Tips Cepat Hamil Bagi Penderita PCOS

Diposting pada

Meskipun menderita penyakit PCOS, akan tetapi kesempatan wanita untuk hamil tetap ada. Untuk membantu meningkatkan peluang hamil bagi penderita PCOS, penting mengetahui tips cepat hamil bagi penderita PCOS.

PCOS, beberapa orang mungkin masih merasa asing dengan penyakit yang satu ini. PCOS merupakan penyakit yang memiliki kaitan dengan hormon yang mana biasanya akan terjadi pada saat wanita berada pada masa subur. Meskipun mungkin anda jarang mendengar mengenai penyakit yang satu ini, akan tetapi penyakit ini dapat menyerang siapa saja. Bahkan karena penyakit ini seseorang disinyalir akan mengalami sulit hamil.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau dalan bahasa Indonesia disebut dengan sindrom ovarium polikistik merupakan masalah yang terjadi pada keseimbangan hormon wanita. Pada penderita PCOS, hormon progesteron dan hormon estrogen menjadi tidak seimbang. Wanita yang menderita PCOS biasanya memiliki kista yang berukuran kecil atau berupa kantong yang di dalamnya berisi cairan di ovarium, sehingga akan membuat ovarium menjadi membesar. Meskipun kista ini tidak berbahaya, tetapi dampaknya akan menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang. Apabila terjadi perubahan pada hormon tertentu, maka akan mempengaruhi hormon yang lainnya, kemudian akan terjadi pula perubahan yang lainnya.

Karena hormon yang dimiliki menjadi tidak seimbang, wanita yang mengalami PCOS akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur ini dapat menyebabkan wanita sulit hamil. Apabila tidak segera diobati, penyakit ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Beberapa masalah kesehatan yang timbul karena PCOS diantaranya yaitu penyakit jantung dan diabetes mellitus tipe 2.

Penyebab PCOS

Sebenarnya penyebab PCOS itu sendiri tidak diketahui. Akan tetapi, berdasarkan para ahli berpendapat bahwa beberapa faktor, termasuk genetika sangat berperan. Biasanya wanita yang mengalami PCOS lebih mungkin memiliki ibu maupun saudara perempuan dengan PCOS.

Selain itu, para peneliti juga menduga bahwa insulin memiliki kaitan dengan PCOS. Insulin itu sendiri merupakan hormon yang berperan untuk mengontrol perubahan pati, gula dan makanan lainnya yang menjadi sumber energi untuk tubuh, baik untuk digunakan atau disimpan. Umumnya wanita yang menderita PCOS memproduksi insulin terlalu banyak karena memiliki masalah dalam produksinya.

Gejala Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

  • Gejala umum penderita PCOS yaitu penderitanya mengalami menstruasi yang tidak teratur, jarang terjadi atau bahkan tidak menstruasi sama sekali.
  • Beberapa gejala lainnya yang dapat muncul di antaranya yaitu tumbuhnya rambut berlebih khususnya pada area leher, wajah, tangan, perut dan kaki.
  • Selain itu muncul jerawat, kulit menjadi berminyak, berat badan naik, nyeri panggul, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan rambut menipis.

Apabila beberapa gejala seperti di atas dialami, maka anda harus segera menemui dokter.

Apakah Penderita PCOS Masih Bisa Hamil?

Sebenarnya peluang untuk hamil bagi penderita PCOS masih tetap ada. Jadi, meskipun anda menderita PCOS tetapi bukan berarti anda tidak bisa hamil sama sekali. Anda harus tetap sabar dan tenang dalam menghadapi situasi seperti ini.

Cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatur siklus menstruasi yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap ideal dengan cara diet makanan dan melakukan olahraga yang tepat.

Pengaruh PCOS Pada Wanita Hamil

Wanita hamil dengan PCOS memiliki risiko lebih tinggi mengalami keguguran, diabetes gestational, kelahiran prematur dan preklampsia. Selain itu, bayi yang terlahir dari wanita yang mengalami PCOS memiliki risiko lebih tinggi kematian sebelum, selama atau segera setelah ia dilahirkan.

