Penyebab Susah Hamil Anak Kedua yang Penting Anda Ketahui

Diposting pada

Penyebab Susah Hamil Anak Kedua – Untuk sebagian pasangan, memiliki anak kedua tidak mudah seperti memiliki anak pertama. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, dan untuk mengatasinya tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Infertilitas sekunder yaitu suatu kondisi saat pasangan yang sudah mempunyai anak, namun belum berhasil lagi hamil meskipun sudah berusaha kurang lebih selama 1 tahun.  Nah, berikut ini beberapa hal yang menyebabkan anda dan pasangan susah memiliki anak kedua.

Penyebab Susah Hamil Anak Kedua

Baca juga : Tips Pola Hidup Sehat Supaya Cepat Hamil

Penyebab Susah Hamil Anak Kedua yang Penting Anda Ketahui

Mengetahui penyebab susah hamil anak kedua sangat penting sehingga anda bisa mencari solusi yang tepat sesuai penyebabnya. Adapun beberapa penyebab susah hamil anak kedua seperti berikut ini.

Kualitas Sperma

Susah hamil anak kedua bisa saja disebabkan karena masalah kesuburan pria. Apabila jumlah sperma sedikit dan geraknya lambat, maka proses terjadinya pembuahan akan menjadi terhambat. Salah satu hal yang dapat memicu kualitas sperma menjadi buruk yaitu karena kelelahan serta menerapkan gaya hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, agar keinginan anda dan pasangan cepat hamil lagi, anda sebaiknya melakukan pemeriksaan kualitas sperma.

Usia dan Tingkat Kesuburan

Selain karena kualitas sperma, susah hamil lagi anak kedua dapat disebabkan karena faktor usia dan tingkat kesuburan. Dimana tingkat kesuburan ini memiliki hubungan dengan usia pasangan suami istri. Meskipun begitu, bukan berarti kehamilan tidak akan terjadi walau usia anda dan pasangan memasuki 40 tahun. Kesuburan seorang wanita akan menurun saat usianya memasuki 35 tahun. Hal ini disebabkan karena hormon progesteron dan estrogen produksinya semakin menurun seiring dengan usia wanita yang semakin bertambah.

Kesempatan Berhubungan

Selain itu, penyebab susah hamil lagi anak kedua karena kurangnya waktu untuk berhubungan. Hal ini bisa saja disebabkan karena jadwal kerja suami atau anda yang terlalu sibuk.

Memiliki Berat Badan Berlebih

Apabila berat badan anda dan pasangan berlebih, bisa saja hal ini menjadi penyebab anda dan pasangan sulit hamil anak kedua. Pada wanita, kelebihan berat badan akan menyebabkan terganggunya respons sel tubuh pada insulin, serta menyebabkan meningkatkan kadar hormon testosteron. Dimana kondisi ini akan menyebabkan ovulasi terhambat.

Sedangkan berat badan yang berlebih pada pria akan membuat kadar estrogen meningkat dalam tubuh, efeknya jumlah sperma mengalami penurunan.

Gaya Hidup Anda atau Pasangan Kurang Sehat

Menerapkan gaya hidup yang kurang sehat, seperti mengonsumsi minuman alkohol, merokok akan dapat menyebabkan turunnya peluang hamil anak kedua. Hal ini disebabkan karena zat beracun pada rokok dan alkohol akan membuat tingkat kesuburan wanita menurun dan kualitas sperma pada pria akan menurun juga.

Menderita Penyakit PCOS

PCOS yaitu penyakit yang bisa menyebabkan terganggunya hormon wanita. Bisa saja kondisi ini menjadi penyebab anda sulit hamil lagi anak kedua. Penyakit ini biasanya akan ditandai dengan tidak teraturnya jadwal menstruasi. Oleh karena itu, jika jadwal menstruasi anda tidak teratur, sebaiknya anda memeriksakan kondisi anda pada dokter.

Tidak hanya itu, sulit hamil anak kedua juga dapat disebabkan karena anda memiliki riwayat keguguran, infeksi pada kandungan atau infeksi menular seksual.

Sulit memiliki anak kedua penyebabnya dapat bermacam-macam. Supaya anda tidak lebih lama untuk menunggu kehadiran anak kedua, alangkah lebih baik jika anda dan pasangan melakukan konsultasi pada dokter supaya penyebab pastinya diketahui dan anda mendapatkan penanganan yang tepat.