Tips Cepat Hamil dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Diposting pada

Menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu langkah yang dapat membantu agar cepat hamil. Untuk itu, penting mengetahui tips cepat hamil dengan menerapkan pola hidup sehat.

Menerapkan pola hidup sehat penting dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Hanya saja, tidak sedikit orang yang mengabaikannya. Banyak orang yang tidak peduli dan justru menerapkan pola hidup semaunya.

Menerapkan pola hidup sehat selain bertujuan untuk menjaga kesehatan, juga dapat membantu tingkat kesuburan seseorang agar cepat hamil, menjaga agar ibu hamil tetap dalam keadaan sehat atau menjaga kesehatan saat akan melakukan proses persalinan.

Tips Cepat Hamil dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Nah, bagi anda yang sedang merencanakan kehamilan atau melakukan program hamil, untuk memperbesar peluang anda cepat hamil maka penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Menerapkan pola hidup sehat tidak hanya dilakukan oleh satu pihak saja, akan tetapi oleh dua belah pihak baik istri maupun suami.

Berikut ini tips cepat hamil dengan menerapkan pola hidup sehat.

Tips Cepat Hamil dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan Pola Makan Sehat

Penting menerapkan pola makan sehat agar keinginan anda untuk hamil bisa segera terwujud. Mulailah benahi pola makan anda dan biasakan diri dengan pola makan yang sehat. Makanan memiliki hubungan dengan kesuburan, baik itu wanita maupun pria. Apabila anda ingin segera hamil, tidak disarankan untuk melakukan diet dengan tujuan menurunkan berat badan, kecuali jika berat badan berlebih, karena kelebihan berat badan dapat menjadi penyebab sulit hamil.

Supaya keinginan cepat hamil segera terwujud, anda harus segera mempelajari, kemudian menerapkan pola hidup sehat. Penting untuk melakukan diet sehat, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang serta mengandung nutrisi yang cukup. Konsumsi makanan sehat pun penting untuk menjaga sistem reproduksi wanita, serta menjaga kuantitas dan kualitas sperma pria.

Konsumsi makanan sehat dapat membantu wanita agar cepat hamil, yakni dengan memberikan suplai nutrisi seperti misalkan zat besi, protein dan kalsium. Penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi, serta vitamin yang baik di antaranya yaitu buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, keju, roti gandum, makanan dengan kandungan lemak sehat, dan makanan yang kaya akan kalsium seperti misalkan yoghurt, keju dan susu rendah lemak.

Tidak hanya itu, makanan yang mengandung vitamin B diketahui dapat membantu meningkatkan kesuburan. Makanan yang menjadi sumber vitamin B diantaranya yaitu brokoli, sereal, kecambah, kacang-kacangan dan buah jeruk. Selain itu, calon ibu dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan asam folat. Makanan yang diketahui mengandung asam folat yang baik yaitu sayur bayam dan buah kiwi. Makanan yang di dalamnya terkandung asam folat juga memiliki manfaat untuk perkembangan otak janin dalam kandungan.

Hindari Pola Hidup Tidak Sehat

Kebiasaan menerapkan pola hidup yang tidak sehat perlu anda hindari agar keinginan anda segera hamil bisa terwujud. Pola hidup tidak sehat yang harus anda hindari di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Merokok

Merokok memiliki efek yang buruk untuk kesehatan. Bahkan merokok diketahui dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang karena akan membuat saluran falopi mengalami sumbatan yang mana akibatnya dapat menghambat sperma bertemu dengan sel telur. Selain itu, risiko kehamilan ektopik akan semakin tinggi dan kualitas sel telur akan berkurang apabila kebiasaan merokok terus dilakukan. Zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria, bahkan dapat menyebabkan mandul pada pria.

  • Ikan dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Ikan merupakan makanan sehat, akan tetapi beberapa jenis ikan tertentu yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi justru tidak baik karena akan membahayakan janin dan kandungan anda. Bagi anda yang sedang menjalankan program hamil atau ingin segera hamil, sebaiknya hindari konsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi.

