Meningkatkan Kesuburan Dengan Makanan Tinggi Likopen

Diposting pada

Meningkatkan Kesuburan Pria Dengan Makanan Tinggi Likopen – Kesuburan pria memang kerap kali terganggu oleh beberapa hal yang mungkin sangat berpengaruh. Jika kesuburan pria tergangngu, maka dapat dipastikan bahwa peluang untuk mendapatkan kehamilan akan semakin sulit. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mencari cara meningkatkan kesuburan pria dengan makanan tinggi likopen. Lantas, apa saja makanan yang tinggi akan likopen ini?

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali pasangan yang sudah lama menikah belum juga dikarunia seorang anak. Hal ini tentunya dapat pula disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin tidak banyak pria menyadarinya. Padahal beberapa kebiasaan atau keadaan tertentu sangat mempengaruhi tingkat kesuburan pada pria. Banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan tingkat kesuburan pria menjadi terganggu baik eksternal maupun internal.

Fakta menyebutkan bahwa setidaknya sekitar 30% kasus sulit hamil dipengaruhi oleh masalah kesuburan pada pria. Seperti pada usia produktif pria yang sulit hamil dimana radikal bebas dan juga makanan yang tidak sehat bisa menghambat tingkat kesuburan pria. Selain itu, pria yang bekerja di luar ruangan akan cenderung terkena polusi yang dapat merusak kualitas sel sperma.

Terlepas dari hal tersebut tentunya banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan pada pria, yakni salah satunya dengan makanan. Beberapa jenis makanan yang tinggi likopen tentu dapat menjadi alternatif untuk mengatasi gangguan kesuburan pada pria. Baca juga: Cara Mendeteksi Masa Subur Wanita Menurut Dr Boyke

Meningkatkan Kesuburan Pria Dengan Makanan Tinggi Likopen

meningkatkan kesuburan dengan makanan tinggi likopen

Meningkatkan kesuburan pria dapat pula dilakukan dengan cara yang mudah. Salah satu cara yang dapat Anda tempuh ialah dengan mengonsumsi makanan yang tingi akan likopen. Pada umumnya, makanan tersebut tentunya dipercaya dapat memberikan dampak yang baik bagi pria yang mengalami gangguan akan kesuburannya.

Hubungan antara makanan yang tinggi likopen dengan tingkat kesuburan pria tentunya telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir. Pada awalnya, penelitian ini dilakukan untuk menemukan berbagai macam penangkal radikal bebas. Penelitian ini menemukan hasil bahwa sejumlah makanan tertentu sangat bermanfaat sebagai zat antioksidan yakni zat likopen yang terdapat pada beberapa makanan. Perlu Anda tahu bahwa zat likopen ini menjadi salah satu pembentuk karotenoid yang dikenal sebagai pigmen untuk memberi warna yang cerah pada buah dan juga sayuran.

Likopen ini bekerja di dalam tubuh melalui sistem pencernaan sekitar 20-30% yang masuk ke dalam tubuh yang kemudian tersebar ke beberapa bagian tubuh lainnya. Bagian tubuh yang paling banyak mendapatkan likopen ialah testis yaitu suatu tempat dimana sel sperma diproduksi.  Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang tinggi akan likopen memang sangat dibutuhkan dalam hal ini. Lihat juga: 10 Persiapan Sebelum Proram Hamil Yang Wajib Anda Lakukan

Makanan dan Lingkungan Merusak Sperma Pria

Seperti yang kita tahu bahwa sel sperma membutuhkan waktu sekitar 75 hari untuk tumbuh dan berkembang dengan matang. Dalam proses ini tentunya ada beberapa faktor pendukung dan juga faktor penghambat yang bisa mempengaruhi kematangan sel sperma. Beberapa faktor penting yang harus Anda perhatikan diantaranya bentuk sperma, jumlah sperma dan juga gerakan sperma. Jika ketiga faktor tersebut atau salah satu faktor tersebut terganggu, maka dapat dipastikan kualitas sel sperma dan juga kesuburan pria menjadi sangat terganggu.

