Tips Agar Cepat Hamil Bagi Wanita Gemuk

Diposting pada

Wanita yang memiliki berat badan berlebih cenderung susah hamil. Untuk memperbesar peluang hamil bagi wanita gemuk, penting mengetahui tips agar cepat hamil bagi wanita gemuk ini.

Anak merupakan anugerah yang terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap pasangan. Kehadiran anak tentu saja sangat dinanti-nanti oleh pasangan yang sudah menikah. Beberapa pasangan bisa dengan mudah mendapatkan anak hanya beberapa bulan setelah mereka menikah, akan tetapi beberapa pasangan yang lainnya justru kesulitan atau tidak kunjung hamil meskipun sudah lama menikah.

Diketahui beberapa faktor dapat menurunkan peluang seseorang untuk bisa hamil, dimana salah satunya yaitu kegemukan atau obesitas. Wanita yang memiliki berat badan yang berlebih diketahui sulit hamil dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan ideal.

Tips Cepat Hamil Untuk Wanita Gemuk

Menurut penelitian, wanita dengan indeks massa tubuh lebih dari 40, peluang untuk hamilnya akan berkurang sebesar 35% dibandingkan dengan wanita yang memiliki massa tubuh yang normal. Tidak hanya itu, pada wanita yan memiliki berat badan berlebih, embrio akan menjadi sulit ditanam. Tidak hanya dapat menurunkan peluang untuk hamil, masalah kegemukan pun dapat menimbulkan masalah komplikasi seperti misalkan tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Menurunkan berat badan ketika sedang hamil tidak disarankan. Pasalnya, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan, serta perkembangan bayi yang dikandung. Oleh karena itu, alangkah lebih baik untuk menurunkan berat badan sebelum melakukan program hamil.

Akibat Kegemukan Terhadap Kesuburan

Masalah Ovulasi

Selain berat badan yang bertambah, kegemukan juga dapat menimbulkan dampak perubahan pada hormon. Apabila seseorang kelebihan berat badan, maka akibatnya metabolisme tubuh akan berubah, serta hormon dalam tubuh pun akan berubah.

Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Perubahan hormon yang dialami karena kegemukan dapat mengakibatkan berubahnya siklus menstruasi. Normalnya, siklus menstruasi wanita yaitu setiap 26 hari. Akan tetapi, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama.

Penyebab wanita gemuk sulit mendapatkan

kehamilan yaitu karena cenderung mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur dan panjang. Dalam beberapa kasus ada yang setiap 3 bulan atau bahkan 6 bulan sekali. Apabila wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, maka ia akan menjadi sulit hamil, karena tidak dapat memastikan masa subur.

Masalah Pada Proses Pembuahan

Selain masalah ovulasi atau pengeluaran sel telur, bagi wanita yang mengalami masalah kegemukan namun tetap memiliki siklus menstruasi yang normal, serta tetap mengeluarkan sel telur dengan normal, diketahui tetap saja sulit untuk hamil. Keadaan ini disebabkan karena adanya pengaruh dari hormon leptin yang memiliki peran sebagai pengatur nafsu makan, serta pengeluaran energi yang ternyata dapat menghambat proses pembuahan sel telur oleh sperma.

Pembentukan Sel Telur Tidak Sempurna

Berdasarkan penelitian, sel telur yang diproduksi oleh wanita yang mengalami kegemukan cenderung tidak normal. Diketahui, susunan kromosom dalam sel telur wanita yang memiliki berat badan berlebih ditemukan tidak normal, akibatnya tidak memungkinkan terjadinya pembuahan.

Meningkatkan Risiko Keguguran

Pada penelitian yang lebih lanjut ditemukan bahwa wanita yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami keguguran.

Tips Agar Cepat Hamil Bagi Wanita Gemuk

Berikut ini beberapa tips cepat hamil bagi wanita gemuk yang dapat anda lakukan:

Melakukan Diet Sehat

Diet sehat yang dilakukan bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja. Akan tetapi, diet juga dilakukan sebagai upaya untuk cepat hamil bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Asupan makanan yang sehat penting untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesuburan.

Tes Darah

Tes darah yang dilakukan bertujuan untuk memastikan apakah anda memiliki tiroid atau tidak. Apabila hasilnya anda bebas tiroid, maka anda bisa dengan mudah menurunkan berat badan. Lakukan diet sehat dan olahraga yang ringan atau tidak terlalu berlebihan. Pasalnya, olahraga yang berlebihan dan berat justru akan mengganggu tingkat kesuburan.

Perhatikan Siklus Menstruasi

Kadar lemak dalam tubuh dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Karena seperti itu, penting bagi anda untuk segera menurunkan berat badan yang berlebih. Jika anda mengetahui pola siklus menstruasi sendiri, anda dapat menentukan dengan tepat kapan waktu anda ovulasi, sehingga akan membantu meningkatkan peluang untuk hamil.

Konsumsi Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan bisa anda lakukan untuk memperbesar peluang terjadinya kehamilan. Makanan yang dapat meningkatkan kesuburan salah satunya yaitu makanan yang tinggi akan asam folat. Beberapa makanan sehat yang mengandung asam folat diantaranya yaitu kentang, taoge, kedelai, telur, asparagus, bit, kol, pisang dan lain sebagainya.

Melakukan Hubungan Intim yang Tepat

Wanita yang memiliki tubuh gemuk sulit hamil karena sperma tidak dapat masuk ke dalam rahim dengan optimal yang disebabkan karena penumpukan lemak. Selain berupaya menurunkan berat badan, anda dapat merubah posisi ketika berhubungan intim. Cobalah untuk berhubungan intim dengan posisi yang memungkinkan terjadinya penetrasi lebih dalam yang dapat memudahkan sperma untuk mencapai sel telur.

Memeriksa Diri Untuk Memastikan Gangguan Hormonal

Anda dapat memeriksakan diri untuk memastikan apakah anda mengalami masalah hormonal atau yang lebih sering dikenal dengan PCOS. Gangguan hormonal ini merupakan masalah yang sering mengganggu sistem reproduksi wanita. Dimana gangguan hormonal yang satu ini dapat memicu munculnya kista ovarium yang menjadi penyebab wanita sulit hamil. Biasanya gangguan hormonal ini rentan dialami oleh wanita yang mengalami kegemukan.

Apa yang Harus Dilakukan Oleh Wanita Gemuk Agar Hamil dengan Sehat?

Agar kehamilan sehat, penting utuk mengkonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga dengan teratur dan mengikuti pedoman berat badan. Langkah tersebut merupakan cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi.

Sebaiknya hindari usaha mengurangi berat badan saat hamil. Anda dapat melakukannya sebelum anda hamil. Pastikan juga anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dalam porsi yang kecil namun sering, serta minum banyak air.

Lakukan diet seimbang. Pilih makanan yang tidak akan membebani tubuh dalam mencerna dan mengkonversinya menjadi gula. Anda juga harus memastikan mengkonsumsi banyak makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat membuat anda kenyang dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Jika ada tambahan suplemen, maka anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan anda.

Melakukan olahraga selama kehamilan adalah langkah tepat yang dapat anda lakukan untuk membantu tubuh anda menangani kehamilan dan mempersiapkan diri untuk persalinan. Selain itu, olahraga adalah cara paling efektif untuk mengatur berat badan, apalagi jika anda menggabungkannya dengan diet yang sehat. Hanya saja, jika anda tidak dengan rutin melakukan olahraga sebelum hamil, sebaiknya hindari memulainya setelah anda hamil, terlebih lagi jika olahraga yang dilakukan adalah olahraga berat. Anda dapat melakukan latihan ringan dan konsultasikan pada dokter untuk mengetahui latihan apa yang tepat. Ketika melakukan latihan, pastikan tubuh anda tetap terhidrasi dengan minum banyak cairan.

Jika terdapat masalah kesehatan, maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Konsultasikan semua masalah kesehatan anda, mungkin saja anda memiliki riwayat diabetes atau tekanan darah tinggi dan lain sebagainya, dokter harus mengetahui semua itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *