Tips Cepat Hamil Apabila Haid Tidak Teratur

Diposting pada

Wanita dengan siklus haid yang tidak teratur memiliki peluang yang lebih sedikit untuk hamil. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama bagi mereka untuk mendapatkan anak. Meskipun begitu, peluang untuk mendapatkan anak tetap masih ada. Untuk itu, penting mengetahui tips cepat hamil apabila haid tidak teratur.

Penting bagi wanita yang ingin segera hamil untuk mengetahui masa subur tubuhnya. Akan tetapi, beberapa wanita mengalami kesulitan menentukan masa suburnya karena memiliki siklus haid yang tidak teratur. Karena seperti itu, ia tidak dapat menentukan waktu yang tepat kapan harus berhubungan intim agar bisa segera hamil.

Keadaan siklus haid tidak teratur itu sendiri terjadi karena dua hal, yakni siklus haid yang kurang dari 21 hari atau lebih mencapai 36 hari dan siklus haid yang sulit untuk diprediksi, yang mana kadang datang 28 hari, 40 hari atau bahkan hingga 2 bulan.

tips cepat hamil apabila haid tidak teratur

Penyebab Haid Tidak Teratur

Apabila siklus haid tidak teratur terjadi hanya beberapa kali saja, keadaan ini sebenarnya dianggap normal, apalagi jika anda mengalami stres atau sakit. Untuk beberapa wanita, siklus haid akan kembali teratur apabila stres yang dialami hilang dan penyakit bisa diatasi.

Akan tetapi, jika masalah haid tidak teratur kronis, maka penyebabnya kemungkinan besar karena adanya ketidakseimbangan hormonal, sehingga akibatnya dapat mempengaruhi frekuensi ovulasi atau siklus menstruasi.

Tidak mudah mengidentifikasikan penyebab dari ketidakseimbangan hormon. Akan tetapi berdasarkan para ahli terdapat beberapa penyebab yang memiliki kaitan dengan kesuburan.

Umumnya, penyebab dari ketidakseimbangan hormon yaitu karena keadaan medis atau yang sering disebut dengan Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Gejala dari PCOS ini salah satunya yaitu stimulasi dari folikel yang menghasilkan estrogen dengan kadar yang tinggi dan tanpa melepaskan sel telur. Jumlah estrogen yang berlebihan akan menstimulasi atau merangsang lapisan rahim untuk menebal sampai mencapai titik mengelupas sehingga akan menyebabkan pendarahan menstruasi, namun sebenarnya tidak terjadi ovulasi.

Selain itu, wanita yang mengalami kelainan makan seringkali mengalami masalah ketidakseimbangan hormon, yang mana akibatnya menstruasi akan menjadi tidak teratur atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali. Wanita yang melakukan olahraga dengan berlebihan pun dapat mengalami siklus menstruasi tidak teratur.

Kekurangan gizi akibat anoreksia atau stres fisik karena melakukan latihan dengan berlebihan akan merubah susunan kimiawi dalam otak. Sehingga akibatnya otak akan kesulitan memicu hormon yang dibutuhkan untuk perkembangan folikel. Apabila kekurangan folikel akibatnya akan mengalami kekurangan estrogen.

Adanya masalah pada kelenjar tiroid menjadi penyebab siklus haid tidak teratur. Kelenjar tiroid itu sendiri memiliki fungsi sebagai pengatur produksi hormon dalam tubuh. Apabila kelenjar tiroid mengalami masalah, maka akibatnya produksi hormon akan terganggu, termasuk juga siklus haid.

Pengaruh Haid Tidak Teratur Terhadap Kesuburan

Apabila siklus haid anda tidak teratur, maka anda pun tidak akan berovulasi dengan teratur, bahkan dalam beberapa kasus ovulasi tidak akan terjadi sama sekali. Wanita tidak akan hamil jika ia tidak mengalami ovulasi. Apabila anda berovulasi semakin sedikit, maka peluang anda untuk hamil akan semakin berkurang.

Tips Cepat Hamil Apabila Haid Tidak Teratur

Memulihkan Siklus Haid Agar Kembali Teratur

Hal pertama kali yang harus anda lakukan yaitu memulihkan kembali siklus haid yang tidak teratur, serta meningkatkan frekuensi ovulasi.

