10 Persiapan Sebelum Proram Hamil Yang Wajib Anda Lakukan

Diposting pada

Persiapan Sebelum Program Hamil – Sebelum menjalankan program hamil tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Ini tentunya sangat penting bagi Anda dimana persiapan tersebut akan menunjang Anda dalam mendapatkan keberhasilan. Untuk itu, kami sajikan beberapa persiapan sebelum program hamil yang harus Anda lakukan.

Apakah Anda berencana berencana untuk menjalankan program hamil? Atau bahkan saat ini Anda sedang menjalankan program hamil? Terlepas dari pertanyaan tersebut tentunya sebelum Anda menjalankan program hamil. Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar program hamil yang Anda jalankan bisa berhasil. Bagaimanapun juga, kehamilan memang sangat diinginkan oleh setiap pasangan yang sudah menikah.

Tentu ketika istri hamil, maka akan memberikan atmosfer yang lebih hangat dalam keluarga Anda. Hal ini tentu kehamilan menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai dari suatu pernikahan. Memiliki keturunan memang menjadi dambaan setiap pasangan. Proses ini tentunya menjadi proses yang paling ditunggu-tunggu terlebih bagi pasangan yang telah lama menikah.

Sayangnya, tidak semua pasangan yang sudah lama menikah telah dikarunia buah hati. Kondisi ini tentunya membuat Anda harus mencari cara dan juga alternatif lain agar bisa mendapatkan kehamilan dengan sangat mudah. Saat ini banyak sekali cara dan juga program hamil yang bisa Anda lakukan. Hanya saja dibutuhkan konsistensi dan juga kesabaran dari dalam diri kita. Baca juga: Ikuti Prosedur Tes Ketidaksuburan Pria Lewat Sperma

Persiapan Sebelum Program Hamil

persiapan-sebelum-program-hamil

Setelah kita tahu bahwa cara dan juga alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kehamilan yaitu dengan cara program hamil. Maka, ini menjadi salah satu peluang yang harus Anda tempuh demi mendapatkan keturunan. Meskipun memang program hamil yang dijalankan tidak semudah yang diinstruksikan. Tetap saja Anda membutuhkan jalan dan juga usaha agar bisa mendapatkan kehamilan dengan mudah.

Namun, dalam menjalankan program hamil tidak serta merta Anda melakukan hal yang dianjurkan. Tentunya, ada beberapa poin mengenai beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk menjalankan program hamil tersebut. Berikut ini kami sajikan beberapa persiapan sebelum program hamil yang tentu bisa Anda perhatikan, diantaranya:

Lihat juga: 6 Cara Alami Program Hamil Anak Perempuan Yang Wajib Anda Lakukan

Persiapan Mental

Hal pertama yang harus Anda persiapkan ialah masalah mental. Bagaimanapun juag, kesiapan mental memang menjadi poin utama untuk bisa menjalankan program hamil dengan mudah. Mental memang menjadi inti dari keseluruhan program hamil. Tidak hanya program hamil, tentunya mental sangat dibutuhkan dari sejak kita mendapatkan kehamilan sampai nanti melahirkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa persiapan mental selama hamil memang sangat diperlukan. Karena akan terjadi perubahan yang sangat drastis baik fisik maupun emosional. Jika Anda tidak ada kesiapan dalam hal mental, lebih baik Anda mengubur impian Anda untuk menjalankan program hamil yang sukses dan mendapatkan kehamilan.

Perbanyak Pengetahuan Tentang Kehamilan

Tentunya untuk saat ini tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengetahui akan segala hal tentang pengetahuan. Di jaman modern ini, kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang kehamilan dengan sangat mudah yakni dengan mengakses internet. Di internet tentunya sudah banyak sekali artikel-artikel tentang kesehatan dan juga beberapa pengetahuan tentang kehamilan dan juga program hamil.

