Persiapan Fisik Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Kehamilan merupakan momen yang paling dinanti-nanti oleh setiap pasangan. Banyak pasangan yang melakukan program hamil agar kehamilan segera terwujud. Selain itu, banyak persiapan yang harus dilakukan agar cepat hamil, salah satunya yaitu persiapan fisik. Nah, berikut ini persiapan fisik agar cepat hamil yang dapat anda lakukan.

Persiapan Fisik Agar Cepat Hamil

Persiapan fisik bisa anda lakukan setidaknya tiga minggu sebelum anda mencoba hamil. Penting untuk menjaga kebugaran tubuh untuk membantu agar anda cepat hamil. Selain itu, keadaan tubuh yang sehat juga baik untuk perkembangan janin.

Persiapan Fisik Agar Cepat Hamil

Menjaga Nutrisi

Setiap wanita tentu ingin memiliki berat badan ideal. Itu sah-sah saja, namun anda juga tetap harus memperhatikan asupan nutrisi. Untuk meningkatkan sistem reproduksi agar cepat hamil anda bisa menerapkan pola makan seimbang dengan konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein dan produk susu. Jika ingin cepat hamil, anda juga bisa mengonsumsi beberapa zat gizi berikut ini:

Asam Folat

Asam folat harus dikonsumsi wanita usia subur sekitar 400 mcg asam folat dalam perhari. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari sayuran yang memiliki warna hijau gelap, kacang polong, jeruk dan sereal, serta roti yang sudah difortifikasi. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat.

Vitamin Prenatal

Anda bisa mencoba vitamin prenatal yang cocok dengan anda. Vitamin prenatal itu sendiri biasanya telah mengandung DHA yang diperlukan janin. Vitamin mungkin akan diresepkan dokter sesuai dengan kebutuhan anda.

Kalsium

Menurut ahli gizi menganjurkan untuk mengonsumsi kalsium sekitar 1.000 mg perhari jika ingin cepat hamil. Kalsium bisa didapatkan dari konsumsi makanan seperti sayuran berwarna hijau gelap, tahu, yogurt dan susu rendah lemak.

Cek Kondisi Fisik

Sebelum kehamilan, penting untuk setiap pasangan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik atau kesehatan yang dimaksud yaitu pemeriksaan variesella, rubella, penyakit menural seksual, penyakit turunan, organ reproduksi, , serta pemeriksaan yang memiliki kaitannya dengan kekurangan nutrisi. Apabila anda mengalami masalah kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas, maka sebelum anda hamil dibutuhkan waktu beberapa saat untuk penyembuhan. Apabila tidak dilakukan, anda mungkin akan mengalami masalah pada kehamilan anda.

Menjaga Berat Badan

Syarat agar kehamilan sehat salah satunya dengan menjaga berat badan agar tetap normal. Jika anda memiliki kekurangan atau kelebihan berat badan, maka anda memiliki risiko mengalami masalah pada kesuburan. Menjaga berat badan agar tetap normal akan membantu mengatasi gangguan hormonal yang bisa mengganggu siklus menstruasi, serta masa ovulasi.

Melakukan Olahraga Teratur

Selain membuat tubuh anda bugar, olahraga teratur akan membantu anda mewujudkan kehamilan sukses. Berdasarkan penelitian, melakukan olahraga dengan intensitas sedang akan mempercepat masa pembuahan. Hanya saja, di sisi lain penelitian menunjukan bahwa olahraga berat yang dilakukan dengan intens akan mengurangi kemungkinan terjadinya konsepsi. Mengenai olahraga yang tepat anda dapat melakukan konsultasi pada dokter.

Berhenti Merokok

Wanita yang merokok akan lebih sulit hamil jika dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Agar keinginan anda mendapatkan keturunan segera terwujud, penting untuk berhenti merokok.

Membatasi Konsumsi Kafein

Agar cepat hamil, anda harus mengurangi konsumsi kafein. Meskipun belum ada hubungan antara kesuburan dengan konsumsi kafein, namun berdasarkan penelitian konsumsi kafein akan menyebabkan masalah terhadap kesuburan atau bahkan keguguran setelah anda hamil. Selain itu, anda juga harus menghindari konsumsi alkohol. Penelitian mengaitkan konsumsi alkohol dengan masalah fertilitas.

Itulah beberapa persiapan fisik agar cepat hamil. Semoga bermanfaat.