Untuk meningkatkan keseimbangan hormon dan membuat siklus haid menjadi teratur, membuat perubahan gaya hidup akan sangat membantu. Berikut ini perubahan gaya hidup yang dapat anda lakukan:

Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Menu Seimbang

Penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan menu yang seimbang. Disarankan untuk menjauhi makanan yang tidak sehat seperti misalkan junk food. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, hindarilah makanan yang mengandung tinggi karbohidrat olahan dan juga lemak.

Berat Badan Sehat

Anda bisa mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal dengan diet rendah kalori dan melakukan olahraga, terlebih lagi jika anda telah didiagnosa mengidap PCOS. Begitu pun apabila anda memiliki berat badan yang kurang. Anda dapat mencoba untuk menaikan berat badan agar mencapai berat badan yag ideal. Apabila kadar lemak tubuh rendah, maka tingkat estrogen pun rendah. Sehingga akibatnya siklus haid akan menjadi tidak teratur.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Lakukanlah olahraga dengan teratur karena olahraga teratur merupakan kunci kesuburan. Ketika melakukan olahraga, lakukanlah dengan intensitas yang cukup karena melakukan olahraga yang terlalu banyak dan berat dapat menimbulkan dampak yang merugikan bagi kesuburan.

Hindari Stres

Stres dapat menjadi penyebab siklus haid tidak teratur. Ketika stres tubuh akan mudah mengalami lelah, serta mudah sakit. Dan keadaan ini tentu saja akan mempengaruhi siklus haid anda. Supaya siklus haid kembali normal dan anda bisa segera hamil, maka anda harus mampu mengelola stres. Berikut ini beberapa tips penting yang dapat anda lakukan untuk mengurangi stres:

  • Berkomunikasi dengan terbuka pada pasangan anda.
  • Anda bisa mendapatkan dukungan emosional dari penasehat ataupun orang terdekat anda seperti misalkan orang tua, sahabat atau saudara anda.
  • Kurangi konsumsi kafein dan zat stimulan yang lainnya.
  • Anda dapat mencoba teknik untuk mengelola stres seperti misalkan yoga atau relaksasi.
  • Untuk melepaskan ketegangan fisik dan emosi anda dapat melakukan olahraga dengan teratur.
  • Rencanakan perawatan medis bersama dengan pasangan anda.

Mendeteksi Masa Subur

Cobalah untuk mendeteksi masa subur anda setiap siklus dalam 1 bulan. Apabila anda sudah mengetahui kapan waktunya anda berovulasi, maka anda dapat melakukan hubungan intim pada waktu yang tepat. Dimana hal itu merupakan langkah yang paling praktis untuk segera mendapatkan buah hati. Masa subur seseorang biasanya akan berlangsung selama 3 hari. Waktu tersebut bisa anda maksimalkan untuk mendapatkan kehamilan.

Apabila anda memiliki siklus haid yang tidak teratur, maka alangkah lebih baik untuk menghitung siklus haid ketika bulan itu. Tandai kalender pada hari pertama ketika anda mendapatkan haid. Kemudian, anda bisa kambali menandai haid yang akan terjadi pada bulan berikutnya. Cobalah untuk menghitung rentang waktu pada hari pertama anda haid sampai haid selesai. Hitungan yang anda lakukan tersebut dapat anda jadikan sebagai siklus haid. Sehingga anda bisa dengan mudah mendeteksi masa subur.

Konsultasikan dengan Dokter Kandungan

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai masalah yang anda alami agar anda mendapatkan solusi atau penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan tujuan untuk menentukan faktor penyebab haid tidak teratur yang anda alami. Setelah itu, dokter mungkin akan memberikan penanganan yang terbaik, baik itu obat-obatan atau terapi.

Meskipun siklus haid anda tidak teratur, tetapi itu bukan berarti jika anda tidak berovulasi. Anda tetap berovulasi hanya saja tidak teratur. Untuk mendapatkan kehamilan meskipun siklus haid tidak teratur, intinya harus sabar dan terus berusaha. Demikian beberapa tips cepat hamil apabila haid tidak teratur. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *