9 Tips Program Hamil Anak Ketiga | Penyebab & Caranya

Diposting pada

Program Hamil Anak Ketiga – Terkadang memiliki satu atau dua anak dirasa tidak cukup bagi sebagian pasangan. Terlebih bagi mereka yang menginginkan terbentuknya keluarga besar. Tentu ini menjadi sebuah PR besar bagi pasangan untuk kembali menjalankan program hamil anak ketiga. Untuk itu, kami sajikan beberapa tips dalam menjalankan program hamil dan beberapa hal yang harus diketahui oleh Anda.

Tidak sedikit pasangan yang mengeluhkan akan sulitnya mendapatkan keturunan bahkan setelah mereka memiliki dua anak. Keinginan besar untuk memiliki anak kembali memang menjadi harapan bagi beberapa pasangan. Akan tetapi, memiliki anak ketiga bukanlah sesuatu yang cukup mudah. Benarkah hamil anak ketiga akan lebih sulit dari anak kedua?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya satu hal yang pasti bahwa setelah kita cukup intens dalam hamil dan juga melahirkan. Rahim dan tubuh kita  tentunya akan memiliki perubahan yang cukup drastis. Kondisi inilah yang membuat beberapa pasangan kerap kesulitan untuk mendapatkan kehamilan. Banyak yang berpikir bahwa dengan menghentikan KB atau alat kontrasepsi dapat dengan mudah mendapatkan kehamilan. Tentunya, dugaan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Terlebih jika seorang wanita sudah berusia lanjut dan juga pernah beberapa kali melahirkan. Baca juga: 15 Hal Yang Dilarang Saat Program Hamil Untuk Anda Hindari

Penyebab Sulit Hamil Anak Ketigaprogram hamil anak ketiga

Tentunya, kondisi wanita berbeda sejak dari kelahiran anak pertama. Jika pada anak pertama langsung berhasil, mungkin untuk anak kedua bahkan anak ketiga diperlukan suatu usaha dan juga program hamil yang harus dijalankan. Meskipun telah menghentikan KB dalam waktu yang cukup lama, tentunya menjalankan program hamil anak ketiga bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Hamil anak ketiga memang lebih sulit daripada kehamilan sebelumnya. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kondisi kedua pasangan. Dimana setelah memiliki anak, kemungkinan untuk melakukan hubungan intim tidak seintens dulu sebelum memiliki anak. Barangkali sebelumnya, pasangan sangat bebas melakukan hubungan intim kapan saja. Akan tetapi, setelah memiliki anak tentunya harus membagi waktu dan juga perhatian kepada buah hati kita.

Menjalankan program hamil anak ketiga memang harus Anda lakukan. Hal ini mengingat bahwa memiliki anak ketiga jauh lebih sulit sehingga dibutuhkan lebih banyak usaha dan juga tenaga untuk mendapatkannya. Selain itu, tentunya ada beberapa faktor penyebab seorang wanita sulit mendapatkan kehamilan anak ketiganya yang akan kami paparkan di bawah ini!

Lihat juga: Tips Program Hamil Anak Kedua

1. Gangguan Hormonal

Salah satu penyebab sulitnya mendapatkan kehamilan anak ketiga tidak lain dipengaruhi oleh adanya gangguan hormonal. Pada wanita yang sudah pernah hamil dan juga melahirkan tentunya membuat siklus menstruasi seorang wanita tidak stabil. Kondisi inilah yang merupakan pertanda bahwa adanya gangguan hormonal di dalam tubuh wanita.

Ketika hormon wanita terganggu tentunya ini menyebabkan impuls listrik di otak yang langsung terhubung kepada pusat hormonal. Tentunya, ini memiliki dampak yang cukup signifikan sehingga membuat hormon wanita menjadi terganggu. Gangguan hormon ini juga  memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam hal kematangan sel sperma pada pria. Jika hormon pada pria terganggu tentunya ini dapat membuat sel sperma tidak matang dan akan sulit untuk membuahi sel telur di dalam rahim.

