15 Pantangan Makanan Untuk Program Hamil Bayi Tabung

Diposting pada

Pantangan Makanan Untuk Program Hamil Bayi Tabung – Bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Hal ini bertujuan agar program hamil yang Anda jalankan dapat mencapai keberhasilan dengan mudah. Seperti halnya orang yang sedang menjalankan program hamil bayi tabung tentu terdapat beberapa pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Berikut kami sajikan beberapa pantangan makanan untuk program hamil bayi tabung yang wajib Anda hindari!

Program hamil bayi tabung memang menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang menginginkan keberhasilan sekitar 90%. Bagaimanapun juga, program hamil dengan bayi tabung memiliki tingkat keberhasilan yang lebih mudah dibandingkan dengan metode program hamil lainnya. Proses dalam program hamil bayi tabung memang dianjurkan bagi Anda yang merasa sangat sulit untuk mendapatkan kehamilan secara alami. Hal ini dikarenakan program hamil dengan bayi tabung daoat dikatakan sebagai program hamil yang senantiasa mencapai keberhasilan.

Selain diperuntukan bagi pasangan yang sulit untuk mendapatkan keturunan. Program hamil bayi tabung juga menjadi langkah yang kerap dilakukan oleh pasangan yang menginginkan bayi kembar. Hal ini dikarenakan sangat sulit untuk mendapatkan bayi kembar jika dilakukan secara alami. Program hamil ini dipilih dikarenakan banyak pasangan yang sudah membuktikannya dan mencapai keberhasilan sekitar 90%. Maka, tidak heran jika banyak pasangan yang melakukan teknik program hamil ini untuk mendapatkan keturunan.

Terlepas dari tingkat keberhasilan yang akan Anda dapatkan, amun ternyata ada beberapa pantangan yang harus dihindari. Seperti misalnya pantangan makanan untuk program hamil bayi tabung yang benar-benar harus Anda hindari. Lantas, makanan apa saja yang menjadi pantangan bagi program hamil bayi tabung? Yuk kita langsung simak saja berikut ini!

Baca juga: 10 Jamu Alami Penyubur Kandungan Bagi Program Hamil

Pantangan Makanan Untuk Program Hamil Bayi Tabung

pantangan makanan untuk program hamil bayi tabung

Makanan memang menjadi salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa dihindari. Setiap hari manusia membutuhkan yang namanya makanan sebagai nutrisi akan kebutuhan sehari-hari. Tentunya, dalam memilih makanan yang baik untuk tubuh diperlukan makanan yang mengandung gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun sebaliknya, makanan yang tidak baik akan dicerna oleh tubuh menjadi makanan yang tidak memiliki manfaat dan justru menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Begitupula dengan makanan bagi orang yang sedang menjalankan program hamil bayi tabung. Terdapat beberapa jenis makanan yang ternyata dilarang untuk dikonsumsi karena akan menyebabkan keberhasilan pada program hamil menjadi lebih sedikit. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil, tentu ada beberapa pantangan makanan untuk program hamil bayi tabung yang harus Anda hindari, diantaranya:

Lihat juga: Ketahuilah Fakta Program Hamil Dengan Kelapa Hijau Yang Sangat Ampuh

Keripik kemasan

Jenis makanan yang dilarang oleh orang yang sedang menjalankan program hamil yakni cemilan berupa keripik kemasan. Sebaiknya keripik kemasan tidak dulu Anda konsumsi saat sedang menjalankan program bayi tabung. Tentunya, banyak sekali jenis keripik kemasan seperti keripik singkong, kedelai, pisang dan juga jagung. Hal ini dikarenakan semua jenis keripik kemasan ini mengandung bahan pengawet, tinggi lemak dan juga mengandung minyak berlebih serta zat perasa yang dipercaya dapat mengganggu hormon dengan cepat. Tentu, Anda sudah mengetahui akan dampak dari penyedap rasa bagi ibu hamil yang tidak boleh diabaikan.

Makanan laut bakar

Bagi Anda calon ibu yang sedang menjalankan program bayi tabung, alangkah baiknya jika Anda berpuasa terlebih dahulu untuk tidak makan makanan laut bakar. Meskipun memang makanan laut kaya akan protein, namun jika dikonsumsi dengan cara dibakar justru sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan bakteri dan juga virus masuk ke dalam tubuh. Dampak yang mungkin dapat Anda rasakan yakni dapat menyebabkan gejala toxoplasma pada ibu hamil. Jika Anda menginginkan menu makanan laut, lebih baik sajikan dengan cara dikukus untuk sementara waktu.

Sayuran yang digoreng

Olahan makanan yang digoreng ternyata memiliki efek yang cukup signifikan bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil bayi tabung. Meskipun semua jenis sayuran baik untuk kesehatan, namun jika diolah dengan cara digoreng tentunya akan memiliki pengaruh yang buruk terhadap kesehatan. Sayuran yang digoreng tentunya tidak baik untuk kesuburan karena mengandung lemak trans yang menjadi bahan timbulnya radikal bebas. Efek yang mungkin bisa Anda rasakan yakni akan merusak sel telur yang sehat, namun dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat.

