Tips Cepat Hamil Setelah KB Pil

Diposting pada

KB pil merupakan kontrasepsi hormonal yang biasanya dipilih untuk menunda kehamilan. Namun, tidak sedikit pula wanita yang berhenti KB pil untuk kembali menjalankan program hamil. Bagi anda yang ingin cepat hamil setelah KB pil, penting mengetahui tips cepat hamil setelah KB pil.

Setelah memiliki seorang anak atau dua orang anak, tidak sedikit pasangan yang menunda kehamilan berikutnya dengan menggunakan alat kontrasepsi. Dimana untuk alat kontrasepsi itu sendiri memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yaitu alat kontrasepsi hormonal, seperti misalkan pil. Khususnya di negara kita, pil sering dikenal dengan pil Keluarga Berencana atau pil KB. Pil KB lebih banyak dipilih karena diyakini lebih efektif dalam mencegah kehamilan.

Pil KB dapat mencegah kehamilan dengan melalui kandungan hormon estrogen dan progestin, dengan langkah menghambat indung telur untuk berovulasi atau melepaskan sel telur. Tidak hanya itu, pil akan membuat sperma mengalami kesulitan dalam mencapai sel telur atau mencegah sel telur untuk menempel pada lapisan rahim.

Tips Cepat Hamil Setelah KB Pil

Disamping banyaknya wanita yang memutuskan menggunakan KB pil untuk menunda kehamilannya, banyak pula wanita yang memutuskan berhenti KB pil untuk memulai program hamil kembali. Namun, berbagai pertanyaan kerap hadir dibenak pikiran mereka. Bisakah cepat hamil setelah KB pil? Dan bagaimana caranya agar cepat hamil setelah KB pil? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini.

Seberapa Cepat Bisa Hamil Setelah Berhenti Pil KB?

Apabila anda menggunakan pil KB, maka anda akan berovulasi sekitar dua minggu setelah berhenti mengkonsumsi pil KB. Hanya saja, untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali berovulasi cukup sulit. Biasanya setelah berhenti mengkonsumsi pil KB, beberapa wanita dapat langsung subur kembali, sedangkan beberapa wanita yang lainnya membutuhkan waktu yang cukup lama hingga beberapa bulan.

Apabila siklus menstruasi menjadi tidak teratur selama kurang dua atau tiga siklus, maka itu dianggap sebagai hal yang normal setelah anda berhenti mengkonsumsi pil KB. Apabila siklus menstruasi kembali normal, maka anda bisa mulai kembali berovulasi. Dengan seperti itu, seharusnya anda bisa cepat hamil.

Cara kerja pil KB yaitu dengan mencegah terjadinya ovulasi. Jika anda berhenti minum pil KB, maka hormon KB tersebut akan segera keluar dari tubuh anda, dan untuk hal itu membutuhkan waktu selama beberapa hari.

Apabila hormon tersebut sudah hilang, maka tubuh anda akan kembali berfungsi dengan normal. Sehingga itu artinya tubuh anda akan kembali memproduksi folikel, yang akan membuat anda untuk kembali berovulasi.

Keadaan setiap wanita tidaklah sama. Untuk mulai ovulasi kembali sebagian wanita membutuhkan waktu hanya beberapa minggu. Sedangkan untuk wanita yang lainnya membutuhkan waktu beberapa bulan.

Akan tetapi, secara umum setelah berhenti pil KB selama 2 sampai 3 bulan tubuh harus dalam keadaan normal. Jika anda sudah kembali berovulasi, maka itu artinya tubuh anda sudah kembali normal.
Terkadang setelah berhenti pil KB, telat haid dapat terjadi. Yang mana keadaan ini disebut dengan amenore. Saat mendapat telat datang bulan, mungkin anda berpikir bahwa anda hamil atau tidak berovulasi.

Namun, meskipun setelah berhenti pil KB anda tidak mendapatkan haid pertama, tetapi anda tetap memiliki peluang untuk hamil. Untuk mengetahuinya, anda bisa melakukan tes kehamilan.

