20 Makanan Asam Folat Tinggi Untuk Program Hamil

Diposting pada

Makanan Asam Folat Tinggi Untuk Program Hamil – Program hamil sering menjadi salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keturunan. Dalam menjalankan program hamil tentunya dibutuhkan beberapa faktor pendukung agar program hamil berjalan dengan lancar seperti halnya makanan. Berikut kami sajikan makanan asam folat tinggi untuk program hamil!

Menjalankan program hamil memang terbilang susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan program hamil menjadi salah satu keharusan yang wajib dilakukan oleh beberapa orang yang ingin memiliki keturunan. Tentu, tidak dapat kita pungkiri bahwa kehamilan yang dialami oleh seseorang akan berbeda dengan orang lain. Ada yang mudah untuk mendapatkan keturunan, namun tidak sedikit pula orang yang cukup sulit untuk mendapatkan keturunan.

Dalam menjalankan program hamil tentunya ada beberapa faktor pendukung yang dapat membuat program hamil tetap lancar. Faktor pendukung tersebut tentunya bsia didapatkan dari makanan yang mengandung asam folat yang sangat tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa kandungan asam folat tinggi yang terdapat di dalam makanan tentu dipercaya dapat membantu Anda dalam menjalankan program hamil. Selain itu, asam folat juga telah diakui sebagai senyawa yang sangat diperlukan baik untuk yang sedang hamil ataupun program hamil. Baca juga: Meningkatkan Kesuburan Dengan Makanan Tinggi Likopen

Makanan Asam Folat Tinggi Untuk Program Hamil

makanan asam folat tinggi untuk program hamil

Dalam menunjang kehamilan tentunya dibutuhkan asupan gizi dan juga nutrisi yang memang diperlukan untuk tubuh. Begitupula dengan program hamil dimana membutuhkan asupan nutrisi yang bisa membuat program hamil berjalan dengan lancar. Dalam hal ini asam folat memang memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung program hamil. Hal ini dikarenakan asam folat dapat menunjang seseorang untuk mendapatkan kehamilan serta mencegah janin mengalami kecacatan.

Asam folat termasuk ke dalam sejenis senyawa yang dibutuhkan oleh sebagian besar wanita yang sedang hamil. Asam folat ini merupakan salah satu bentuk dari vitamin B yang mempunyai sifat larut di dalam air. Lebih jauhnya lagi asam folat ialah bentuk sintetis dari vitamin B9. Meskipun banyak suplemen dan juga vitamin yang ada di apotek, namun alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi asam folat yang terdapat di dalam buah dan juga sayur. Selain aman dan bukan merupakan bentuk obat-obatan, buah dan juga sayur mengandung senyawa lain yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Lihat juga: 10 Makanan Agar Cepat Hamil Sebagai Menu Harian Anda

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat tentunya menjadi langkah kita untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit akibat kekurangan asam folat. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah, sayur dan juga makanan tertentu memang berbeda-beda. Berikut kami sajikan beberapa makanan assam folat tinggi untuk program hamil, diantaranya:

 Asam Folat Dari Jenis Sayur

Poin pertama yang akan kita bahas ialah kandungan asam folat yang terdapat di dalam sayuran. Beberapa jenis sayur tentunya memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang tengah menjalankan program hamil.

Tauge

Jenis sayuran yang satu ini tentu sudah tidak bisa diabaikan akan khasiatnya dalam mendukung program hamil. Tauge tentunya termasuk ke dalam jenis sayuran yang mengandung asam folat yang cukup tinggi. Selain itu, tauge memiliki kandungan lain seperti energi, lemak, protein, serat, kalsium, vitamin A, B1, C, fosfor dan juga air. Semua kandungan tersebut tentunya diperlukan oleh tubuh terutama bagi Anda yang tengah menjalankan program hamil.

Bayam

Jenis sayur kedua yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi ialah bayam. Seperti yang kita tahu bahwa bayam termasuk ke dalam salah satu jenis sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan. Selain memiliki kandungan asam folat, bayam juga termasuk ke dalam jenis sayuran dengan kalori yang rendah. Tercacat sekitar 23 kalori per ons dari daun bayam mentah.

Bayam merupakan jenis sayuran daun dengan kandungan serat tertinggi. Selain itu, bayam juga memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol  yang tinggi di dalam darah serta kerap digunakan untuk menu makanan sehari-hari bagi program diet. Tercacat sekitar 194 mcg asam folat dari per 100 gram bayam. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam bayam terbilang sangat penting untuk menghindari cacat syaraf yang terjadi pada tulang belakang dan juga otak bayi. Lebih jauhnya lagi, bayam juga termasuk ke dalam makanan sehat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kelainan pada jantung.

Kubis

Sayuran yang selanjutnya tentunya memiliki jenis yag sangat bervariatif. Kubis terbagi ke dalam beberapa jenis yakni kubis putih, kubis hijau dan juga kubis unggu. Asam folat yang terdapat di dalam kubis tentunya memiliki peran dalam mendukung DNA terlebih bagi ibu yang sedang menjalankan program hamil ataupun yang sedang hamil. Selain itu, kubis juga termasuk ke dalam salah satu sumber asam folat yang sangat tinggi. Setidaknya di dalam 100 gram kubis terdapat sekitar 43 mcg asam folat.

Kandungan anthocyanin yang terdapat didalam kubis ungu tentunya memiliki peran dalam mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Beberapa kandungan vitamin yang terdapat di dalam kubis seperti asam pantotenat, thiamin, riboflavin dan pyridoxine ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran kubis tentunya sangat kaya akan vitamin dan juga mineral di dalamnya sehingga termasuk ke dalam makanan yang kaya akan serat dan makanan yang direkomendasikan untuk perokok.

Brokoli

Tentu sudah tidak bisa diabaikan lagi akan manfaat dan juga khasiat yang terdapat di dalam brokoli ini. Jenis sayuran hijau ini termasuk ke dalam kelompok tumbuhan persilangan. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam brokoli memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama yang sedang menjalankan program hamil. Di sekitar 100 gram brokoli terdapat sekitar 63 mcg asam folat.

Jika Anda penyuka brokoli, tentu Anda akan mengonsumsi bagian dari brokoli yang berbentuk bintik-bintik kecil karena bagian ini yang kaya akan kandungan kalsium, vitamin C dan juga asam folat. Selain untuk ibu hamil atau wanita yang akan menjalankan program hamil, tentu brokoli juga dapat dijadikan sebagai makanan penurun kolesterol tinggi di dalam darah.

Asparagus

Mungkin jenis sayuran yang satu ini jarang dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Namun ternyata asparagus memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi sekitar 135 mcg asam folat pada sekitar 100 gram asparagus. Selain itu, ada beberapa senyawa yang terdapat di dalam brokoli diantaranya antioksidan, vitamin K, vitamin E, seng, selenium, mangan, vitamin E, dan juga beta karoten. Semua kandungan tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Asparagus juga memang sangat peting untuk kesehatan ibu hamil untuk menghindari janin agar tidak cacat. Namun, bagi Anda yang menderita asam urat diharapkan berhati-hati karena asparagus termasuk ke dalam jenis sayuran penyebab asam urat.

Selada

Jenis sayur yang satu ini sering dikonsumsi secara langsung dan dijadikan sebagai lalapan. Selada juga termasuk ke dalam jenis sayuran yang kaya akan vitamin dan juga mineral dengan warna daun hijau yang cukup segar. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam per 100 gram selada sekitar 29 mcg. Selain itu, beberapa gizi dan juga nutrisi yang cukup penting yang terdapat di dalam selada diantaranya fito nutrisi, vitamin A, serat, vitamin K dan molybdenum. Beberapa jenis senyawa seperti zat besi, mangan, kalium dan juga tembaga  termasuk ke dalam makanan yang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam selada ini tentunya daoat memelihara kesehatan jantung dan juga mencukupi kebutuhan gizi dan juga nutrisi pada ibu hamil.

Seledri

Jenis sayuran yang memiliki wangi yang khas ini memang banyak digunakan sebagai obat untuk penyakit tertentu. Seledri tentunya mengandung asam folat, riboflavin dan juga vitamin C yang sangat penting bagi ibu hamil yang mengalami anemia. Selain itu, seledri juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menurunkan kadar lemak di dalam tubuh, melancarkan proses metabolisme tubuh serta sejenis sayuran untuk menurunkan kolesterol. Di dalam 100 gram seledri tentunya terdapat sekitar 36 mcg asam folat yang bisa Anda konsumsi sebagai menu Anda sehari-hari.

Jagung

Jenis sayuran ini terkenal dengan kandungan kalori yang cukup banyak. Selain asam folat, jagung juga memiliki beberapa sumber vitamin seperti vitamin A, B dan juga E. Selain vitamin, jagung juga memiliki serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam jagung tercacat sekitar 19 mcg dari per 100 gram jagung. Selain itu, jagung juga mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Salah satu kandungan vitamin yang sangat penting pada jagung ialah vitamin B (niacin dan thiamin). Di dalam satu cangkir jagung yang sudah masak terdapat kandungan asam folat sekitar 78 mcg. Dengan angka tersebut tentunya jagung memiliki peran yang penting dalam melindungi kecacatan pada janin di dalam kandungan.

