Pola Tidur Berpengaruh Pada Kesuburan Wanita, Benarkah? Simak Penjelasannya!

Diposting pada

Pola Tidur Berpengaruh Pada Kesuburan Wanita – Tidur adalah kebutuhan manusia yang dapat membantu menyegarkan serta memperbaiki mood, sistem otak serta hormon yang penting pada tubuh, termasuk juga hormon kesuburan pada wanita. Lantas benarkah pola tidur berpengaruh pada kesuburan wanita? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pola Tidur Berpengaruh Pada Kesuburan Wanita

Mengapa Pola Tidur Berpengaruh Bagi Kesuburan Wanita?

Otak akan mengatur hormon melatonin, serta hormon kortisol pada tubuh. Dimana kedua hormon ini memiliki peran untuk mengatur ritme sirkadian, yakni jam biologis tubuh yang berperan dalam mengendalikan fungsi organ manusia. Selain itu, ritme sirkadian juga akan mengatur waktu kapan anda mengantuk saat malam hari, serta kapan harus bangun ketika pagi hari.

Kelenjar melatonin diproduksi kelenjar pineal yang terdapat pada otak di dekat pusat penglihatan. Apabila mata anda mendapatkan sedikit cahaya ataupun kegelapan, maka kelenjar ini akan menangkap bahwa hari telah malam kemudian produksi hormon melatonin akan meningkat.

Baca juga : Ketahui Pantangan Makanan Agar Cepat Hamil

Jika terjadi peningkatan pada hormon melatonin, rasa kantuk akan muncul dan akan memicu lepasnya hormon estrogen, serta progesterone oleh hormon luteinizing, serta leptin yang akan mempengaruhi kesuburan. Berdasarkan sebuah penelitian, terlalu banyak cahaya ketika malam hari yang berasal dari lampu maupun televisi akan membuat produksi melatonin lambat yang akan menyebabkan insomnia dan dapat mengacaukan hormon reproduksi pada wanita. Bisa jadi hal ini menyebabkan siklus menstruasi yang terganggu atau mungkin bisa menyebabkan turunnya peluang kehamilan. Meskipun sebenarnya penelitian belum terbukti banyak, namun relasi antarhormon yang memiliki peran serta diproduksi ketika tidur menjadi penghubung pola tidur serta kesuburan pada wanita.

Dampak Buruk Kurang Tidur Lainnya Pada Tubuh

Kurang tidur dalam jangka waktu yang panjang tidak hanya mengganggu kesuburan pada wanita, namun akan membuat anda murung dan mudah tersinggung. Seiring berjalannya waktu kondisi ini akan dapat membuat kualitas seksual anda berkurang, dan peluang anda memiliki buah hati menurun. Selain itu, penyakit lainnya seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung rentan dialami oleh mereka yang memiliki pola tidur buruk.

Tips Mengatur Pola Tidur yang Baik

Kebutuhan tidur orang dewasa normalnya yaitu sekitar 8 jam. Akan tetapi, gangguan tidur dapat anda alami yang merusak pola tidur anda seperti insomnia. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperbaiki waktu tidur anda.

Kelola Stres dengan Baik

Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Ketika stress anda alami maka kadar kortisol pada tubuh akan tinggi. Hal ini akan membuat anda tidak rileks dan tidak mendapatkan kualitas tidur baik yang membuat pola tidur anda semakin buruk. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti misalkan yoga.

Hindari Terlalu Sering Lembur

Siklus menstruasi yang tidak teratur, serta sulit hamil diketahui memiliki kaitannya dengan jadwal kerja maupun lembur setiap malam. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan terlalu sering lembur.

Hindari Kebiasaan yang Mengganggu Tidur

Pola tidur anda dapat kacau karena beberapa kebiasaan yang anda lakukan seperti menonton televisi, main hp atau mengonsumsi kafein sebelum tidur. Kegiatan-kegiatan ini akan dapat menyebabkan anda sulit tidur.

Berjemur

Untuk mengembalikan ritme sirkadian, setidaknya setiap orang membutuhkan paparan sinar matahari selama satu jam setiap hari.

Jika anda mengalami masalah tidur seperti insomnia, sleep apnea dan penyakit yang lainnya yang dapat menurunkan kualitas tidur, sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi anda pada dokter agar mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.