Tips Cepat Hamil Setelah KB Pil

Bagi anda yang memutuskan menjalankan program hamil setelah KB pil, berikut ini beberapa tips cepat hamil setelah KB pil yang dapat anda simak:

Tuntaskan Sisa Pil

Berdasarkan penelitian menyatakan, bahwa kesuburan wanita yang menggunakan kontrasepsi pil akan kembali seperti semula saat sebelum dirinya mengkonsumsi pil KB. Untuk mengembalikan tingkat kesuburan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dimana kesuburan akan kembali sesaat setelah anda berhenti minum pil KB tersebut. Setelah anda berhenti mengkonsumsi pil KB, maka anda dapat kembali berovulasi sesuai dengan siklus yang anda alami selama ini.

Apabila anda merencanakan kehamilan kembali setelah berhenti konsumsi KB pil, maka sangat dianjurkan untuk menuntaskan pil KB yang masih tersisa. Menuntaskan pil KB yang masih tersisa bertujuan sebagai langkah untuk memastikan program hamil berjalan tepat pada waktunya sesuai yang anda harapkan. Menuntaskan pil KB yang ada tidak akan mempengaruhi kesuburan anda. Sehingga anda bisa kembali merencanakan kehamilan dengan pasangan.

Mempersiapkan Diri Untuk Melakukan Program Hamil

Umumnya, banyak wanita setelah berhenti KB pil dapat menjalankan program hamil dengan mudah. Namun, meskipun begitu tidak sedikit pula wanita yang mengalami kesulitan untuk menjalankan program hamil setelah berhenti KB pil. Meskipun begitu, sebaiknya anda jangan menyalahkan alat kontrasepsi yang dipilih oleh anda sendiri. Pasalnya, sulit hamil bukan saja disebabkan karena pengaruh dari alat kontrasepsi yang dipilih dan bisa saja karena keadaan tubuh anda yang tidak siap untuk menjalankan program hamil. Sebelum dan selama menjalankan program hamil, anda harus menyiapkan diri anda agar benar-benar siap.

Selain menyiapkan diri, anda juga harus mengubah pola makan anda sendiri. Benahi pola makan yang tidak sehat. Usahakan untuk konsumsi makanan yang sehat, perbanyak porsi buah-buahan dan sayuran, serta kurangi porsi nasi. Selain itu, penting bagi anda untuk memenuhi kebutuhan protein. Agar proses metabolisme atau siklus kesuburan anda lancar, maka anda dapat melakukan kegiatan fisik seperti olahraga.

Siapkan mental anda dengan selalu berpikiran positif. Tubuh yang sehat, baik sehat secara fisik atau mental dapat meningkatkan kesuksesan peluang program hamil yang anda jalankan.

Jeda 1 Sampai 2 Siklus Haid

Jika anda sedang menggunakan kontrasepsi dan memutuskan untuk hamil lagi, maka anda harus segera berhenti menggunakan kontrasepsi tersebut. Apabila kontrasepsi yang anda pilih adalah KB pil, maka sebelum memutuskan menjalankan program hamil diperlukan waktu untuk jeda. Disarankan untuk jeda selama 1 sampai 2 siklus haid setelah anda memutuskan berhenti KB pil dan sebelum anda memutuskan menjalankan program hamil. Dimana jeda yang dilakukan ini bertujuan supaya kehamilan lebih terencana sesuai dengan waktunya.

Apabila kehamilan terencana, maka perhitungan usia kehamilan akan menjadi lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, sebenarnya hal ini tergantung pada pasangan yang menjalankannya.

Melakukan Konsultasi dengan Dokter

Setelah anda memutuskan berhenti pil KB dan memutuskan menjalankan program hamil, maka anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter. Anda dapat memeriksakan kesuburan tubuh anda sehingga anda bisa dengan mudah mengetahui waktu yang tepat dalam merencanakan program hamil. Selain itu, dengan melakukan konsultasi pada dokter anda bisa bertanya langsung cara yang paling tepat agar bisa cepat hamil setelah berhenti KB pil. Sehingga dengan seperti itu akan memperbesar peluang anda untuk hamil lagi.

Demikian tips cepat hamil setelah berhenti KB pil. Intinya anda harus tetap berusaha dengan diiringi do’a agar keinginan anda untuk hamil lagi bisa segera terwujud. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *