Makanan Untuk Program Hamil Anak Kembar

Diposting pada

Beberapa jenis resep makanan diketahui dapat meningkatkan peluang hamil anak kembar. Karena seperti itu, bagi anda yang ingin memiliki anak kembar, penting mengetahui apa saja makanan untuk program hamil anak kembar yang dimaksud.

Memiliki anak kembar merupakan keinginan banyak orang, namun mendapatkan bayi kembar bukanlah hal yang mudah seperti mendapatkan satu anak dalam satu kali kelahiran. Untuk mendapatkan anak kembar, setidaknya diperlukan cara khusus yang dapat membantu meningkatkan peluang pasangan suami istri untuk mendapatkan anak kembar.

Kehamilan kembar itu sendiri terjadi karena terdapat dua sel telur berbeda yang dibuahi oleh dua sel sperma yang terpisah. Bayi kembar yang dilahirkan bisa dengan jenis kelamin yang sama atau berbeda. Dimana kembar seperti ini disebut dengan kembar non identik, yang mana lebih sering terjadi. Sedangkan untuk kembar identik yaitu kembar yang terjadi karena dua sel telur membelah menjadi dua embrio.

Makanan Untuk Program Hamil Anak Kembar

Program hamil anak kembar sebenarnya hingga saat ini masih dalam penelitian. Pasalnya, masih belum ada cara yang dapat dilakukan untuk menjamin kelahiran anak kembar. Akan tetapi, diketahui ada beberapa langkah untuk meningkatkan peluang hamil anak kembar.

Peluang Untuk Mendapatkan Bayi Kembar

Obat Subur

Mengkonsumsi obat subur diketahui dapat membantu meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan bayi kembar. Mengkonsumsi obat subur dapat memungkinkan anda mengeluarkan sel telur dengan jumlah lebih dari satu pada waktu yang bersamaan. Sehingga langkah ini diyakini mampu meningkatkan kemungkinan seseorang mendapatkan bayi kembar.

Bayi Tabung

Bayi tabung adalah cara yang dianggap paling efektif untuk mendapatkan bayi kembar. Program bayi tabung merupakan proses penggabungan antara sel telur dengan sperma di ruangan laboratorium dan bukan dalam organ kelamin wanita.

Embrio yang dihasilkan dari proses penggabungan tersebut kemudian akan ditransfer ke dalam rahim wanita, yang mana pada akhirnya akan tumbuh bayi. Kemungkinan bagi anda untuk mendapatkan anak kembar dengan program bayi tabung setidaknya 1:5. Yang mana hal ini tergantung dari jumlah embrio yang di letakan pada rahim.

Inseminasi Intrauterine dan Obat Subur

Inseminasi intrauterine merupakan sebuah proses yang mana sperma disuntikan ke dalam rahim. Pada sebagian wanita yang menggunakan cara ini biasanya dibantu dengan menggunakan obat subur. Meskipun sebenarnya proses ini tidak meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan bayi kembar.

Makanan Untuk Program Hamil Anak Kembar

Nah, selain beberapa hal di atas, untuk memperbesar peluang hamil anak kembar, anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan seperti di bawah ini:

Asam Folat

Penelitian menunjukan bahwa konsumsi asam folat dengan kehamilan anak kembar memiliki hubungan. Kandungan asam folat banyak terdapat pada beberapa jenis makanan tertentu seperti misalkan kacang-kacangan, bayam dan buah-buahan.

Asam folat itu sendiri memiliki peran besar untuk meningkatkan kesuburan wanita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kemungkinan memiliki anak kembar akan meningkat sebanyak 40% jika wanita mengkonsumi makanan yang mengandung tinggi asam folat. Pada saat anda merencanakan kehamilan, biasanya dokter akan meberikan suplemen asam folat untuk tambahan.

Umbi-Umbian

Umbi-umbian mengandung zat progesteron dan fitogesteron yang cukup tinggi. Dimana kedua bahan kimia ini dapat memicu indung telur untuk menghasilkan sel telur matang lebih dari satu ketika pembuahan.

Diketahui, orang di suku Yaruba di Nigeria memiliki tingkat kelahiran anak kembar yang tinggi. Berdasarkan penelitian, hal itu terkait dengan tingginya konsumsi ubi dalam diet.

