Tips Agar Program Bayi Tabung Berhasil

Diposting pada

Program bayi tabung atau In vitro fertilization (IVF) merupakan pilihan program hamil dengan tingkat kesuksesan tinggi. Walaupun seperti itu, program bayi tabung juga bisa mengalami kegagalan yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Oleh karena itu, agar program bayi tabung berhasil hingga hamil, sangat penting anda dan pasangan mendukungnya dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan agar program bayi tabung berhasil.

Tips Agar Program Bayi Tabung Berhasil

Tips Agar Program Bayi Tabung Berhasil

Apabila ingin program bayi tabung yang anda jalankan berhasil, anda dan pasangan harus menerapkan pola hidup sehat sejak sebelum program bayi tabung. Berikut ini tipsnya yang dapat anda lakukan.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Untuk membantu meningkatkan kesuburan, asupan nutrisi sangat penting diperhatikan. Sebenarnya tidak ada jenis makanan ataupun program diet khusus yang akan meningkatkan peluang keberhasilan bayi tabung dengan signifikan, akan tetapi seperti yang dikutip dari Parents, studi melaporkan kekurangan vitamin D akan menyebabkan program bayi tabung rentan mengalami kegagalan.

Oleh karena itu, pasangan suami istri dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin D, protein, antioksidan, serta makanan rendah glikemik. Terlebih lagi pada pria yang mengalami gangguan sperma. Jika makanan yang anda konsumsi setiap hari semakin sehat dan bervariasi, maka peluang keberhasilan bayi tabung akan menjadi semakin besar.

Hindari Stres

Meskipun tidak secara langsung, namun stres memiliki kontribusi terhadap infertilitas, menurut studi Human Reproduction tahun 2014, akibat stres banyak pasangan yang gagal melakukan program bayi tabung. Oleh karena itu, anda dan pasangan harus dapat mengelola stres dengan baik dengan mencari aktivitas menyenangkan dan melakukan hobi.

Hindari Rokok, Alkohol dan Kafein

Merokok memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Selain itu, rokok juga akan berdampak terhadap kesehatan reproduksi. Pada pria, merokok akan dapat membuat produksi serta kualitas sperma menjadi menurun. Tidak hanya itu, merokok juga akan membuat risiko keguguran meningkat. Oleh karena itu, selama anda menjalani proses bayi tabung, anda dan pasangan harus menghindari rokok, alkohol, serta konsumsi kafein yang berlebihan.

Melakukan Olahraga dengan Benar

Olahraga baik untuk kesehatan tubuh. Hanya saja, beberapa jenis olahraga tertentu rentan menyebabkan kerusakan sperma. Salah satunya yaitu bersepeda. Bersepeda setiap hari memang sehat untuk tubuh, akan tetapi jika anda melakukannya dengan berlebihan dan terlalu keras hal ini akan berisiko rusaknya sperma.

Selain itu, nge-gym juga memiliki risiko yang sama. Nge-gym akan membuat tubuh bugar dan sehat, hanya saja jika anda langsung sauna setelah selesai nge-gym, ini bukanlah hal yang tepat. Panasnya sauna akan dapat merusak sel sperma yang sehat.

Meskipun begitu, bukan berarti anda harus menghindari olahraga. Pilihlah olahraga yang tepat dengan intensitas yang sedang seperti misalkan berlari, jalan kaki, yoga, berenang dan pastikan anda tidak memaksakan diri. Untuk lebih jelasnya anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter mengenai olahraga apa yang bisa dilakukan.

Menggunakan Celana Dalam Longgar

Untuk anda yang sering memakai celana dalam ketat, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Pasalnya kebiasaan ini akan membuat organ reproduksi pria tertekan dan menyebabkan turunnya kualitas sperma.

Baca juga : Tips Meningkatkan Kualitas Sperma 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan peluang sukses program bayi tabung. Semoga bermanfaat.