Dengan Anda mempelajari akan pengetahuan kehamilan, tentunya Anda sedikitnya akan mengerti mengenai hal-hal yang harus dan juga tidak harus Anda lakukan. Alangkah baiknya jika Anda memenuhi pengetahuan Anda tentang kehamilan dan juga bayi. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan dan juga bidan untuk mendapatkan pencerahan.

Periksakan Kesehatan Kedua Pasangan

Setelah kita memperbanyak akan pengetahuan tentang kehamilan, tentunya ini saatnya bagi Anda untuk memeriksakan kesehatan kedua pasangan kepada bidan atau dokter. Dalam memeriksakan kesehatan, tidak dianjurkan hanya istri ataupun suami yang diperiksa, namun harus kedua belah pihak. Hal ini dikarenakan kehamilan didukung oleh keadaan dan juga kondisi kedua belah pihak.

Ketika mengunjungi dokter, alangkah baiknya jika Anda membuat jadwal janji terlebih dahulu agar Anda dapat bebas berlama-lama untuk berkonsultasi. Tanyakan kepada dokter kandungan ataupun bidan, kapan seharusnya harus berhubungan intim, meminum vitamin penunjang, cek kesuburan Anda sampai diskusikan pola makan seperti apa dan jenis makanan seperti apa yang boleh dan juag tidak boleh dikonsumsi oleh Anda yang akan menjalankan program hamil.

Konsumsi Asam Folat

Seperti yang kita tahu bahwa asam folat memang menjadi salah satu pendukung bagi seseorang yang sedang menjalankan program hamil. Selain itu, asam folat juga direkomendasikan bagi wanita hamil untuk dikonsumsi secara rutin. Asam folat juga memang sangat dianjurkan bagi Anda yang akan atau tengah menjalankan program hamil.

Dengan mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg perhari, maka setidaknya dalam sebulan Anda bisa mendapatkan kehamilan dengan mudah. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi asam folat, maka akan menghindari dari risiko mengandung bayi dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida sekitar 50%-70%. Jika memang Anda diperiksa ke dokter kandungan atau bidan. Tentunya, kadar multivitamin yang tidak mengandung kadar vitamin A memang lebih baik untuk Anda. Asupan harian yang direkomendasikan yaitu sekitar 770 mcg RAE (2.565 IU). Perlu Anda perhatikan bahwa terlalu banyak asupan vitamin A, maka akan berisiko cacat pada janin.

Periksa Kesehatan Mulut Anda

Menjalankan program hamil tentunya akan menyita pikiran Anda dimana Anda harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, jangan sampai Anda melupakan kesehatan mulut Anda ketika akan atau tengah menjalankan program hamil. Bagaimanapun juga, perubahan hormon saat hamil dapat membuat Anda menjadi lebih rentan terkena penyakit gusi. Hal ini dikarenakan ketika sedang hamil, maka perubahan hormon akan meningkat.

Naiknya kadar hormon estrogen dan juga progesteron tentu sangat memicu penyakit gusi. Kenaikan hormon pada tubuh wanita tentunya dapat menyebabkan gusi bereaksi pada bakteri dan juga plak sehingga menjadi lebih bengkak, merah dan juga berdarah.

Perhatikan Konsumsi Ikan dan Daging

Bagaimanapun juga, ikan dan juga daging memang menjadi menu wajib bagi Anda yang tengah menjalankan program hamil. Ingat bahwa ikan dan juga daging mengandung vitamin dan juga omega-3. Hal ini mengingat bahwa banyak pasangan yang sukses dalam menjalankan program hamil dengan memperbanyak konsumsi ikan dan juga daging. Namun tentunya Anda harus memperhatikan dalam mengonsumsi ikan dan daging karena ada beberapa ikan yang mengandung merkuri dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini tentu akan mempengaruhi kesuburan dan akan berbahaya bagi janin.