Beberapa hal yang tentunya dapat menghambat kesuburan pria yakni radikal bebas dan juga makanan yang tidak sehat yang banyak dikonsumsi oleh sebagian besar pria. Selain itu, lingkungan dimana pria itu berada memang menjadi faktor yang cukup penting dimana lingkungan ternyata dapat merusak kualitas dan juga kuantitas sel sperma. Mungkin banyak pria yang mengira bahwa tempat yang ia kunjungi sehari-hari menjadi lingkungan yang tidak baik bagi kesehatan dan juga kualitas sel sperma. Seperti halnya pria yang bekerja di sebuah tempat dengan paparan zat kimia berbahaya berpeluang besar mengalami gangguan kesuburan baik kualitas dan juga kuantitas sel sperma.

Faktor Perusak Sel Sperma

Kerusakan sel sperma yang timbul akibat radikal bebas tentunya sangat mengganggu komposisi protein, DNA dan juga membran lemak yang ada di dalam sel sperma tersebut. Jika kondisi ini terjadi tentunya akan terjadi bentuk sperma dan juga pergerakan sel sperma yang terganggu. Paparan radikal bebas yang banyak dialami oleh sebagian besar pria tentunya akan mengakibatkan usia sel sperma yang hidup menjadi sangat singkat. Padahal jika lihat lebih lanjut, sel sperma tentunya harus memiliki bentuk yang kuat, sempurna dan juga bisa berenang dengan sangat kuat untuk mencapai sel telur di dalam rahim wanita.

Dengan kondisi sel sperma yang terganggu sangat kecil kemungkinan untuk dapat mencapai sel telur dengan sangat cepat dan juga sangat mudah. Memang sangat penting bagi kita untuk mengetahui beberapa faktor pendukung dan juga faktor penghambat agar tingkat kesuburan sel sperma kita tetap terjaga. Hal ini tentunya berkaitan dengan bagaimana pasangan yang sudah lama menikah ingin memiliki keturunan dengan jalan yang mudah.

Daftar Makanan Yang Tinggi Likopen

Seperti yang sudah kami jelaskan pada poin di atas bahwa sel sperma dapat rusak dan terganggu dengan beberapa faktor tertentu. Untuk itu, saatnya kita mencari cara dan juga alternatif yang dapat mendukung kita untuk mengatasi hal tersebut. Seperti halnya makanan yang ternyata dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas dan juga kuantitas sel sperma.

Hal ini tentunya telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dimana makanan yang tinggi likopen dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Dalam hal ini likopen ialah senyawa yang diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan. Untuk itu, setiap manusia terutama pria harus banyak mengonsumsi makanan yang tinggi akan likopen karena tubuh tidak mampu memproduksinya. Senyawa ini memang terbilang sangat murah dan juga mudah untuk kita dapatkan karena beberapa makanan tersebut sering kita temui sehari-hari.

Likopen tentunya banyak terdapat pada sayuran dan juga buah-buahan dengan warna yang cerah. Bagi Anda yang tidak menyukai buah dan juga sayur tentunya harus berpikir ulang untuk tetap mengonsumsinya. Terlebih bagi Anda yang saat ini tengah mendambakan hadirnya seorang anak di hidup Anda. Berikut ini beberapa sayuran dan juga buah yang tinggi akan kandungan likopen, diantaranya:

Jambu biji

Buah pertama  yang tercacat memiliki kandungan likopen yang tinggi ialah jambu biji. Jambu biji memang kaya akan vitamin C yang sangat tinggi dan terbukti sebagai sumber vitamin C yang paling banyak. Jambu biji juga kerap digunakan sebagai obat pada penderita demam berdarah. Parimin (2007) mengatakan bahwa pada sekitar 100 gram jambu biji yang sudah matang mengandung 12,2 gr karbohidrat, 0,9 protein, 1,1 mg zat besi, 0,3 gr lemak, 28 mg fosfor, 86 gr air, 14 mg kalsum dengan total kalori mencapai 49 kalori.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah jambu tercacat sekitar 49 mg per 100 gr jambu biji. Untuk kandungan vitamin C optimum ada pada jambu biji yang sudah matang. Jambu biji juga kaya akan likopen yakni senyawa karotenoid sebagai pigmen yang paling penting yang ada pada tumbuhan dengan warna merah. Jambu biji juga mempunyai aktivitas antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Likopen yang ada di dalam buah jambu biji ini tentunya dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan dan juga jenis penyakit tertentu termasuk kanker.

Untuk kandungan likopen yang ada di dalam buah jambu biji terbilang sangat melimpah yaitu 5.200 mg per 100 gr. Buah jambu biji ini tentunya menempati peringkat kedua setelah buah tomat. Dalam hal ini likopen juga termasuk ke dalam salah satu senyawa fitokimia atau fitonutrien yang memiliki manfaat  yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Tomat

Buah pertama yang tercacat sebagai buah yang paling banyak mengandung likopen ialah buah tomat setelah buah semangka. Di dalam buah tomat mengandung likopen setidaknya lebih dari 3.000 mg. Buah tomat tentunya mengandung sumber likopen yang sangat tinggi. Buah yang berwarna merah ini memiliki kandungan likopen yang lebih tinggi dari buah jambu biji. Untuk kandungan likopen di dalam buah tomat ditentukan oleh kondisi lingkungan terutama suhu dan juga cahaya serta potensi genetiknya.

Dalam mengonsumsi buah tomat alangkah baiknya jika dikonsumsi secara mentah karena kandungan likopen di dalam buah tomat tidak mudah hilang akibat suhu panas. Jika dimasak terlebih dahulu, maka kandungan likopen yang terdapat di dalam buah tomat akan larut di dalam air ataupun minyak. Sedangkan untuk tekstur buah tomat, Anda tentunya harus memilih tekstur yang renyah atau crunchyserta tidak terlalu lembek.

Selain meningkatkan kesuburan sel sperma, likopen yang terdapat di dalam buah tomat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan beberapa organ tubuh manusia diantaranya paru-paru, hati, kelenjar adrenal, kulit, prostat dan juga warna darah. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi tomat yang mentah dan juga segar untuk meningkatkan kualitas dan juga kuantitas sel sperma.

Semangka

Buah selanjutnya yang tinggi akan kandungan likopen ialah buah semangka. Warna merah yang terdapat di dalam buah semangka tentunya menandakan akan tingginya kandungan kadar likopen. Selain memiliki rasa yang manis, semangka juga memiliki segudang vitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan libido dan juga menangkal kanker. Sehingga tidak heran jika buah semangka menjadi salah satu buah yang bisa meningkatkan kualitas dan juga kuantitas sel sperma.

Di dalam buah semangka setidaknya mengandung likopen sebanyak 4.100 mg per 100 gram buah semangka. Hal ini juga dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh All India Institute of Sciences New Delhi pada sebanyak 30 orang pria yang tidak subur dengan usia 23-45 tahun. Penelitian ini tentunya dilakukan dengan memberi para pria tersebut dengan 20 mg likopen selama dua kali dalam sehari selama 3 bulan. Dalam proses pemberian likopen tersebut menunjukkan bahwa jumlah sel sperma mereka meningkat baik kualitas, bentuk dan juga pergerakan sel sperma. Dari sekitar 30 responden tersebut dinyatakan berhasil dalam menghamili istrinya.

Selain itu, antioksidan yang terdapat di dalam semangka memang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengikat radikal bebas yang tentu sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Seperti yang kita tahu bahwa radikal bebas memiliki dampak yang cukup buruk terhadap kesehatan sel sperma pria. Untuk itu, tidak ada alasan lagi bagi Anda yang ingin memiliki keturunan untuk tidak mengonsumsi semangka secara rutin.