Kentang goreng

Kentang goreng memang menjadi makanan yang sangat diminati oleh hampir setiap orang. Di samping rasa yang sangat lezat, ternyata kentang goreng menjadi makanan yang wajib Anda hindari bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil. Hal ini dikarenakan kentang goreng dapat merusak sistem pankreassehingga dapat menyebabkan kadar gula darah naik dan juga meningkatkan kadar kebutuhan insulin di dalam tubuh. Kentang yang digoreng ternyata dapat memproduksi tingginya lemak trans sehingga dapat merusak kesuburan Anda. Inilah mengapa Anda sebaiknya menghindari kentang goreng karena termasuk ke dalam salah satu jenis junk food.

Makanan manis olahan

Pantangan makanan selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalankan program hamil yakni makanan manis olahan. Jenis makanan ini tentunya mengandung gula yang cukup tinggi. Tidak dapat dipungkiri bahwa kadar gula berlebih dapat menyebabkan proses bayi tabung gagal. Hal ini karena efeknya dapat menyebabkan berat badan ibu cenderung naik dengan sangat cepat. Inilah mengapa makanan manis olahan menjadi makanan yang benar-benar harus Anda hindari saat menjalankan program hamil dengan bayi tabung.

Jenis ikan bermerkuri

Ikan yang berasal dari laut memang sedikitnya mengandung merkuri yang cukup tinggi. Jenis ikan yang mengandung merkuri yang cukup tinggi tentunya dapat menyebabkan timbulnya racun di dalam tubuh. Beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri dengan jumlah yang sangat tinggi yakni ikan tuna, ikan todak dan juga kerang-kerangan. Sebagai gantinya, Anda dapat mengganti jenis ikan bermerkuri tinggi dengan mengonsumsi ikan salmon yang ada di perairan liar.

Donat

Siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini. Ya, donat seringkali digunakan sebagai cemilan yang sangat lezat terlebih dikonsumsi dengan teh hangat. Donat merupakan jenis kue yang terbuat dari tepung yang mengandung lemak trans. Selain itu, donat diproses dengan cara digoreng sehingga mengandung minyak yang cukup banyak di dalamnya. Donat tentunya dapat menyebabkan risiko terjadinya program hamil yang gagal dan justru akan merusak kesuburan  Anda. Terlebih jika Anda mengonsumsi donat secara berlebih, tidak heran jika Anda mengalami kenaikan berat badan dengan cepat. Untuk itu, bagi Anda penyuka donat, harus dihindari terlebih dahulu jika Anda kebetulan sedang menjalankan program hamil bayi tabung.

Makanan mengandung soda

Seperti yang kita tahu bahwa soda sebagai bahan yang kerap digunakan di dalam berbagai jenis makanan dan juga minuman soft drink. Namun, soda termasuk ke dalam jenis bahan yang dilarang bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil. Hal ini dikarenakan soda memiliki dampak yang sangat besar dikarenakan dapat menurunkan kesuburan dengan sangat cepat. Selain itu, soda juga dipercaya dapat meningkatkan proses peradangan serta perubahan sistem metabolisme tubuh manusia dengan sangat cepat. Selain itu, soda dapat merusak kesehatan sistem pencernaan dengan cepat. Maka, tidak heran pada orang yang sering mengonsumsi soda akan merasakan seperti sensasi perut yang panas dan juga terbakar.

Popcorn

Makanan yang terbuat dari jagung ini kerap menjadi idola terlebih saat Anda menonton bioskop. Seperti yang kita tahu bahwa popcorn merupakan menu olahan yang terbuat dari jagung dan diproses dengan minyak. Bagi ibu yang sedang menjalankan program hamil tentunya mengonsumsi popcorn dapat memberikan efek saat Anda mengonsumsi makanan yang digoreng. Selain itu, popcorn dapat menyebabkan resistensi insulin sehingga dapat menurunkan kesuburan dengan sangat cepat. Jika dikonsumsi secara berlebih tentunya akan menyebabkan gagalnya pertumbuhan embrio setelah proses bayi tabung dilakukan. Maka, tidak heran jika Anda sedang menjalankan program bayi tabung, banyak sekali jenis makanan dan juga minuman yang dilarang dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Produk susu

Susu memang mengandung protein yang cukup tinggi dan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, pada ibu yang sedang menjalankan program hamil, alangkah baiknya jika Anda menghindari konsumsi produk susu maupun susu rendak lemak. Hal ini dikarenakan semua produk susu mengandung androgen yakni hormon yang tertinggal saat lemak tersebut dihilangkan. Hal ini dikarenakan susu rendah lemak akan menyebabkan sel telur menjadi tidak sempurna serta dapat menggagalkan proses inseminasi buatan. Untuk itu, hindari konsumsi produk susu mulai saat ini juga.