Ikan dan juga daging tertentu memang harus dikonsumsi karena sangat menunjang untuk perkembangan otak bayi. Beberapa jenis ikan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi diantaranya ikan todak, ikan hiu, king mackerel dan juga jenis ikan lainnya yang tinggi akan merkuri. Perhatikan pula dalam memasak ikan dan daging yang harus benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Hindarilah Sumber Infeksi

Menghindari sumber infeksi tentunya menjadi salah satu yang harus Anda lakukan. Bagaimanapun juga, infeksi memang bisa datang kapan saja dan sangat mengganggu program hamil Anda. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk menghindari infeksi terutama jenis infeksi yang bsia mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan.

Anda tentunya dapat menghindari jenis makanan tertentu yang berasal dari produk olahan yang tidak dipasteurisasi. Jenis makanan yang tidak dipasteurisasi diantaranya ikan mentah, unggas tertentu, produk susu dan juga daging merah. Jenis makanan tersebut tentunya menjadi salah satu sarang bakteri yang cukup berbahaya sehingga dapat menyebabkan bayi lahir mati ataupun keguguran. Anda tentunya harus pula menghindari jus buah yang tidak dipasteurisasi sebelumnya karena mengandung bakteri seperti E-coli dan juga salmonella. Untuk itu, Anda harus mendapatkan vaksinasi flu untuk menghindari terserangnya bakteri flu saat hamil. Bagaimanapun juga, flu yang terjadi ketika Anda hamil dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti persalinan prematur dan juga pneumonia.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika pada saat ini Anda ialah seseorang yang sangat gemar merokok tentunya Anda harus benar-benar menghentikan kebiasan ini. Terlebih jika Anda sedang menjalankan program hamil. Bagaimanapun juga, suksesnya program hamil didukung oleh pola hidup kita yang sangat baik. Jika kita terbiasa melakukan kebiasaan buruk tentunya jangan harap impian Anda untuk mendapatkan kehamilan bisa terwujud. Selain itu, rokok memang mengandung zat nikotin dan juga tar yang tentu sangat mengganggu kesehatan dan juga tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Waspadai  Faktor Lingkungan

Ketika Anda tengah menjalankan program hamil, selain menghentikan kebiasaa buruk tentunya Anda juga harus mewaspadai akan faktor lingkungan. Hal ini dikarenakan tidak setiap lingkungan memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap kesehatan tubuh manusia. Beberapa keadaan lingkungan tentunya akan sangat berbahaya bagi janin.

Jika Anda terbiasa terpapar zat kimia berbahaya dan juga sinar radiasi, maka tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan Anda. Perlu Anda ingat bahwa beberapa produk pembersih rumah seperti pelarut, pestisida, dan juga sumber minum yang melewati pipa-pipa tua akan sangat berisiko mengandung zat kimia yang berbahaya. Untuk itu, hindarilah paparan zat kimia dan juga radiasi agar program hamil Anda berjalan dengan lancar.

Hentikan Alat Kontrasepsi

Bagi banyak wanita mungkin setelah menggunakan alat kontrasepsi tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kehamilan. Namun tentunya, kondisi dan juga keadaan setiap wanita berbeda-beda. Ada wanita yang mudah untuk mendapatkan kehamilan, akan tetapi ada juga yang lama untuk mendapatkan kehamilan dan butuh berbulan-bulan untuk bisa berovulasi dengan normal.

Tanda seorang wanita bisa berovulasi yaitu ketika ia mengalami siklus menstruasi yang teratur. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk mulai mencacat hari pertama menstruasi setiap siklus perbulannya. Anda tentunya dapat melakukan pencacatan tersebut selama beberapa bulan.

Tindakan tersebut tentunya untuk mengetahui lebih jelas lagi kapan terakhir Anda menstruasi dan juga untuk mengetahui perkiraan wanita tersebut berovulasi. Untuk melacak kesuburan perbulannya, tentu Anda bisa mencatat suhu basal tubuh dan juga perhatikan lendir serviks Anda. Mengetahui suhu basal tubuh tentunya bisa membantu Anda kapan Anda sedang berovulasi.