Gangguan hormonal ini tentunya setidaknya terjadi pada satu hari setiap bulannya. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan gagalnya mendapatkan kehamilan. Sel telur yang matang tentunya berlangsung secara bertahap setiap bulannya. Tentunya, hormon yang dikeluarkan baik wanita ataupun pria harus stabil setiap hari. Jika setiap hari adanya ketidakstabilan hormon, tentunya akan mengacaukan dan juga mengganggu proses kematangan sel telur.

Gangguan hormonal pada wanita dan juga pria tentunya memiliki pembentukan sel sperma yang tidak terpengaruhi oleh emosionalnya. Hal ini tentunya membuat produksi sel sperma pria tetap matang dan juga siap untuk membuahi sel telur. Hal ini tentunya kondisi pria lebih baik dibandingkan dengan wanita dalam gangguan hormonal.

2. Kurangnya Keasaman Vagina

Seperti yang kita tahu vagina bukan tempat steril yang dapat terbebas dari bakteri dan juga kuman baik kuman jahat maupun kuman baik. Kuman yang bertugas menjaga keseimbangan di dalam vagina dikenal dengan sebutan basil doderline. Kuman ini yang bersifat asam dikarenakan zat yang dikeluarkannya sehingga tidak disukai oleh kuman jahat.

Tentunya, keasaman pada vagina harus dijaga sehingga dapat mencegah tumbuhnya bakteri jahat di dalam vagina. Bagaimanapun juga kuman jahat dapat membuat infeksi di dalam vagina. Namun, jika kuman jahat berasal dari luar saat berhubungan seksual, maka akan menyebabkan ketidakseimbangan jumlah kuman di dalam vagina. Pastinya, kuman jahat akan lebih banyak dibandingkan dengan kuman baik.

Jika terus terjadi, maka kesehatan vagina Anda menjadi terganggu. Untuk itu, Anda perlu menjaga kesehatan vagina. Jangan mencuci vagina dengan menggunakan sabun pembersih karena dapat menghilangkan keasaman pada vagina sehingga kuman semakin bertambah. Mencuci vagina cukup dengan menggunakan air bersih karena vagina sudah memiliki cairan pembersih alami yang dapat membunuh kuman jahat.

3. Terlalu Sering Stres

Tentunya, tidak ada manusia yang hidup tanpa masalah. Seberapa bedanya dan juga beratnya masalah yang dihadapi oleh seseorang tentu sesuatu yang menjadi beban pikiran baginya. Kondisi ini juga berlaku pada setiap pasangan yang sudah menikah dan juga memiliki keturunan.

Pasangan suami istri yang sering mengalami stres baik karena keluarga maupun beban pekerjaan tentunya membuat emosionalnya menjadi terganggu. Jika kondisi tersebut terus terjadi pada seseorang, maka akan menyebabkan terjadinya gangguan hormonal sehingga produksi sel telur dan juga sperma menjadi sangat terganggu. Terlebih jika ini terjadi pada wanita diman stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

Jika siklus menstruasi dan juga produksi sperma terganggu, tentunya ini akan sebuah bumerang bagi kita dimana memang sangat sulit untuk mendapatkan kehamilan. Untuk itu, Anda jangan terlalu memikirkan berbagai masalah yang memang mengganggu Anda. Tentunya, Anda harus menghadapinya dengan tenang dan juga pikiran yang dingin.

4. Adanya Infeksi

Selain stres, tentunya menjaga kesehatan ibu juga memang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab sulit mendapatkan kehamilan anak ketiga  yaitu adanya infeksi di dalam vagina. Terlebih jika infeksi tersebut berada di tempat jalannya sperma untuk menuju ovum. Tentu, ini menjadi sebuah penghalang bagi sperma dapat membuahi sel telur.

Infeksi pada vagina dapat terjadi pada dinding vagina, rahim, atau juga saluran sel telur. Infeksi pada vagina tentunya dapat terjadi kapan saja sehingga Anda harus waspada. Infeksi tersebut dapat terjadi akibat proses persalinan anak sebelumnya atau juga karena kurang memperhatikan kebersihan vagina. Untuk itu, jangan menyepelekan kebersihan vagina karena jika sudah terjadi maka akan merembet terus dan masuk ke dalam rahim.

