Penyakit yang Menyebabkan Sulit Hamil

Diposting pada

Penyakit yang Menyebabkan Sulit Hamil – Memiliki buah hati adalah hal yang paling dinantikan setelah menikah. Sehingga banyak pasangan yang merencanakan program hamil agar segera mendapatkan momongan. Hanya saja, untuk beberapa wanita, kehamilan lebih sulit seperti yang dibayangkan. Anda dan pasangan harus mengetahui apa penyebab anda dan pasangan sulit mendapatkan kehamilan sehingga bisa menemukan solusi yang tepat.

penyakit yang menyebabkan sulit hamil

Penyakit yang Menyebabkan Sulit Hamil

Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan sulit hamil. Berikut ini penyakit yang menyebabkan sulit hamil yang harus anda ketahui.

Endometriosis

Penyakit Endometriosis adalah penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Penyakit ini terjadi dimana jaringan lapisan dalam dinding rahim tumbuh pada luar rongga rahim. Kondisi ini mungkin salah satu yang menyebabkan wanita sulit hamil.

Berdasarkan penelitian menemukan ada kaitan antara kesuburan dengan penyakit yang satu ini. Jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim penyebabnya belum diketahui dengan pasti. Namun, ada faktor risiko yang memicu penyakit ini yaitu hormon estrogen. Tingginya hormon estrogen dapat membuat kondisi ini semakin parah. Karena itulah penyakit ini pada umumnya dialami oleh wanita yang usianya produktif.

Selain estrogen, ada beberapa faktor risiko yang diduga dapat memicu penyakit ini yakni sistem kekebalan tubuh, keturunan, lingkungan dan faktor adaptasi sel berdasarkan lingkungan organnya.

Fibroid

Fibroid merupakan tumor jinak yang tumbuhnya dalam rahim. Terbentuknya tumor ini yaitu dari sel yang membentuk otot dinding rahim. Secara medis penyakit ini disebut dengan myoma uterus atau leiomyoma. Sedangkan untuk penyebab pasti munculnya penyakit ini belum diketahui.

Oleh sebagian ahli mempercayai penyakit ini penyebabnya yaitu karena kelainan genetik, respon beberapa jaringan pada cedera, adanya kejanggalan pada sistem pembuluh darah, serta protein yang memiliki pengaruh terhadap tingkat perkembangbiakan sel.

Selain itu, riwayat keluarga juga menjadi salah satu faktornya. Penyakit ini tidak memiliki potensi kanker, namun ditemukan memiliki kontribusi terhadap masalah ketidaksuburan wanita 5 % sampai 10 %  dan dapat menyebabkan susah hamil.

Primary Ovary Insufficiency (POI)

Primary ovary insufficiency (POI) atau kegagalan prematur indung telur merupakan suatu kondisi dimana ovarium pada usia produktif berhenti memproduksi hormon, serta sel telur. Wanita yang memiliki kondisi ini biasanya tidak berovulasi dengan teratur atau bahkan tidak sama sekali. Tingkat hormonnya tidak normal karena ovarium mengalami masalah.

Wanita yang mengalami kondisi ini akan sulit untuk hamil. Akan tetapi berdasarkan penelitian sekitar 5% hingga 10% wanita dengan kondisi ini bisa hamil walaupun tidak dengan pengobatan medis.

Sindrom Polikistik Ovarium

Sindrom polikistik ovarium atau PCOS  adalah salah satu penyebab yang sering ditemukan pada wanita dengan masalah infertilitas. Sindrom polikistik ovarium adalah kondisi dimana keseimbangan hormonal pada wanita mengalami gangguan yang bisa mempengaruhi menstruasi dan membuat wanita sulit hamil.

Wanita yang mengalami kondisi ini kebanyakan pada ovariumnya terdapat kista kecil banyak, yakni folikel telur tidak berkembang. Penyebab pasti dari kondisi ini belum diketahui. Akan tetapi ada faktor-faktor yang berperan memicu kondisi ini, seperti kadar androgen atau hormon testosteron meningkat yang akan berpengaruh terhadap kemampuan indung telur berovulasi, faktor keturunan, peradangan ringan yang dapat merangsang ovarium dalam memproduksi androgen.

Baca juga : Mengenal Manfaat Vitamin E Untuk Kesuburan

Itulah penyakit yang dapat menyebabkan sulit hamil. Anda dapat menemui dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.