Asam Folat Dari Buah

Pisang

Pisang termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang banyak mengandung asam folat. Di dalam sekitar 100 gram pisang terdapat 20 mcg asam folat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh setiap orang. Selain kandungan asam folat, kandungan yang terdapat di dalam pisang diantaranya vitamin, mineral dan juga nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Untuk ibu hamil, pisang juga dapat membantu mengurangi pembengkakan yang sering dialami oleh ibu hamil. Pada hamil trimester 1, pisang kerap digunakan untuk mengatasi mual dan muntah.

Alpukat

Buah yang satu ini memang terkenal dengan asupan asam folat yang cukup tinggi. Dimana dari sekitar 100 gram alpukat terdapat kandungan asam folat sekitar 20 mcg. Seperti yang kita tahu bahwa lapukat memiliki rasa yang sangat enak dan juga lezat serta dapat dibuat menjadi olahan minuman jus atau salad. Selain itu, alpukat juga termasuk ke dalam sumber makanan yang cukup penting dalam mengatur kadar homosistein yang ada di dalam darah.

Stroberi

Buah stroberi ini tercatat memiliki kandungan asam folat sekitar 24 mcg dari per 100 gram. Stroberi memang memiliki permukaan buah yang cukup kasar dan juga bergerigi. Asam folat yang terdapat di dalam stroberi tentu menjadi sumber terbaik untuk mencegah gangguan penyakit dan menghindari dari cacat saraf janin. Berbagai macam gizi dan juga nutrisi yang ada di dalam stroberi tentu dapat mencegah penyakit jantung, kanker dan juga tekanan darah yang tinggi.

Pepaya

Buah dengan bentuk memanjang ini tentunya memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi dimana di dalam sekitar 100 gram buah pepaya terdapat kurang lebih 38 mcg. Buah pepaya memang sangat cocok bagi wanita yang sedang hamil pada trimester 1. Hal ini dikarenakan pada trimester ini ibu hamil sulit untuk makan sehingga dengan mengonsumsi pepaya, maka kebutuhan akan kalori dan juga asam folat menjadi tercukupi. Kandungan enzim yang terdapat di dalam pepaya tentu sangat disarankan bagi wanita untuk mengurangi rasa nyeri ketika sedang haid atau PMS.

Tomat

Buah selanjutnya yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi ialah buah tomat. Tidak hanya asam folat, kandungan yang terdapat di dalam tomat diantaranya vitamin A, C, serat larut, karbohidrat, antioksidan, vitamin dan juga mineral. Konsumsilah tomat sebanyak 123 gram per hari nya untuk memenuhi kebutuhan 25 kalori dan 1 gram protein.

Bagi program hamil, tomat memiliki fungsi untuk mengurangi kecacatan tulang belakang dan tabung saraf  janin di dalam kandungan. Selain itu, kandungan yang terdapat di dalam tomat juga dapat mengurangi beragam gejala depresi seperti gangguan gelisah dan tidur. Tomat juga menjadi buah andalan yang biasa digunakan untuk orang yang melakukan program diet.

Makanan Asam Folat Dari Makanan

Kentang

Kentang tentunya termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Namun, ternyata di dalam kentang juga terdapat kandungan asam folat sekitar 28 mcg dari 100 gram kentang. Kandungan asam folat yang ada di dalam kentang membantu pembentukan sel darah merah yang ada pada ibu hamil. Selain itu, asam folat yang terdapat di dalam kentang dapat mendukung program hamil agar memiliki potensi untuk mendapatkan kehamilan.

Roti Gandum

Roti yang terbuat dari gandum memang memiliki rasa yang lebih tawar dibandingkan dengan biskuit. Dengan mengonsumsi roti yang terbuat dari gandum setidaknya Anda dapat mengambil manfaat dari kandungan asam folat yang ada di dalam makanan ini. Asam folat tentunya memiliki peran yang sangat panting untuk mencegah kecacatan pada bayi. Roti gandum juga termasuk ke dalam sumber utama penghasil mineral yang ada di dalam tubuh.

Kacang Almond

Kacang almond tentunya menjadi salah satu jenis kacang yang memiliki banyak gizi dan juga nutrisi, tidak terkecuali asam folat. Di dalam sekitar 100 gram kacang almond terdapat sekitar 50 mcg asam folat. Selain itu, kacang almond juga tidak mengandung kolesterol sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai cemilan. Asam folat yang terdapat di dalam lacang almond berperan penting untuk mendukung kehamilan.

Bagaimanapun juga, mendapatkan kehamilan memang terbilang cukup sulit untuk beberapa orang. Untuk itu, diperlukan beberapa cara dan juga alternatif yang bisa Anda lakukan demi Dalam menjaga asupan asam folat yang tinggi untuk mendukung program hamil memang diperlukan asupan asam folat yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan asam folat dapat mendukung seorang wanita yang tengah menjalankan program hamil agar dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan keberhasilan. Demikianlah beberapa makanan asam folat tinggi untuk program hamil yang bisa Anda konsumsi sekarang juga. Selamat mencoba!