Mengenal Manfaat Vitamin E Untuk Kesuburan

Diposting pada

Manfaat Vitamin E Untuk Kesuburan – Selama ini kita mengenal manfaat vitamin E untuk merawat kecantikan kulit, serta mengatasi berbagai masalah kulit. Namun, selain itu vitamin E juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Vitamin E menjadi salah satu nutrisi penting yang dapat menunjang kinerja banyak organ tubuh. Selain itu, vitamin E juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang akan memperlambat kerusakan sel-sel tubuh. Bahkan vitamin E diketahui memiliki manfaat untuk kesuburan, baik untuk wanita maupun pria.

Nutrisi yang baik seperti mineral dan vitamin menjadi kunci agar pasangan cepat hamil. Salah satu vitamin yang dapat membantu pasangan agar cepat hamil yaitu vitamin E. Berikut ini manfaat vitamin E untuk kesuburan wanita dan pria yang dapat anda simak. ( Baca juga : Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami Agar Cepat Hamil )

Manfaat vitamin E untuk kesuburan

Manfaat Vitamin E Untuk Kesuburan Wanita

Berdasarkan penelitian, vitamin E dapat membantu wanita yang memiliki masalah dinding rahim yang tipis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2012 , para ahli menemukan bahwa vitamin E akan dapat memicu penebalan dinding rahim.

Ketebalan dinding rahim yang ideal penting untuk pembuahan, serta kehamilan . Agar tumbuh menjadi janin, embrio harus menempel pada dinding rahim dengan erat. Oleh karena itu, jika perempuan memiliki dinding rahim yang tipis maka akan menurunkan peluang terbentuknya janin.

Vitamin E diketahui baik untuk kesehatan rahim. Berdasarkan para ahli, dalam tubuh vitamin E memiliki tugas sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu melindungi sistem reproduksi dari radikal bebas, maupun kerusakan sel yang akan menipiskan dinding rahim.

Vitamin E juga memiliki fungsi sebagai antioksidan alami. Antikoagulan dapat membantu anda dalam mengencerkan darah yang membeku di area panggul, serta rahim wanita. Efeknya peredaran darah pada rahim akan menjadi lancar. Jika peredaran darah lancar, maka dapat memicu meningkatnya ketebalan dinding rahim.

Manfaat Vitamin E Untuk Kesuburan Pria

Selain baik untuk meningkatkan kesuburan wanita, vitamin E juga baik untuk kesuburan pria. Berdasarkan studi  International Journal of General Medicine tahun 2011 menemukan bahwa kombinasi antara vitamin E, serta mineral yang bernama selenium dapat meningkatkan kualitas sperma pria. Dalam penelitian ini, para ahli mengamati pria yang mendapatkan selenium dan asupan vitamin E memiliki pergerakan sperma dan bentuk yang lebih baik.

Penelitian ini menemukan sebanyak 10,8 % peserta yang terlibat dalam penelitian, setelah mendapatkan kombinasi vitamin E dan selenium sukses melakukan pembuahan. Oleh karena itu, vitamin E memiliki manfaat yang baik dalam meningkatkan kesuburan pria yang memiliki masalah pada kualitas spermanya. ( Lihat juga : Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Cepat Hamil )

Bagaimana Cara Agar Cepat Hamil?

Supaya cepat hamil anda dapat meningkatkan asupan vitamin E alami . Anda bisa mendapatkan vitamin dari sumber makanan berupa biji-bijian seperti bija bunga matahari. Selain itu, anda bisa mendapatkan asupan vitamin E dari bayam, mangga, kacang almond, dan alpukat.

Jika anda akan mengonsumsi vitamin E, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Pasalnya, suplemen tidak bisa diminum tanpa ada pengawasan dari dokter, terlebih lagi jika anda sedang menjalankan program hamil. Selain menambah asupan vitamin E, anda dan pasangan disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat agar cepat hamil. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang biasa anda lakukan seperti merokok, minum minuman beralkohol dan lain sebagainya.

Demikian manfaat vitamin E untuk kesuburan, baik kesuburan wanita maupun kesuburan pria. Semoga bermanfaat.