Ketahui Pengaruh Puasa Terhadap Kesuburan

Diposting pada

Salah satu manfaat yang didapatkan dengan melakukan puasa yaitu dapat mempercepat kehamilan. Program hamil akan sukses didukung dengan kondisi kesuburan pasangan suami istri. Semakin subur maka tingkat keberhasilan untuk mendapatkan keturunan semakin tinggi. Lantas benarkah puasa dapat mempengaruhi kesuburan? Yuk simak di bawah ini untuk mengetahui penjelasannya.

Pengaruh puasa terhadap kesuburan

Pengaruh Puasa Terhadap Kesuburan Wanita

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, bekerja sama Massachusetts General Hospital (MGH), menemukan dengan membatasi kalori yang dilakukan pada tikus betina dewasa hasilnya dapat mencegah kelainan pada kehamilan. Pada penelitian ini, para peneliti memantau tikus betina dua kelompok berusia 3 bulan hingga 1 tahun, dimana pada usia ini kesuburan dan sel telur kualitasnya pada tikus sedang berkurang.

Satu kelompok diberikan makanan sebanyak-banyaknya, sedangkan untuk kelompok lainnya asupan makanannya dibatasi selama 7 bulan. Lalu diberikan banyak makan saat penelitian menjelang berakhir.

Penelitian ini hasilnya, kelompok tikus yang diberikan makanan sebanyak-banyaknya atau bebas makan, jumlah sel telur yang dihasilkan ketika ovulasi mengalami penurunan. Sedangkan pada kelompok tikus yang asupan makanannya dibatasi, sel telur lebih mirip dengan sel telur tikus dewasa sehat di usia reproduksi.

Kemudian penelitian lainnya yang dilakukan pada monyet betina mendapatkan hasil yang sama. Jadi, puasa kemungkinan besar tidak akan mempengaruhi terhadap kesuburan wanita yang menjadi lebih buruk.

Penelitian menyatakan, puasa memiliki manfaat yang banyak, di antaranya yaitu dapat memperpanjang masa subur pada wanita, bahkan dapat membuat jumlah sel telur yang dihasilkan banyak. Hal ini terjadi karena asupan kalori pada tubuh berkurang saat puasa yang dapat mengurangi kadar gula yang akan dapat mempengaruhi hormon reproduksi. Sehingga siklus menstruasi serta produksi sel telur akan menjadi lancar.

Pengaruh Puasa Terhadap Kesuburan Pria

Melaksanakan puasa juga tidak akan berdampak buruk untuk kualitas sperma pria. Justru puasa bermanfaat untuk membuat fungsi organ reproduksi menjadi meningkat. Kadar asam, serta basa tubuh akan menjadi lebih seimbang ketika sedang puasa sehingga berbagai organ tubuh fungsinya akan meningkat.

Tidak adanya asupan makanan ketika puasa, maka berbagai jenis virus, bakteri, kuman serta sel yang berbahaya tidak bisa bertahan hidup. Puasa juga akan membuat pencernaan beristirahat, sehingga kotoran, racun maupun ampas yang dapat mempengaruhi kesehatan dapat disingkirkan. Dengan hal ini maka kualitas sperma akan menjadi meningkat.

Agar kualitas sperma dan kesehatan tubuh tetap terjaga, anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, serta memperbanyak konsumsi air putih setelah buka puasa ataupun ketika sahur. Selain itu, imbangi juga dengan waktu istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tips Agar Manfaat Puasa Untuk Kesuburan Menjadi Optimal

Agar manfaat puasa untuk kesuburan semakin terasa, penting untuk mengatur asupan makanan ketika buka puasa atau sahur.

Beberapa makanan untuk berbuka puasa ataupun sahur yang dapat membantu meningkatkan kesuburan pria di antaranya yaitu :

  • Kacang-kacangan, seperti kacang kenari dan kacang almon
  • Pisang
  • Telur
  • Tauge

Sedangkan makanan untuk buka puasa dan sahur yang dapat membantu kesuburan wanita di antaranya yaitu :

  • Ikan salmon
  • Tiram
  • Kacang almon
  • Biji bunga matahari

Baca juga : Ketahui Pantangan Makanan Agar Cepat Hamil

Melaksanakan puasa supaya cepat hamil memang sudah terbukti secara ilmiah. Untuk anda yang ingin segera memiliki keturunan, anda dapat melakukan ibadah ini dengan baik sambil diiringi dengan berdoa kepada Tuhan.