Ketahui Pengaruh Rokok Untuk Kesuburan Anda

Diposting pada

Ketahui Pengaruh Rokok Untuk Kesuburan Anda – Menjaga kesehatan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak sadar akan hal itu. Tidak sedikit orang yang masih melakukan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan, salah satunya merokok. Ada banyak efek buruk merokok untuk kesehatan, seperti penyakit jantung, masalah paru-paru, emfisema dan lain sebagainya. Bahkan rokok juga diketahui dapat mempengaruhi kesuburan.

Untuk anda dan pasangan yang sedang berencana hamil dan memiliki momongan, maka berhenti merokok adalah keputusan yang tepat. Yuk simak pengaruh rokok untuk kesuburan pada pembahasan di bawah ini.

Pengaruh Rokok Untuk Kesuburan

Merokok Akan Menyebabkan Ketidaksuburan

Dibandingkan orang yang tidak merokok, perokok biasanya cenderung mempunyai masalah kesuburan. Jika kebiasaan anda merokok sudah dilakukan sejak lama, atau anda terbiasa menghabiskan banyak rokok dalam setiap harinya, maka risiko anda mengalami gangguan kesuburan meningkat. Saat merokok, sekitar 700 zat kimia akan masuk ke tubuh anda. Lalu menyebar pada organ tubuh. Adapun masalah kesuburan yang umumnya ditemukan yaitu masalah ovulasi, gangguan terhadap organ reproduksi, masalah genetik, gangguan pada sel telur atau mengalami menopause dini, risiko kanker, serta gangguan pada janin dan keguguran.

Gangguan Kesuburan Pada Perokok Pasif

Apabila pasangan anda perokok, anda sebaiknya memberikan motivasi kepadanya untuk berhenti merokok. Ketika anda menjadi perokok pasif, maka itu sama saja anda mengisap zat kimia melalui asap rokok yang akan dapat berbahaya bagi kesehatan ataupun kesuburan anda. Menurut para ahli, bahaya bagi perokok pasif sama saja dengan perokok aktif. Selama beberapa hari saja terkena asap rokok, maka akan dapat berdampak buruk untuk kesehatan maupun kesuburan.

Risiko Gangguan Kehamilan dan Keguguran Meningkat

Perokok memiliki peluang lebih besar mengalami masalah kehamilan dan keguguran apabila dibandingkan orang tidak merokok. Yang dapat memberi dampak buruk tersebut yaitu zat beracun pada rokok. Selain itu, merokok juga akan dapat menyebabkan bayi prematur serta kehamilan ektopik.

Baca juga : Tips Pola Hidup Sehat Supaya Cepat Hamil

Dampak Merokok Untuk Kesuburan Pria

Penyakit kesuburan yang dapat dialami oleh pria yang merokok seperti masalah hormon, sperma jumlahnya menurun dan pergerakan sperma mengalami masalah, hingga mengalami disfungsi ereksi.

Jika anda sedang melakukan program hamil, namun pasangan anda adalah perokok, anda harus memberikan motivasi padanya untuk berhenti merokok supaya keinginan memiliki buah hati segara terwujud. Jika berhenti merokok semakin cepat, maka peluang anda hamil akan semakin besar.

Apa yang Harus Dilakukan?

Semua orang tahu merokok tidak baik untuk kesehatan. Demi menjaga kesehatan sangat penting untuk berhenti merokok. Bahkan untuk pasangan yang berencana hamil sebaiknya menghindari kebiasaan ini.

Setelah berhenti merokok, dibutuhkan waktu untuk membersihkan pengaruh buruk dari tubuh anda seperti racun dalam tubuh dan lain sebagainya. Anda bisa menunggu selama beberapa saat sampai tubuh kondisinya kembali siap untuk mencoba hamil lagi setelah anda dan pasangan memutuskan berhenti merokok.

Untuk beberapa orang, menghentikan kebiasaan merokok bukanlah hal yang mudah. Sehingga anda dan pasangan harus konsisten untuk melakukannya. Anda harus selalu ingat apa tujuan anda untuk berhenti merokok. Selain itu, sangat penting berkonsultasi dengan dokter agar program hamil yang anda jalankan berjalan lancar.