Cara Cepat Hamil Bagi Penderita PCOS

Yang menjadi tantangan pada penderita PCOS yaitu tentang mendeteksi ovulasi. Umumnya, sebagian besar wanita yang mengalami PCOS tidak bisa mendeteksi kapan masa subur tubuhnya, bahkan gagal hamil meskipun mereka berovulasi. Karena ketidakseimbangan hormon, ovulasi pada penderita PCOS biasanya sering tertunda. Selain itu, tantangan lainnya bagi penderita PCOS yaitu produksi lendir di leher rahim menjadi terganggu karena pengaruh dari ketidakseimbangan hormon. Lendir pada leher rahim anda menunjukan masa subur, akan tetapi tidak dibarengi dengan naiknya suhu basal tubuh.

Wanita yang menderita PCOS ini mengalami stimulasi ganda, yakni suatu kondisi dimana folikel yang dipilih lebih dari satu selama siklus. Stimulasi atau rangsangan beberapa folikel dapat terjadi apabila folikel dominan pecah ataupun tidak matang karena pengaruh ketidakseimbangan hormon. Yang mana keadaan ini dapat mengakibatkan tidak lepasnya telur dan pembuahan pun tidak akan terjadi.
Namun, sebagian wanita yang mengalami PCOS bisa hamil dan memiliki bayi sehat. Hamil tetap dapat terjadi pada penderita PCOS dan anda bisa mengikuti program hamil di bawah ini.

Merubah Pola Makan

Mulailah untuk membenahi dan merubah pola makan anda. Lakukan perubahan pola makan dan konsumsilah makanan yang sehat seperti misalkan buah-buahan, sayuran segar, gandum dan kacang-kacangan. Sebaiknya batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi dan makanan olahan. Hindari pula makanan yang diolah dengan cara digoreng, keju, susu, daging dan kurangi pula asupan gula dan karbohidrat karena dapat membantu menurunkan berat badan dan kembali menormalkan hormon. Faktanya, wanita yang memiliki masalah obesitas lebih berisiko mengalami penyakit yang satu ini.

Mengurangi Berat Badan

Apabila anda memiliki berat badan yang berlebih, maka anda harus mengurangi berat badan untuk mencapai berat badan yang ideal. Dengan mengurangi berat badan dapat membantu ovulasi agar sehat secara alami, menormalkan kadar insulin dan glukosa dalam darah dan meningkatkan fungsi siklus menstruasi. Untuk menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus menstruasi, maka salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan olahraga.

Olahraga Teratur

Cobalah untuk melakukan olahraga dengan rutin dan teratur. Olahraga penting untuk meningkatkan aktivitas fisik yang akan membantu anda menurunkan berat badan sehingga mencapai berat badan yang ideal. Ketika berolahraga maka akan melepaskan suatu hormon yang disebut dengan endorfin yang mana akan membantu anda mengurangi stres dan membuat anda merasa senang.

Hindari Kebiasaan Buruk

Penting bagi setiap orang untuk menghindari kebiasaan buruk agar cepat hamil, termasuk untuk penderita PCOS. PCOS dapat mengurangi peluang seseorang untuk hamil, karena seperti itu menjalankan pola hidup sehat dan menjauhi kebiasaan buruk harus senantiasa dilakukan.
Bagi anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Hindari Stres

Diketahui, salah satu penyebab utama PCOS yaitu stres karena dapat mempengaruhi sistem internal tubuh. Agar terhindar dari stres maka anda dapat melakukan beberapa hal yang menyenangkan dan membuat anda rileks. Luangkanlah waktu sejenak untuk beristirahat dari rutinitas harian anda guna menjaga agar pikiran dan tubuh anda tetap dalam keadaan segar.

Jangan putus asa dan teruslah berusaha agar keinginan anda untuk hamil dan mendapatkan anak segera terwujud meskipun anda mengalami masalah yang akan menghambat peluang untuk hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *