Makanan Sehat Untuk Sahur yang Direkomendasikan Saat Menjalankan Program Hamil

Diposting pada

Makanan Sehat Untuk Sahur РSaat berpuasa kebutuhan nutrisi anda tetap harus terpenuhi, apalagi jika anda sedang menjalankan program hamil. Nutrisi yang diperlukan tubuh harus dipenuhi ketika sahur dan buka puasa. Selain itu, memilih menu makan juga harus diperhatikan dan pastikan tetap memenuhi gizi seimbang.

Nah, untuk anda yang sedang menjalankan program hamil, berikut ini beberapa pilihan makanan sehat untuk sahur yang dapat anda jadikan pilihan.

Makanan sehat saat sahur

Menu Sahur Sehat Saat Menjalankan Program Hamil

Jika anda bingung saat menentukan menu sahur, berikut ini rekomendasi makanan sehat untuk sahur dapat mendukung program hamil anda.

Ikan

Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 bermanfaat untuk kesehatan reproduksi. Anda sebaiknya memasukan ikan ke dalam menu makan saat sahur ataupun berbuka puasa. Ada beberapa jenis ikan yang mengandung banyak asam lemak omega 3 di antaranya yaitu ikan salmon, ikan sarden dan ikan lele. Ikan lele dapat menjadi pilihan untuk anda karena bisa diolah dengan mudah.

Bayam

Makanan lainnya yang bisa anda olah untuk menu sahur yaitu bayam. Asam folat adalah salah satu nutrisi penting yang dapat dikonsumsi selama menjalankan program hamil. Jika kebutuhan asam folat tercukupi saat menjalankan program hamil, maka dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf janin. Selain itu, jika anda mengonsumsi asam folat yang cukup, maka risiko preeklampsia akan berkurang, serta risiko terjadinya kelainan jantung pada janin yang dikandung akan menurun.

Beberapa sumber makanan yang mengandung asam folat di antaranya yaitu alpukat, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau, seperti misalkan brokoli dan bayam. Nah, sayur bayam bisa anda jadikan pilihan untuk menu makan ketika sahur.

Daging Ayam

Saat program hamil, untuk menyehatkan kesuburan, mengonsumsi makanan dengan kandungan protein rendah lemak, seperti daging ayam dapat dijadikan pilihan. Dengan mengonsumsi daging ayam anda akan mendapatkan asupan protein, serta zat besi.

Daging ayam pun bisa anda olah menjadi berbagai menu yang lezat untuk sahur. Anda dapat membuatnya sesuai dengan selera.

Telur

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang baik dikonsumsi saat sedang program hamil. Pada telur terkandung asam esensial yang diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya mengandung protein saja, pada telur juga terkandung lemak dengan kualitas yang tinggi, serta kolin. Kolin bagus untuk perkembangan otak janin, serta kesehatan tubuh anda.

Jika konsumsi kolin ketika hamil kurang, maka akan membuat risiko cacat tabung sarat, serta penurunan fungsi otak meningkat. Anda bisa mengolah telur menjadi berbagai sajian yang lezat dan sederhana untuk sahur, seperti dadar telur, balado telur dan lain sebagainya.

Daging Sapi

Cukup mengonsumsi zat besi saat program hamil dan hamil muda baik dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin pada tahap awal. Tidak hanya itu, zat besi juga diperlukan untuk membantu melancarkan aliran oksigen. Jika alirah darah lancar dan sehat, maka akan dapat membantu dalam menunjang kesehatan tubuh, termasuk juga kesehatan reproduksi.

Baca juga : Makanan yang Harus Dihindari Agar Cepat Hamil

Selain itu, dengan mengonsumsi cukup daging merah akan membantu mencegah masalah anemia pada awal kehamilan. Untuk menjaga tubuh agar tetap berenergi, serta menjaga kesehatan organ reproduksi, anda dapat mengonsumsi daging merah ketika sahur.

Itulah beberapa makanan sehat untuk sahur yang dapat dijadikan pilihan ketika sedang menjalankan program hamil.