Manfaat Asam Folat Untuk Program Hamil yang Penting Diketahui

Diposting pada

Manfaat Asam Folat Untuk Program Hamil – Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting untuk tubuh. Nutrisi yang satu ini juga dibutuhkan bagi pasangan yang berencana mempunyai momongan. Selain dapat membantu kesuburan, asam folat juga akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, asam folat juga memiliki beberapa manfaat baik lainnya seperti berikut ini.

Manfaat Asam Folat Untuk Program Hamil

Manfaat Asam Folat Untuk Program Hamil yang Penting Diketahui

Apa saja manfaat asam folat untuk program hamil? Dengan mencukupi kebutuhan asam folat, anda akan mendapatkan manfaatnya seperti berikut ini.

Membantu Meningkatkan Kesuburan

Manfaat asam folat yang pertama yaitu membantu meningkatkan kesuburan, baik pada pria ataupun wanita. Untuk wanita,asam folat bermanfaat untuk memelihara kesehatan serta fungsi ovarium, mendukung pembuahan serta pembentukan bakal janin dan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kandungan.

Sedangkan untuk pria, kandungan nutrisi dan antioksidan seperti protein, asam folat dan zinc, dapat membantu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma sehingga peluang pembuahan  akan meningkat. 

Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Supaya janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, diperlukan asupan nutrisi yang baik. Dimana salah satu nutrisi penting dan dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang janin yaitu asam folat. Asam folat bermanfaat untuk pembentukan jaringan, serta organ tubuh si kecil dan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah atau cacat risikonya akan berkurang.

Mengurangi Risiko Keguguran dan Kelahiran Prematur

Ibu hamil dengan kondisi kandungan yang sehat, risiko mengalami keguguran serta persalinan prematur lebih rendah. Agar kandungan sehat,  ibu hamil harus memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan saat hamil, tidak terkecuali asam folat. Dimana asupan nutrisi yang dibutuhkan tersebut bisa dimulai sejak program hamil supaya nanti nutrisi pada tubuh ibu menjadi lebih tercukupi ketika mengandung. (Artikel menarik lainnya : Tips Mengatur Pola Makan Agar Cepat Hamil )

Mengurangi Risiko Preeklampsia

Komplikasi kehamilan yang cukup banyak terjadi yaitu preeklamsia. Kondisi ini akan menyebabkan ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi, jumlah protein dalam urine meningkat dan pembengkakan. Apabila kondisi ini tidak ditangani dengan segera, maka akan dapat membahayakan ibu maupun janin yang dikandung.

Penyebab preeklamsia hingga saat ini belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi, penelitian menunjukan bahwa kurangnya nutrisi, termasuk asam folat menjadi salah satu faktor yang akan dapat menyebabkan risiko ibu hamil mengalami masalah preeklamsia meningkat. Sehingga sangat penting bagi ibu hamil ataupun wanita yang berencana melakukan program hamil mencukupi asam folat supaya terhindar dari masalah kesehatan ini.

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Asam folat memiliki peran penting bagi perkembangan janin, serta akan menurunkan risiko bayi lahir cacat. Penelitian membuktikan, ibu hamil dengan asupan asam folat yang terpenuhi mempunyai risiko lebih kecil melahirkan bayi cacat bawaan lahir.

Makanan Sumber Asam Folat

Ada beberapa jenis makanan sumber asam folat yang bisa anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan asam folat seperti berikut ini:

  • Makanan laut
  • Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kubis, brussel dan asparagus
  • Aneka buah-buahan seperti alpukat, jeruk, pisang dan pepaya
  • Biji-bijian seperti sereal dan gandum
  • Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang polong dan kacang kedelai
  • Susu
  • Telur
  • Hati Sapi

Asam folat bisa anda dapatkan dari jenis makanan di atas, serta suplemen kehamilan. Saat memulai program hamil, untuk mendapatkan asam folat yang cukup anda bisa melakukan konsultasi pada dokter.