Olahraga Secara Rutin

Terkadang memang terdengar klise ketika kita memasukkan olahraga ke dalam salah satu hal yang harus dipersiapkan dalam menjalankan program hamil. Selain itu, olahraga memang sangat pengting bagi Anda untuk menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh. Bagaimanapun juga, olahraga memang memiliki beragam jenis baik ringan maupun berat.

Tentunya menjaga kebugaran dengan berolahraga memang sangat dianjurkan terlebih bagi pasangan yang ingin hamil dan juga punya anak. Manfaat dari olahraga yang bisa Anda dapatkan tentunya dengan menjaga kesuburan,  memelihara kesuburan dan juga mengontrol berat badan. Bagaimanapun juga, tentunya Anda tidak perlu melakukan olahraga secara berlebihan. Yang penting Anda melakukannya secara rutin dan juga teratur.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan, diantaranya:

Berjalan kaki

Berjalan kaki tentunya merupakan olahraga yang low impact, namun sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, berjalan kaki dapat dilakukan kapan saja dan juga dimana saja. Tentunya, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ini secara rutin setiap hari dengan cara mengelilingi kompleks atau berjalan-jalan di akhir pekan.

Berenang

Aktivitas olahraga ini kerap disebut sebagai cara yang paling efektif dalam menjaga kesuburan Anda. Olahraga ini tentunya banyak disukai oleh setiap orang karena dapat menggerakkan otot secara bebas. Renang sekilas seperti sedang main-main, namun sejatinya kta sedang melakukan olahraga.

Bersepeda

Olahraga yang satu ini memang sangat baik dalam melatih dan juga menggerakkan otot panggul. Selain itu, bersepeda menjadi cara untuk memperlancar peredaran darah serta dapat mengontrol berat badan. Namun, Anda perlu perhatikan untuk tidak terlalu berlama-lama bersepeda yang justru akan mengganggu kesuburan Anda.

Meditasi

Aktivitas olahraga yang satu ini tentunya tidak terlalu menguras energi. Seperti yoga yang banyak dilakukan oleh wanita karena menjadi salah satu aktivitas olahraga yang menenangkan pikiran, menjaga kebugaran tubuh dan juga menghilangkan stres. Dalam melakukan olahraga ini tentunya Anda bisa melakukannya dengan bantuan instruktur.

Hindari Stres

Stres memang menjadi salah satu masalah yang dapat membuat hidup seseorang menjadi tidak bergairah. Begitupula dengan orang yang tengah menjalankan program hamil. Stres menjadi gangguan yang sangat signifikan dalam menghambat program hamil. Hal ini dikarenakan seseorang yang sering stres akan memicu perubahan hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil. Bagaimanapun jugam stres bisa mempengaruhi fungsi hipotalamus yakni salah satu bagian di otak yang dapat memiliki peran dalam mengatur denyut jantung, tekanan darah, suhu tubuh, prilaku konsumsi dan juga mengatur emosi.

Jika Anda seseorang yang sering stres, maka tidak menutup kemungkinan Anda mengalami perubahan hormon yang tidak stabil yang nantinya berdampak pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika sudah terjadi, maka sangat sulit untuk Anda bisa mengetahui masa-masa subur setiap bulannya. Selain itu, jika wanita mengalami stres, maka akan berdampak pada kurangnya cairan serviks sehingga membuat vagina Anda tampak lebih kering.

Meskipun memang bisa mendapatkan kehamilan, namun peluang untuk mendapatkan kehamilan terbilang sangatlah kecil. Jikalau sudah hamil, stres tentunya memiliki pengaruh yang cukup buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari stres dan tetaplah santai dan juga rileks.

Menjaga dan juga menyiapkan hal-hal sebelum melakukan program hamil memang menjadi satu hal yang harus Anda lakukan. Ini tentunya berpengaruh pada tingkat keberhasilan kehamilan Anda. Itulah beberapa persiapan sebelum program hamil yang harus Anda perhatikan dan tentu menjadi poin yang harus Anda garisbawahi. Semoga bermanfaat!