Karena seperti itu, anda dapat memasukan umbi-umbian pada menu diet harian anda sebagai cara untuk meningkatkan peluang hamil anak kembar.

Produk Susu

Produk olahan susu seperti misalkan mentega, susu cair, butter dan keju diketahui dapat membantu meningkatkan peluang untuk hamil anak kembar. Ini disebabkan karena produk susu adalah sumber dari kalsium.

Selain bertanggung jawab untuk kesehatan tulang, kalsium juga bermanfaat untuk sistem reproduksi yang sehat. Diketahui, wanita yang mengkonsumsi tinggi produk susu memiliki kesempatan lima kali lebih banyak memiliki anak kembar dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi produk susu.

Makanan yang membantu kesuburan ini tidak hanya meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar, akan tetapi baik untuk perkembangan tulang anak yang sehat. Meskipun begitu, jangan terus menerus mengkonsumsi produk olahan susu untuk membantu kesuburan anda. Apabila tidak diiringi dengan olahraga, maka akan mengakibatkan bertambahnya berat badan.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti misalkan kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran merupakan makanan yang baik untuk membantu anda meningkatkan peluang mendapatkan bayi kembar. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu meningkatkan ovulasi, namun tidak meningkatkan kadar insulin. Selain dapat membantu anda untuk meningkatkan kesempatan memiliki anak kembar, konsumsi makanan ini dapat mencegah segala jenis cacat tabung saraf. Karena seperti itu, anda dapat memasukan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini pada menu harian anda.

Makanan yang Mengandung Magnesium/Kalsium

Terdapat hasil dari penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi kalsium dan magnesium dapat meningkatkan kehamilan anak kembar.

Selain itu, konsumsi magnesium dan kalsium juga dapat meningkatkan peluang untuk hamil anak perempuan.

Faktor Meningkatkan Kehamilan Bayi Kembar

Beberapa hal di bawah ini diketahui dapat meningkatkan kehamilan anak kembar:

Riwayat Memiliki Anak Kembar

Bagi anda yang sebelumnya mengandung anak kembar, maka kemungkinan akan menjadi lebih besar untuk mendapatkan anak kembar kembali.

Usia

Usia seseorang dapat menjadi salah satu faktor untuk hamil anak kembar. Diketahui, wanita dengan usia 35 tahun ke atas tingkat kesuburannya mengalami penurunan yang mana keadaan ini ditandai dengan meningkatnya hormon perangsang folikel (FSH). Akan tetapi, meningkatnya FSH ini dapat memungkinkan lepasnya sel telur lebih dari satu dalam setiap siklus menstruasi. Sehingga keadaan ini dapat memungkinkan wanita melahirkan anak kembar.

Bentuk Tubuh

Wanita yang memiliki bentuk tubuh yang besar dan tinggi memiliki kemungkinan lebih besar hamil anak kembar dibandingkan dengan wanita yang bentuk tubuhnya kecil.

Riwayat Keluarga

Apabila dalam keluarga ada sejarah anak kembar, atau anda sendiri adalah anak kembar, maka kemungkinan lebih besar bagi anda untuk memiliki anak kembar.

Angka Kehamilan

Semakin banyak anda melahirkan anak, maka kemungkinan anda mendapatkan anak kembar semakin meningkat.

Menyusui Saat Hamil

Apabila anda sedang dalam masa menyusui anak sebelumnya dan ingin memiliki anak kembar untuk kehamilan yang berikutnya, maka anda jangan terlalu terburu-buru untuk menyapih si kecil. Tetap lanjutkan menyusui.

Berdasarkan penelitian, wanita yang menyusui saat mereka sedang hamil, memiliki peluang lebih besar untuk bisa hamil anak kembar dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui.

Apabila anda sedang berusaha untuk mendapatkan kehamilan anak kembar, maka anda dapat melakukan konsultasi mengenai hal hal di atas dengan dokter. Akan tetapi, anda harus tetap mengingat, anak kembar atau tidak, ia tetaplah anugerah dari Tuhan. Hal yang paling penting dari kelahiran sang buah hati yaitu mereka tetap terlahir sehat dan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *