Penyebab Sulit Hamil yang Tidak Terduga

Diposting pada

Penyebab Sulit Hamil yang Tidak Terduga – Bagi pasangan yang sudah menikah, kehamilan tentu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga akan membuat keluarga lebih hangat dan bahagia.

Ada berbagai hal yang dapat mempengaruhi anda memiliki kehamilan, di antaranya yaitu faktor lingkungan dan gaya hidup. Untuk anda yang sedang berusaha hamil, tentu anda harus mengetahui apa saja yang harus dihindari dan diwaspadai.

Nah, berikut ini beberapa faktor yang akan menentukan kesuburan.

Penyebab Sulit Hamil

Baca juga : Tips Cepat Hamil

Penyebab Sulit Hamil yang Tidak Terduga

Beberapa faktor tidak terduga dapat menjadi penyebab anda sulit hamil. Sangat penting mengetahui apa saja penyebab sulit hamil yang tak terduga seperti berikut ini.

Berat Badan

Berat badan akan dapat mempengaruhi masa subur seorang wanita. Berat badan yang ideal akan dapat membuat ovulasi lancar sehingga kehamilan peluangnya akan meningkat.

Berat badan yang berlebih akan dapat menyebabkan tidak seimbangnya kadar hormon. Sehingga anda akan menjadi sulit hamil. Begitupun jika terlalu kurus, akan dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Apabila berat badan anda berada di bawah batas normal yang diukur dengan BMI, kekurangan hormon leptin akan anda alami. Ini merupakan hormon yang berperan untuk mengontrol rasa kenyang dan lapar. Rendahnya kadar leptin akan dapat membuat periode menstruasi terganggu.

Usia

Seiring bertambahnya usia, maka kualitas serta jumlah sel telur wanita akan mengalami penurunan. Dimulai saat usia 32 tahun, peluang seorang wanita untuk hamil akan dengan bertahap menurun. Di usia 35 tahun, kesuburan akan semakin mengalami penurunan, setiap bulannya kemungkinan hamil sekitar 20 persen. Saat usia 40 tahun, kesuburan akan menurun setengahnya. Setiap bulannya kemungkinan hamil yaitu 5 persen.

Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan ini juga akan dapat mempengaruhi kesuburan. Merokok diketahui akan dapat menyebabkan kasus ketidaksuburan menyeluruh sebanyak 13 persen. Merokok akan dapat menyebabkan indung telur menua, serta membuat pasokan telur pada tubuh habis. Sedangkan untuk pria, merokok akan dapat menyebabkan jumlah sperma menurun. Asap rokok mengandung zat berbahaya yang akan dapat membuat anda dan pasangan lebih sulit untuk mendapatkan kehamilan.

Stres

Stres dapat dialami oleh siapa saja dan bisa disebabkan karena berbagai hal. Stres akan dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Selain itu, stres juga tidak baik bagi anda yang sedang menjalankan program hamil. Berdasarkan sebuah penelitian, wanita dengan tingkat stres tinggi akan dapat menyebabkan sulit hamil.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola stres dengan baik bagi anda yang sedang merencanakan kehamilan. Dalam penelitian tersebut, para ahli menyarankan untuk pasangan yang sedang berusaha hamil melakukan meditasi atau latihan yoga. Kedua kegiatan ini akan dapat  membuat pikiran tenang serta mencegah stres.

Stres adalah hal yang wajar, akan tetapi jika dialami dengan berlebihan serta anda tidak dapat mengelola stres dengan baik akan dapat mengganggu kesehatan dan kesuburan.

Berolahraga dengan Keras

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan olahraga tubuh akan tetap bugar, penuh energi dan kuat. Hanya saja, jika olahraga dilakukan dengan berlebihan, maka akan berdampak untuk kesuburan.

Lihat juga : Penyakit yang Menyebabkan Sulit Hamil

Itulah beberapa penyebab sulit hamil yang tidak terduga. Semoga bermanfaat.