinitas tidur supaya tidur anda menjadi berkualitas. Jika anda patuh pada waktu tidur yang sudah dijadwalkan, maka tubuh akan mendapatkan isyarat bahwa waktu tersebut adalah waktu tubuh anda harus beristirahat. Oleh karena itu, anda harus membuat jadwal tidur yang pasti. Usahakan anda tidur pada waktu yang sama. Anda bisa melakukannya dengan bertahap supaya menjadi terbiasa.

Menjelang Tidur Hindari Mengonsumsi Makanan Berat

Supaya tidur anda tidak terganggu, maka pastikan anda tidak mengonsumsi makanan berat beberapa jam sebelum anda tidur. Mengonsumsi makanan berat atau makanan dalam jumlah yang banyak sebelum anda tidur akan menyebabkan tidak nyaman sehingga akan menyebabkan anda sulit untuk tidur. Tidak hanya itu, sebaiknya anda juga menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Karena beberapa orang justru mengalami sulit tidur setelah mengonsumsi minuman tersebut.

Menciptakan Suasana Tidur Nyaman

Sebelum tidur pastikan kamar tidur anda suasananya nyaman supaya anda bisa lebih mudah tertidur. Cara untuk menciptakan suasana kamar yang nyaman sangat mudah, di antaranya yaitu memastikan kamar tidur anda kondisinya rapi, bersih dan udaranya sejuk, tidak dingin ataupun tidak terlalu panas. Perlu anda ketahui  suhu kamar akan mempengaruhi kualitas tidur anda.

Untuk membuat kamar tidur nyaman, anda juga harus mengatur pencahayaan kamar anda. Cahaya yang terlalu terang akan dapat menyebabkan tidur anda terganggu. Lebih baik anda tidur dalam keadaan lampu mati atau cahayanya redup supaya bisa lebih mudah terlelap.

Membatasi Waktu Tidur Siang

Tidur siang dalam waktu yang lama tidak disarankan karena dapat membuat pola tidur anda rusak. Jika anda terbiasa tidur saat siang hari, anda sebaiknya membatasi waktu tidur selama kurang lebih 30 menit. Sebaiknya anda hindari tidur saat sore hari.

Melakukan Olahraga

Melakukan olahraga ringan akan membantu mendukung program hamil yang anda jalankan. Selain itu, olahraga ringan juga akan dapat mempengaruhi kualitas tidur anda. Orang yang melakukan olahraga rutin, setiap minggu setidaknya 150 menit memiliki kualitas tidur yang bagus saat malam hari dan saat pagi harinya tubuh lebih bugar. Oleh karena itu, usahakan anda rutin melakukan olahraga supaya dapat tidur lelap saat malam hari.

Mengelola Stres dengan Baik

Bagi wanita yang sedang menjalankan program hamil dan mengalami stres, anda sebaiknya mengelola stres dengan baik. Pasalnya, jika anda mengalami stres maka peluang hamil akan menurun. Terlebih lagi stres juga akan membuat kualitas tidur anda terpengaruh.

Saat Akan Tidur Jangan Bermain Gadget

Bermain gadget menjelang tidur mungkin menjadi kebiasaan banyak orang. Jika anda juga memiliki kebiasaan ini maka anda harus menghentikan kebiasaan ini. Pasalnya dengan bermain gadget akan membuat anda lupa waktu

Ditambah cahaya gadget akan menyebabkan otak stres dan akan berdampak terhadap produksi melatonin yakni hormon yang akan memicu kantuk.