5. Jarak Kelahiran Setiap Anak

Tentunya, jarak kehamilan setiap pasangan berbeda-beda tergantung dari rencana dan juga keputusan setiap pasangan. Tentunya, jarak ideal antar kehamilan sekitar 2 tahun dari kelahiran anak kedua. Waktu 2 tahun tentunya menjadi satu kondisi dimana rahim dapat mempersiapkan kembali kehamilan dalam kondisi yang cukup normal.

Selain itu, anak kedua dapat memperoleh asupan ASI yang cukup  sampai satu tahun sehingga mendapatkan nutrisi dan juga gizi yang diperlukan oleh bayi. Untuk itu, jika Anda merencanakan program hamil anak ketiga  tentunya Anda harus memperhatikan jarak ideal kehamilan antara anak kedua dan juga anak ketiga.

6. Pasca Operasi

Ketika seorang wanita pernah mengalami operasi saat melahirkan tentunya akan membuat rahim menjadi terganggu. Pada awalnya pasca melakukan operasi jika tidak dijaga dapat menimbulkan infeksi yang akan meninggalkan sel darah putih dan juga kuman. Tentunya, sel darah putih dapat melawan kuman yang dapat menyebabkan infeksi serta mampu membasmi makhluk asing yang akan masuk ke dalam tubuh termasuk rahim.

Hal ini tentunya sperma dianggap juga sebagai makhluk asing sehingga dilawan dan juga dibasmi. Dengan kondisi tersebut tentunya dapat membuat sperma yang akan masuk ke dalam rahim akan mengalami kepunahan. Gejala infeksi tentunya tidak akan terasa di awal-awal sehingga seseorang tidak akan merasakan sesuatu hal apapun pada alat reproduksinya. Pada kasus ini kemungkinan pembuahan akan terjadi, namun tentunya akan menghambat sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma. Tentunya, kondisi ini menyebabkan hasil konsepsi sehingga kehamilan terjadi di luar kandungan.

Cara yang dapat Anda lakukan tentunya dengan memasukkan obat melalui vagina. Obat ini tentunya akan masuk ke dalam rahim sampai pada saluran telur. Dengan cara ini tentunya dapat membuat saluran telur membuka lebih lebar sehingga dimungkinkan akan terjadinya pembuahan.

Program Hamil Anak Ketiga

program hamil anak ketiga

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab sulitnya kehamilan pada anak ketika. Pada poin ini kami akan menjelaskan kepada Anda apa saja yang harus dilakukan saat menjalankan program hamil anak ketiga. Tentunya, Anda harus menjalankan program sebaik mungkin dan juga semaksimal mungkin demi mendapatkan hasil yang kita inginkan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam menjalankan program hamil anak ketiga, diantaranya:

1. Jaga berat badan tetap ideal

Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang wanita yang telah melahirkan rentan terhadap kenaikan berat badan yang cukup drastis. Kondisi ini memang seringkali dialami oleh wanita dimana setelah melahirkan wanita mengalami nafsu makan yang tidak terkendali akibat menyusui. Untuk itu, ketika Anda menyusui harus pula dibarengi dengan olahraga yang teratur dan juga pola makan yang teratur untuk kembali memiliki badan yang ideal. Tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk.

2. Konsumsi vitamin dan asam folat

Meskipun menjalankan program hamil anak ketiga, tentunya Anda tidak boleh melewatkan untuk mengonsumsi vitamin dan juga asam folat. Vitamin yang dapat Anda konsumsi tentunya yang mengandung vitamin yang kompleks agar dapat memberikan asupan yang cukup bagi tubuh. Anda juga jangan lupa untuk selalu mengonsumsi asa, folat yang akan Anda dapatkan dari buah-buahan dan juga suplemen yang dijual di apotek. Untuk mendapatkan kehamilan dengan mudah tentunya Anda harus menjaga pola hidup sehat dan juga mengonsumsi makanan yang sehat. Hindari untuk mengonsumsi junkfood dalam jumlah yang berlebih.

3. Istirahat yang cukup

Memang cukup sulit bagi Anda dimana Anda harus membiasakan diri untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini dikarenakan kondisi dan juga aktifitas ibu yang cukup padat ketika berada di dalam rumah terlebih lagi harus mengurus anak-anak. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan waktu istirahat Anda sebaik mungkin. Untuk itu, Anda harus luangkan waktu untuk beristirahat dan juga melakukan aktifitas lain seperti berolahraga dan juga jalan-jalan.

4. Hindarkan diri dari stres

Stres yang kerap dialami oleh wanita tentunya dapat dihindari dengan sebaik mungkin. Bagaimanapun juga, stres yang menyerang setiap orang harus dihindari sebaik mungkin terutama bagi Anda yang tengah menjalankan program hamil. Rasa stres tersebut dapat dihindari dengan melakukan beberapa aktifitas agar kita tidak merasa penat. Anda tentu dapat mengalihkan rasa stres Anda dengan pergi piknik, jalan-jalan atau sekedar menikmati udara di luar sana.

5. Mengetahui masa subur

Masa subur merupakan tanda seorang wanita bisa mendapatkan kehamilan. Dengan mengetahui masa subur tentunya ini menjadi salah satu faktor yang dapat membuat seorang wanita hamil. Anda tentunya dapat mengecek masa subur Anda dengan menggunakan fertility test. Ketika Anda mengetahui masa subur tentunya dapat menjadi sebuah acuan bagi Anda untuk melakukan hubungan suami istri pada saat hamil.

6. Perhatikan dalam posisi berhubungan

Tidak hanya program hamil anak ketiga, program hamil anak pertama dan juga kedua pun harus memperhatikan posisi ketika berhubungan intim. Posisi yang sangat tepat dan juga dipercaya dapat membuat seorang wanita cepat hamil ialah dengan melakukan posisi misionaris atau lebih dikenal dengan posisi pria berada di atas. Posisi ini dipercaya dapat membuat sorang wanita menjadi cepat hamil. Hal ini dikarenakan sel sperma dapat dengan mudah menuju sel telur untuk proses pembuahan.

7. Konsumsi suplemen prenatal

Vitamin dan juga suplemen tentunya dibutuhkan saat seorang wanita tengah menjalankan program hamil. Vitamin yang dapat dikonsumsi oleh wanita yang sedang program hamil harus kaya akan kandungan dan juga nutrisi yang memang sangat dibutuhkan saat hamil. Vitamin prenatal merupakan salah satu vitamin yang memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasangan yang sedang program hamil.

8. Perhatikan lendir serviks

Ketika seorang wanita tengah menjalankan program hamil terlebih jika sudah pernah lahir dan juga melahirkan anak kedua. Tentunya, lendir serviks menjadi sangat berkurang bahkan kering. Lendir serviks tersebut tentunya menjadi sebuah pertanda bahwa seorang wanita siap untuk hamil dan juga melahirkan kembali. Lendir seperti putih telur tentunya ini juga menjadi sebuah tanda bahwa Anda sedang dalam masa subur.

9. Riwayat keguguran

Setelah seorang wanita sudah pernah mengalami keguguran, tentunya ini menjadi hal yang cukup sulit baginya. Dimana riwayat keguguran ini akan menjadi sebuah masalah bagi wanita yang dapat menyulitkan mereka. Riwayat keguguran yang terjadi pada wanita tentunya membuat keadaan rahim dan juga kandungan menjadi terganggu. Untuk itu, periksakan kepada dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan perawatan dan juga dapat berkonsultasi dengan bebas.

Tentunya, menjalankan program hamil anak ketiga bukan seperti membalikan telapak tangan dimana sangat mudah untuk melakukannya. Kita tentunya dituntut untuk melakukan sesuatu untuk menunjang program kehamilan kita dengan baik agar mendapatkan hasil yang cukup maksimal. Melakukan hal yang dianjurkan dan juga menjauhi hal yang memang dilarang saat program hamil memang sangat dianjurkan bagi Anda. Demikianlah beberapa program hamil anak ketiga yang perlu Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!