Keju yang dipasteurisasi

Bagaimanapun juga, berbagai jenis makanan yang dipasteurisasi akan memiliki dampak yang cukup buruk untuk kesehatan tubuh. Alangkah baiknya semua jenis keju lunak yang dibuat dengan cara dipasteurisasi harus Anda hindari dan tidak boleh dikonsumsi. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan masih mengandung listeria yang cukup tinggi. Listeria di sini tentunya dapat menyebabkan terjadinya keguguran dikarenakan dapat menginfeksi embrio janin di dalam kandungan. Listeria juga dapat menyebabkan risiko infeksi yang cukup berbahaya bagi nyawa ibu.

Roti olahan

Bagi ibu yang sering mengonsumsi roti olahan, maka alangkah baiknya Anda menghindarinya sebisa mungkin. Roti olahan seperti pizza, burger dan juga lain sebagainya menjadi jenis junk food  yang sebaiknya Anda hindari. Hal ini dikarenakan di dalam bahan roti olahan mengandung tepung yang berkarbohidrat tinggi. Ditambah jika diolah dengan menggunakan gula, minyak, telur dan juga ragi akan menyebabkan gangguan pada kesehatan dan juga kesuburan Anda. Semua bahan yang berkalori tinggi tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia karena akan menyebabkan naiknya kadar gula dengan sangat cepat.

Olahan steak daging

Menu makanan yang satu ini sering kali Anda abaikan akan efek buruk yang terjadi pada tubuh. Seperti misalnya steak daging yang menjadi favorit setiap orang. Namun bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil bayi tabung, tentunya steak daging harus benar-benar Anda hindari. Terlebih jika steak daging belum matang sempurna justru akan membahayakan calon janin yang ada di dalam kandungan. Di dalam steak daging tentunya mengandung lemak trans yang cukup tinggi sehingga akan menyebabkan peningkatan berat badan Anda dengan sangat cepat.

Coklat

Dibalik rasanya yang manis dan juga lezat, ternyata coklat tidak diperkenankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalankan program hamil bayi tabung. Tidak hanya itu, coklat juga termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang mengandung kafein yang cukup tinggi. Tidak heran jika coklat dilarang untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalankan program hamil bayi tabung. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang ada di dalam coklat dapat berpotensi besar untuk merusak sel telur agar dapat matang dengan sempurna. Setelah itu, kafein akan merusak sistem hormon yang seimbang sehingga akan cukup sulit bagi wanita untuk mendapatkan kehamilan meskipun dengan proses bayi tabung. Dampak lainnya yakni coklat dapat memicu terjadinya diabetes pada wanita saat nantinya sedang hamil.

Kopi

Selain coklat, minuman yang mengandung kafein lainnya yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang program hamil yakni kopi. Sudah bukan rahasia umum lagi jika kopi menjadi salah satu jenis minuman yang tinggi akan kafein. Kopi memang menjadi jenis minuman yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh wanita selama menjalankan program bayi tabung. Jika Anda memaksakan diri untuk minum kopi selama menjalankan program bayi tabung tentunya akan kemungkinan besar program hamil yang Anda jalankan mendapatkan kegagalan. Seperti sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kopi dapat merusak sel telur yang sehat sehingga sangat besar kemungkinan menghambat proses bayi tabung.

Alkohol

Alkohol tentunya termasuk ke dalam jenis minuman yang dilarang bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil bayi tabung. Semua jenis minuman yang mengandung alkohol memang tidaklah baik untuk kesehatan terlebih bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau alkohol termasuk ke dalam jenis minuman yang dapat mengganggu proses ovulasi. Jika kondisi ini terjadi, maka cukup sulit bagi Anda untuk mendapatkan sel telur yang sehat. Jika Anda sudah mendapatkan kehamilan, maka alkohol dapat menyebabkan risiko terjadinya kelahiran prematur atau keguguran yang berulang.

Telur setengah matang

Telur setengah matang memang memiliki rasa yang sangat lezat. Tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi telur setengah matang demi mendapatkan cita rasa yang lezat. Namun, bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil tentu telur setengah matang bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda konsumsi. Hal ini dikarenakan telur setengah matang berpotensi besar mengandung listeria dan juga salmonella yang dapat menyebabkan keracunan. Kondisi tubuh ibu tentunya dapat menurun dengan sangat cepat sehingga adanya kemungkinan Anda gagal untuk mendapatkan kehamilan.

Ikan makarel

Jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalankan program hamil bayi tabung yakni ikan makarel. Ikan ini memang mengandung merkuri yang sangat tinggi sehingga dapat mengganggu kesehatan sel telur dan juga embrio. Seperti yang kita tahu bahwa merkuri dapat merusak hormon dan juga kesuburan di dalam tubuh sehingga kesehatan ibu tidak stabil. Jika Anda sering mengonsumsi ikan makarel dan berhasil hamil, maka kemungkinan besar akan merugikan kesehatan bayi Anda saat dilahirkan.

Menjaga asupan makanan yang bergizi dan juga bernutrisi serta menghindari berbagai pantangan makanan untuk program hamil bayi tabung. Tentu, menjadi hal yang benar-benar harus Anda lakukan. Demikianlah beberapa pantangan makanan untuk program hamil bayi tabung yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat!