Tanpa Disadari, Inilah Beberapa Penyebab Sulit Hamil

Diposting pada

Bahagia dan terharu, itulah hal yang akan pasangan rasakan saat mendapatkan kehamilan. Kehamilan menjadi masa-masa yang paling ditungggu-tunggu oleh setiap pasangan. Hanya saja, terkadang beberapa pasangan sulit mendapatkan kehamilan.

Meskipun sudah melakukan program hamil dan mengikuti anjuran dokter tapi tidak hamil juga, apa sih penyebabnya? Diketahui ada beberapa penyebab sulit hamil yang tidak terduga. Ingin tahu apa saja? Yuk simak disini. ( Baca juga : Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Cepat Hamil )

Penyebab Sulit Hamil

Penyebab Sulit Hamil

Penyebab sulit hamil terkadang karena faktor yang tidak terduga. Jika anda dan pasangan tidak kunjung mendapatkan kehamilan, mungkin beberapa penyebab sulit hamil yang tidak terduga berikut ini menjadi faktornya. Apa saja itu? Yuk simak berikut ini.

Berat Badan

Tahukah anda? Berat badan ternyata dapat mempengaruhi masa subur seorang wanita. Untuk mengetahui berat badan ideal diukur dengan indeks massa tubuh atau BMI. Jika berat badan anda normal maka akan dapat memperlancar ovulasi sehingga peluang anda untuk hamil dapat meningkat.

Hanya saja, jika anda memiliki kelebihan berat badan akan membuat kadar hormon menjadi tidak seimbang. Akibatnya anda akan sulit untuk hamil.  Begitu pun jika anda terlalu kurus, maka kesuburan bisa terpengaruh. Apabila BMI berada di bawah batas normal, maka hormon leptin akan kurang, yakni hormon yang mengontrol perasaan kenyang dan rasa lapar. Jika kadar leptin rendah maka periode menstruasi akan terganggu. ( Lihat juga : 9 Penyebab Setelah Dua Tahun Menikah Belum Hamil )

Usia

Seiring bertambahnya usia kuantitas dan kualitas sel telur akan mengalami penurunan. Pada usia 32 tahun kemungkinan anda untuk hamil akan menurun dengan bertahap. Sedangkan di usia 35 tahun kesuburan anda akan semakin menurun, kemungkinan anda untuk hamil dalam setiap bulannya 20 persen. Saat usia 40 tahun kesuburan anda akan menurun setengahnya, bahkan anda memiliki kemungkinan hamil setiap bulannya sekitar 5 persen.

Melakukan Olahraga Terlalu Keras

Olahraga memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Olahraga akan membuat tubuh anda selalu bugar, penuh energi dan dapat membantu mempertahankan berat badan atau bahkan menjadikan anda lebih langsing. Melakukan olahraga memang disarankan, hanya saja dengan batasan normal. Pasalnya melakukan olahraga terlalu berat atau berlebihan justru tidak baik. Salah satu dampaknya akan berpengaruh terhadap kesuburan.

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa seorang wanita yang memiliki berat badan normal namun melakukan olahraga keras atau selama lebih dari 5 jam dalam seminggu maka akan lebih sulit hamil. Ini akan jelas terlihat pada perubahan siklus menstruasi. Nah, jika anda sering melakukan olahraga terlalu keras maka mulai sekarang anda dapat menguranginya. Anda pun dapat melakukan konsultasi pada dokter mengenai kesuburan maupun kesehatan anda.

Sering Mengantongi Ponsel

Mengantongi ponsel merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Namun sebenarnya keadaan ini tidaklah dibenarkan. Paparan ponsel akan mempengaruhi kualitas sperma sehingga akan menjadi lebih rendah. Ini disebabkan karena radiasi elektromagnetik radio frekuensi yang akan dapat merusak DNA, sehingga kemampuan sperma dalam membuahi sel telur akan rusak. Ponsel akan meningkatkan suhu testis sehingga akan menjadi lebih panas. Suhu yang panas akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas sperma. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari mengantongi ponsel. Mulai dari  sekarang anda bisa menyimpan ponsel di tas yang biasa anda bawa.

Merokok

Selain tidak baik untuk kesehatan, merokok juga tidak baik untuk kesuburan. Merokok akan menyebabkan indung telur menua, bahkan bisa menghabiskan pasokan telur pada tubuh wanita. Sedangkan untuk pria, merokok akan menurunkan jumlah sperma. Berbagai zat berbahaya terkandung dalam asap rokok yang akan membuat anda dan pasangan sulit mendapatkan kehamilan.

Stres

Stres akan berpengaruh pada kesehatan. Namun selain itu, stres juga akan mengganggu kesuburan. Berdasarkan penelitian seorang wanita yang memiliki tingkat stres tinggi akan lebih sulit hamil. Maka dari itu, agar kehamilan segera terwujud penting untuk mengelola stres.

Demikian beberapa penyebab sulit hamil yang tidak terduga. Semoga bermanfaat.