  • Alkohol

Penting untuk menghentikan kebiasaan minum alkohol atau konsumsi obat terlarang jika anda ingin segera hamil.

  • Kafein

Berdasarkan penelitian, kandungan kafein pada teh, kopi dan minuman yang lainnya dapat menurunkan sekitar 25% kesempatan untuk hamil jika dikonsumsi dengan berlebihan. Pasalnya, dapat mengakibatkan rusaknya jalan telur dari ovarium ke rahim, serta mengganggu proses pematangan sel telur.

Hindari Stres

Stres merupakan salah satu penyebab sulit hamil. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab stres dari mulai urusan kerja, urusan keluarga dan lain sebagainya. Bagi pasangan yang ingin segera mendapatkan anak, maka sebisa mungkin untuk menjauhi stres. Beberapa langkah dapat dilakukan guna mengurangi stres untuk memperbesar peluang agar cepat hamil seperti misalkan rileks, melakukan pijat, mengambil waktu istirahat dengan cukup, melakukan hobi, melakukan perubahan dalam rumah dan lain sebagainya.

Menjaga Berat Badan Ideal

Jika anda memiliki berat badan yang berlebih, maka penting untuk mengurangi berat badan agar mencapai berat badan ideal. Sedangkan jika anda memiliki tubuh kurus, maka anda harus berusaha menaikan berat badan agar mencapai berat badan ideal. Hal ini penting untuk dilakukan jika anda ingin segera hamil. Karena seperti yang kita ketahui, wanita dengan berat badan berlebih maupun kurang akan sulit hamil. Untuk mencapai berat badan ideal anda bisa menerapkan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, makanan rendah lemak dan makanan tinggi serat, serta melakukan olahraga dengan rutin. Usahakan berat badan anda pada batas ideal atau tidak terlalu berlebihan dan tidak kurang. Keadaan berat badan yang tidak ideal justru akan mempersulit pembuahan sel telur dan akan menyebabkan masalah saat anda hamil.

Menghindari Konsumsi Obat-Obatan

Obat-obatan sembaran sebaiknya dihindari atau obat tanpa resep dari dokter. Pasalnya, obat sembarangan akan mempengaruhi kesuburan wanita dan akan membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur sehingga akan sulit hamil.

Istirahat yang Cukup

Usahakan agar anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Kurang istirahat dapat berpengaruh negatif pada hormon yang akhirnya akan menurunkan tingkat kesuburan. Cukupi waktu tidur anda yaitu kurang lebih antara 7 sampai 8 jam perhari.

Rajin Berolahraga

Olahraga yang dilakukan dengan teratur dapat meningkatkan kesuburan wanita atau pria. Olahraga yang dilakukan agar cepat hamil tidak sama dengan olahraga pada umumnya yang dilakukan untuk membentuk tubuh. Perlu diketahui, olahraga yang dilakukan dengan berlebihan justru akan mempengaruhi dan mengganggu periode masa subur. Kelenjar di bawah otak tidak akan merangsang sel telur supaya berovulasi.

Olahraga yang disarankan agar cepat hamil atau untuk meningkatkan kesuburan yaitu layaknya seperti melakukan aktivitas sehari-hari seperti misalkan berjalan kaki selama kurang lebih 30 sampai 50 menit yang dilakukan dengan rutin yakni sebanyak 3 kali dalam seminggu, terkecuali apabila tubuh anda dalam masa subur. Jika ingin mengetahui jenis olahraga yang sesuai dan tepat, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Kontrol Pada Dokter Kandungan dengan Teratur

Kontrol dengan teratur mengenai masalah kesehatan anda dan pasangan pada dokter. Anda harus memastikan bahwa tubuh selalu siap untuk hamil saat anda dan pasangan menginginkan hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *