Tips Mengatur Pola Makan Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Pola Makan Agar Cepat Hamil – Pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang memiliki peran untuk kesuburan. Untuk meningkatkan peluang hamil, anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang tepat. Nah, untuk anda yang sedang menantikan kehamilan, anda bisa menerapkan pola makan supaya cepat hamil seperti berikut.

Baca juga : Tips Pola Hidup Sehat Supaya Cepat Hamil

Pola Makan Agar Cepat Hamil

Tips Mengatur Pola Makan Agar Cepat Hamil

Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting dilakukan agar cepat hamil. Dimana pola makan sehat dan seimbang itu sendiri mencakup 3 komponen, yaitu jenis makanan yang dikonsumsi, porsi makanan dan frekuensi anda makan. Nah, di bawah ini tips menerapkan pola makan supaya cepat hamil.

Pilih Karbohidrat Kompleks

Konsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran dan beras merah dengan kandungan karbohidrat kompleks akan dapat memberikan nutrisi bagi anda untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Karbohidrat kompleks itu sendiri kaya akan kandungan serat yang akan dapat membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah agar menjadi stabil. Jika gula darah kadarnya stabil dalam tubuh, maka akan dapat membuat kesuburan meningkat.

Asupan Protein Ditingkatkan

Anda dapat melengkapi menu makan dengan lauk pauk yang mengandung tinggi protein. Protein itu sendiri bisa anda dapatkan dari tumbuhan yang disebut dengan protein nabati. Anda bisa mendapatkannya dari tempe, kacang-kacangan dan tahu.

Selain itu, protein juga bisa didapatkan dari hewan. Untuk asupan protein hewani anda bisa mendapatkannya dari daging ayam yang tidak terdapat kulit, telur ayam, daging sapi tanpa lemak, serta ikan. Ikan diketahui menjadi sumber nutrisi baik untuk calon ibu serta janin. Pasalnya dalam ikan terkandung protein yang rendah lemak, serta omega-3. Untuk asupan daging merah, serta makanan dengan kandungan lemak trans sebaiknya dikurangi.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber antioksidan yang akan mencegah terjadinya kerusakan pada sel tubuh, begitupun dengan sel telur dan sel sperma. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi minimal sebanyak 5 porsi sayuran dan buah dalam setiap harinya.

Untuk satu porsinya bisa ditakar dengan sebuah jeruk ukuran sedang. Adapun beberapa pilihan buah dan sayur yang dapat anda konsumsi di antaranya yaitu tomat, sayuran dengan daun hijau, semangka, jeruk, anggur atau alpukat.

Artikel lainnya : Konsumsi Buah Ini Agar Cepat Hamil Setelah Menikah

Konsumsi Susu

Jika dibandingkan dengan susu rendah lemak, susu dengan kandungan tinggi lemak lebih bisa meningkatkan kesuburan serta peluang untuk hamil. Disarankan anda dan pasangan minum susu dengan kandungan tinggi lemak, setidaknya sebanyak 1 gelas dalam sehari ataupun bisa disesuaikan dengan anjuran dokter. Tidak hanya itu, susu dan produk olahannya, misalkan yoghurt dan keju, tinggi akan kandungan kalsium sehingga bagus dikonsumsi.

Hindari Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Minuman Beralkohol

Untuk anda dan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, anda harus menghindari atau membatasi konsumsi makanan maupun minuman dengan kandungan alkohol. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi alkohol dengan berlebih akan dapat membuat kesuburan berkurang.

Tidak hanya alkohol, anda juga harus menghindari makanan cepat saji. Menurut beberapa penelitian membuktikan, terdapat pengaruh negatif dari makanan cepat saji untuk fungsi reproduksi.

Mengonsumsi Suplemen Asam Folat

Asam folat diperlukan guna mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat tabung saraf. Oleh karena itu, bagi calon ibu dan ayah sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat 400 mikrogram dalam perhari sejak anda merencanakan kehamilan atau sesuai petunjuk dokter. Asam folat juga bisa ditemukan pada sayuran yang memiliki daun hijau contohnya bayam atau kacang-kacangan, jeruk dan gandum utuh.

Demikian beberapa tips mengatur pola makan agar cepat hamil. Semoga bermanfaat.