Buah Aprikot

Mungkin banyak orang yang belum mengenal akan buah yang satu ini. Hal ini dikarenakan jarang orang yang mengonsumsi buah yang satu ini. Buah aprikot ini tentunya dapat dikonsumsi secara langsung atau dikeringkan terlebih dahulu. Buah aprikot juga dapat diolah menjadi selai, jus dan juga jelly Selain memiliki rasa yang enak, buah aprikot juga kaya akan kandungan likopen yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kesuburan pada pria.

Selain dapat meningkatkan kesuburan pria, buah aprikot juga memiliki fungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, mengobati anemia, melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan kulit, baik untuk mengobati demam, mencegah sel kanker dan juga penyakit jantung serta baik untuk menyehatkan mata. Dalam mengonsumsi buah aprikot ini tentunya Anda harus menghindari untuk tidak mengonsumsi bijinya karena mengandung unsur kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Jeruk Bali

Jeruk bali terkenal dengan sebutan jeruk besar atau pamelo. Tumbuhan jeruk ini tentunya mampu beradaptasi dengan sangat baik terutama pada daerah kering dan juga sangat tahan terhadap penyakit CVPD. Bagi Anda yang menyukai jenis jeruk ini tentunya pilihan yang cukup cerdas dimana jeruk bali ini memiliki kandungan yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Ternyata di dalam jeruk bali terdapat kandungan likopen yang cukup banyak. Pada per 100 gram jeruk bali terdapat sekitar 350 mg sehingga jumlah yang cukup untuk tubuh kita. Jika kandungan likopen tersebut bersinergi dengan vitamin A, maka likopen tersebut akan berperan sebagai antioksidan. Selain kandungan likopen, jeruk bali juga mengandung senyawa pektin, kalium, zat aktif pembersih darah dan juga vitamin C.

Wortel

Wortel termasuk ke dalam sayuran yang terkenal dengan kandungan vitamin A yang sangat banyak. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan mineral dan juga beta karoten. Wortel juga mengandung senyawa antioksidan yang lebih banyak ketika dimasak. Seperti sebuah penelitian yang telah dibuktikan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menyatakan bahwa wortel yang direbus, dikukus atau ditumis memiliki kandungan yang cukup tinggi akan polifenol, glucosinolat, vitamin C dan juga karotenoid.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa antioksidan bisa meningkat sekitar 14% lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran mentah. Namun, berbeda jika wortel tersebut digoreng justru akan menurunkan antioksidan karena dipengaruhi minyak meskipun pada awalnya memang tinggi.

Brokoli

Sayur hijau yang memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang sangat banyak ini tentu sangat baik untuk dikonsumsi. Berbeda dengan buah tomat, sayuran memang lebih baik untuk dikonsumsi dalam keadaan yang matang karena kandungannya akan leih banyak dibandingkan dengan makanan mentah. Brokoli juga terkenal dengan sayur detoks dimana dapat meluluhkan racun yang ada di dalam tubuh.

Penelitian juga menemukan bahwa brokoli yang mengandung senyawa tocopherol, lutein, polifenol, karotenoid dan glucosinolat dapat menurunkan inflamasi pada pembuluh darah. Jika dikonsumsi secara rutin, maka dapat menurunkan kemungkinan penyebab kanker. Sedangkan menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, brokoli yang direbus dan juga dikukus terbukti dapat meningkatkan lutein dan juga karotenoid.

Menjaga asupan makanan dan juga minuman yang mengandung banyak gizi dan juga nutrisi tentunya sangat penting bagi Anda. Seperti halnya kandungan likopen yang terdapat di dalam beberapa buah dan juga sayur. Demikianlah cara untuk meningkatkan kesuburan dengan makanan tinggi likopen. Semoga bermanfaat!