Ketahui Pantangan Makanan Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Jika anda ingin cepat hamil, makanan menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Seperti yang kita ketahui, beberapa makanan dapat membantu program hamil supaya cepat hamil. Namun, beberapa makanan tertentu justru akan menghambat kehamilan. Maka dari itu, jika anda ingin segera hamil hindari makanan tersebut. Nah, berikut ini pantangan makanan agar cepat hamil.

Pantangan Makanan Agar Cepat Hamil

Agar cepat hamil, memperhatikan makanan dan gaya hidup sehat harus anda lakukan. Jika anda memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan ini, maka sekarang anda bisa menghindari pantangan makanan agar cepat hamil ini. ( Baca  juga : Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami Agar Cepat Hamil )

pantangan makanan agar cepat hamil

Makanan Kemasan

Makanan maupun minuman kemasan biasanya dikemas dengan menggunakan tempat yang terbuat dari plastik atau kaleng. Dalam beberapa wadah plastik seperti wadah makanan, botol air, serta lapisan kaleng alumunium terkandung BPA. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa paparan BPA yang tinggi dari wadah minuman atau makanan kemasan dapat mengganggu kesuburan, baik wanita maupun pria. Bahan kimia yang satu ini dapat mengganggu kesuburan dengan cara menurunkan jumlah sperma, serta sel telur sehat. Oleh karena itu, sebisa mungkin anda menghindari paparan BPA dengan cara menghindari membeli makanan maupun minuman kemasan.

Ikan yang Tinggi Merkuri

Ikan tinggi merkuri merupakan salah satu pantangan makanan yang harus dihindari jika ingin segera hamil. Makan ikan sebanyak dua kali dalam seminggu memang baik dan dianjurkan untuk kesehatan. Hanya saja, bukan berarti semua jenis ikan baik dikonsumsi. Ada beberapa jenis ikan yang tinggi akan kandungan merkuri daripada jenis ikan lainnya. Beberapa di antaranya yaitu todak (swordfish), ikan marlin, tilefish, king mackerel, serta tuna mata besar.

Merkuri merupakan unsur alami yang dapat ditemukan pada air laut. Oleh karena itu, ikan yang mengandung merkuri tinggi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Berdasarkan penelitian, membuktikan tingginya kadar merkuri dalam darah akan menyebabkan menurunnya kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Selain itu, merkuri  akan berada dalam tubuh selama setahun lebih yang akan membahayakan otak, serta sistem saraf janin yang anda kandung. Agar cepat hamil anda bisa menghindari ikan yang mengandung merkuri.

Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Lemak trans merupakan lemak yang tidak baik untuk kesehatan. Lemak ini akan meningkatkan kadar kolesterol jahat lebih cepat. Kadar kolesterol yang tinggi menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Bagi perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, lemak trans akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan ovulasi, sehingga pada akhirnya akan menyebabkan masalah kesuburan. Tidak hanya itu saja, sensitivitas insulin akan turun yang diakibatkan karena lemak trans. ( Lihat juga : Persiapan Fisik Agar Cepat Hamil )

Lemak trans itu sendiri biasanya terdapat dalam minyak sayur terhidrogenasi, yang merupakan minyak yang biasanya digunakan untuk menggoreng. Makanan yang diolah dengan cara digoreng tentu akan tinggi kandungan lemak trans. Selain itu, makanan yang mengandung lemak trans yaitu makanan cepat saji. Makanan tersebut penting dihindari agar keinginan untuk segera hamil dapat terwujud.

Selain beberapa makanan di atas, anda juga harus menghindari beberapa minuman seperti berikut ini.

  • Minuman Beralkohol. Jika anda ingin segera hamil, maka sebaiknya hentikan kebiasaan minum minuman beralkohol. Minuman beralkohol akan menyebabkan masalah kesuburan.
  • Kafein. Kurangi porsi minum minuman kafein jika anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan. Kafein memiliki dampak negatif terhadap masalah kesuburan, serta akan meningkatkan risiko keguguran.

Itulah beberapa pantangan makanan agar cepat hamil yang harus anda hindari agar keinginan cepat hamil dan memiliki anak dapat segera terwujud.