Khasiat Madu Dalam Meningkatkan Kesuburan Untuk Pria dan Wanita

Diposting pada

Khasiat Madu Dalam Meningkatkan Kesuburan – Madu memang dipercaya sebagai bahan alami yang dapat memberikan peluang yang cukup besar untuk mendapatkan kehamilan. Hal ini dikarenakan madu menyimpan beberapa zat yang tentunya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk memperbesar peluang bagi pasangan yang belum dikaruniai seorang anak. Untuk itu, mari kita ketahui beberapa manfaat madu yang akan kami jelaskan pada poin di bawah ini!

Kita tentunya sudah tidak asing lagi akan khasiat yang diberikan oleh madu. Dikenal sebagai minuman para dewa menjadikan madu sebagai bahan yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Memiliki sifat mengobati dan juga membunuh virus tentu tidak heran jika madu kerap digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan obat.

Selain sebagai bahan utama pembuatan obat, menurut para ahli madu juga menyimpan manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan kesuburan bagi pasangan yang sedang menjalankan program hamil. Sedangkan menurut para konsultan gizi, madu berperan aktif dalam memperbaiki seksualitas pada pasangan, meningkatkan kesuburan dan juga memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan kehamilan. Apakah Anda sedang menjalankan program hamil saat ini? Atau Anda baru berencana untuk menjalankan program hamil? Kenapa tidak untuk menyertakan madu di dalam program hamil yang Anda jalani. Yuk kita langsung simak saja beberapa manfaat madu sebagai berikut!

Baca juga: Tips Agar Cepat Hamil Bagi Wanita Gemuk

Fakta Tersembunyi Mengenai Madu

khasiat madu dalam meningkatkan kesuburan

Sebelum kita membahas mengenai khasiat madu dalam meningkatkan kesuburan baik pria atau wanita. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai fakta tersembunyi dibalik bahan alami yang satu ini. Perlu Anda tahu bahwa madu dan juga produk turunan seperti bee pollen, propolis dan juga royal jelly memang kerap disebut sebagai makanan ajaib.  Disebut sebagai makanan ajaib dikarenakan bahan tersebut mengandung zat dengan sifat mengobati berbagai penyakit.

Menjadi bahan yang kerap digunakan untuk menjaga sistem reproduksi, meningkatkan kesuburan dan juga fungsi seksualitas tentu menjadi fakta yang tidak terduga dari madu. Selain itu, beberapa keluhan medis akibat berbagai penyakit dapat dengan mudah diatasi oleh madu seperti penyakit jantung, bisul, stroke, ginjal bahkan sampai kanker. Setidaknya satu pon madu akan dihasilkan oleh sekitar 300 lebih yang terbang sejauh 15.000 mil yang membawa pollen dari sekitar 2 juta bunga. Setelah diproses di sarangnya madu memang mengandung gula alami yang tentunya sangat mudah dan juga cepat menyerap. Selain itu, madu juga mengandung mineral, enzim, protein sehingga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan dan kinerja tubuh manusia. Lihat juga: Suami Wajib Melakukan Tips dan Cara Ini Agar Istri Cepat Hamil

Untuk lebih jauh lagi, yuk kita simak beberapa fakta tidak terduga dibalik madu, diantaranya:

1. Madu ternyata sudah ada sebelum masehi

Fakta yang tidak terduga ternyata madu sudah ada sejak 7.000 tahun yang lalu sebelum masehi. Di gua Spanyol dan juga Afrika tentunya terdapat beberapa gambar yang sedang mengumpulkan madu dari sebuah retakan pohon dan juga madu dan menghiraukan lebah yang mengitari mereka.

2. Madu digunakan sebagai alat pembayaran

Tentunya kita tahu pada jaman dulu sekitar 3.000 sebelum masehi, masyarakat mesir kuno telah menjadikan madu sebagai bahan yang digunakan untuk bahan domestik utama dalam kebutuhan rumah tangga. Hal ini dikarenakan madu dinilai sangat tinggi pada masa itu bahkan juga digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Pada jaman ini juga, madu kerap digunakan sebagai bahan pengawet mayat untuk para bangsawan yang telah disimpan di dalam piramida. Masyarakat jaman dulu juga sudah tahu bahwa madu memang tidak pernah basi.

3. Daerah penghasil madu terbanyak

Tercacat pada tahun 2005 bahwa Selandia Baru merupakan salah satu negara penghasil madu terbanyak. Setidaknya, negara ini memiliki sekitar 320.000 sarang lebah dan menghasilkan sekitar 8.600 ton madu setiap musim panen tiba.

4. Mempunyai banyak manfaat

Sejak jaman dulu madu memang telah dikenal sebagai pemanis alami dan kerap dijadikan tambahan pemanis pada makanan dan juga minuman. Selain itu, madu juga dipercaya mempunyai banyak manfaat dan juga khasiat untuk tubuh manusia. Hal ini tentunya madu dapat mengobati berbagai macam penyakit, sebagai bahan untuk perawatan kecantikan wajah dan tubuh serta meningkatkan daya ingat otak manusia. Jika diteliti lebih lanjut lagi, madu juga dijadikan sebagai bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

5. Madu terbukti tidak pernah basi

Fakta mengejutkan lainnya yakni madu dapat bertahan lebih dari 3.000 tahun lamanya dan tidak pernah basi. Hal ini tentunya dibuktikan ketika dilakukannya penggalian pada pyramida. Ditemukan madu dalam kondisi yang masih baik dan juga tidak rusak sama sekali di samping mummi. Madu memang menjddi salah satu bahan alami yang berbentuk cair dan dapat disimpan hingga beribu-ribu tahun. Hal ini dikarenakan kandungan air yang terdapat pada madu memiliki tingkat yang lebih rendah sehingga bakteri tidak dapat hidup di dalamnya. Sementara itu, keasaman (pH) madu berkisar antara 3,2 – 4,5 yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri di dalam madu.

Khasiat Madu Dalam Meningkatkan Kesuburan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa madu memang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan seseorang. Hal ini tentunya sudah banyak dibenarkan oleh beberapa ahli dalam berbagai penelitian. Manfaat yang dapat Anda ambil dari madu tentunya tidak sedikit. Madu juga memang menjadi salah satu bahan andalan yang kerap digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah dan juga tubuh. Hal ini dikarenakan pada madu terdapat sifat melembapkan sehingga akan membuat kulit kita menjadi lebih terawat.

Tidak hanya itu, banyak sekali manfaat yang diberikan oleh madu untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Madu juga menjadi salah satu bahan yang dijadikan sebagai suplemen alami atau multivitamin untuk menjaga stamina dan juga imunitas tubuh. Selain mudah dicerna karena bentuknya cair, tentunya madu juga memiliki rasa manis yang sangat khas. Lebih jauhnya lagi, madu juga sudah terbukti dapat mengurangi stres dan juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh manusia terhadap ancaman penyakit.

Kedua manfaat tersebut tentunya menjadi salah satu faktor terpenting bagi pasangan yang sedang menjalankan program hamil. Hal ini dikarenakan pasangan yang sulit mendapatkan keturunan bisa disebabkan pula oleh penyakit yang menyerang sistem imunitas seseorang. Meningkatkan kesuburan dan juga memerangi penyebab kemandulan menjadi salah satu yang bisa Anda dapatkan dari khasiat madu ini.

Bukti Madu Memiliki Banyak Manfaat

Telah dipercaya menjadi salah satu makanan pendongkrak untuk mengatasi kesuburan tentunya sudah dibuktikan oleh madu selama berabad-abad lamanya. Kaya akan asam amino dan juga mineral tentunya memang sangat berperan penting untuk memperbaiki fungsi indung telur dan juga sistem reproduksi pada wanita. Selain wanita, pria juga bisa mendapatkan khasiat yang diberikan oleh madu. Selain meningkatkan kualitas dan juga kuantitas sel sperma, madu juga memang sangat berguna untuk mengatasi impotensi pada. Jika dikonsumsi secara teratur tentunya madu dapat menjadi salah satu yang dapat memperkuat rahim dan juga indung telur.

Madu tentunya mengandung banyak vitamin B yang tentu menjadi salah satu bahan yang sangat penting bagi pria. Hal ini dikarenakan tubuh pria juga memproduksi hormon testosteron sebagai faktor penunjang dalam mendapatkan kehamilan. Selain mengandunng vitamin B, madu tentunya juga dipercaya sebagai afrodisiak yakni jenis makanan yang dapat meningkatkan gairah dan juga libido pada setiap pasangan.

Manfaat Royal Jelly Untuk Meningkatkan Kesuburan

Setelah kita membahas mengenai madu, tentunya tidak lengkap jika kita tidak membahas turunan dari madu. Seperti halnya royal jelly yang dikenal sebagai makanan disekresi yang berikan kepada ratu lebah oleh lebah perawat. Pada dasarnya, royal jelly terdiri dari sekitar dua pertiga cairan dengan sepertiga lainnya bahan kering. Dari hasil makanan ini tentunya membuat sang Ratu mampu hidup sampai lima tahun dibandingkan dengan usia lebah pekerja yang tentu hanya bertahan sekitar enam bulan ditambah selama enam bulan berhibernasi.

Royal jelly memang mengandung vitamin B, asam amino, enzim, hormon yang tentu memiliki manfaat dalam mengatasi nyeri akibat menopause, PMS, impotensi dan juga infertilitas. Zat yang digunakan sebagai penyeimbang hormon ini tentunya dapat juga digunakan sebagai cara untuk mengatasi depresi setelah melahirkan, migram dan juga jerawat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa royal jelly mempunyai kecenderungan dalam meniru hormon estrogen sehingga sangat bermanfaat bagi wanita yang memproduksi kadar estrogen yang rendah. Bagaimanapun juga, estrogen memang menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam menunjang kesuburan, eskpresi gen yang tepat, pembentukan tulang yang sehat dan juga sebagai penunjang dalam menstruasi yang sehat.

Selain itu, satu kandungan yang tidak terlupakan dari Royal Jelly yakni acetylcholine sebuah zat yang memang diperlukan dalam mengirimkan pesan saraf antar sel. Dengan mengonsumsi royal jelly seara teratur tentunya akan memberikan manfaat dalam mendukung sistem endokrin dan juga penyeimbang hormon. Kandungan ini tentunya menjadi salah satu manfaat yang dapat dirasakan oleh mereka yang mengalami ketidakseimbangan hormon, terlebih bagi wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Manfaat Bee Pollen Untuk Meningkatkan Kesuburan

Setelah mengetahui manfata royal jelly, tentunya kita juga harus mengetaui manfaat dari bee pollen yang masih menjadi bagian dari madu. Bee pollen ialah sebuah campuran yang dihasilkan dari air liur lebah, serbuk sari dan juga nektar tanaman. Selain itu, bee pollen memang mengandung beberapa nutrisi lainnya seperti kalium, zinc, tembaga, natrium dan juga 24 jenis nutrisi lainnya. Fakta menariknya dari beberapa jenis asam amino yang dikenal oleh manusia, setidaknya terdapat sekitar 20 jenis yang ditemukan pada bee pollen.

Hal tersebut tentunya dbuktikan pula oleh sebuah penelitian baik di Amerika Serikat maupun Eropa yang mempelajari hubungan antara kesehatan seksual dengan bee pollen. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa royal jelly dan juga bee pollen sama-sama mengandung banyak protein, mineral, vitamin, hormon, asam amino, enzim, lemak, dan juga sejumlah antibiotik lainnya yang tentu bersifat alami.

Perlu Anda ketahui beberapa vitamin yang terkandung dalam bee pollen diantaranya vitamin B-kompleks seperti tiamin (vit B-12), piridoksin (vitamin B6), riboflavin (vitamin B2), karotenoid yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, asam pantotenat, nikotinat, vit C, E, K, B5, B12, D, asam folat, inositol, biotin dan juga PABA. Beberapa kandungan tersebut tentunya memang menjadi zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Selain itu, asam amino dan protein yang terkandung di dalam bee pollen diantaranya valin, treonin, fenilalanin, lisin, isoleusin, leusin, globulin, poptones, histidin dan juga triptofan. Kandungan terpenting yang menjadi manfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita dan juga pria yakni protein, mineral, vitamin dan juga asam amino.

Khasiat Bee Pollen

Pada intinya, khasiat dari bee pollen memang sangat berkaitan dengan tingkat kesuburan seseorang, diantaranya:

  1. Meningkatkan daya tahan seksual dan juga stamina
  2. Mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan PMS (penyakit menular seksual)
  3. Merangsang fungsi ovarium serta meningkatkan kesuburan sel telur
  4. Mengatasi disfungsi seksual yang disebabkan oleh gangguan prostat
  5. Meremajakan kelenjar seks dan juga mengembalikan kesehatan baik pada pria ataupun wanita. Hal ini tentunya bee pollen dapat mengandung zat hormon alami yang dapat memelihara dan juga merangsang sistem reproduksi.

Madu tentunya mengandung zat-zat yang tentu dapat membantu mengatasi sistem reproduksi, gangguan seksual juga memberikan manfaat untuk seluruh kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Propolis Untuk Meningkatkan Kesuburan

Sebagai turunan dari madu, tentunya propolis dikenal sebagai zat resin yang dikumpulkan dari bunga dan juga tunas pohon oleh lebah. Ini tentunya digunakan sebagai cara untuk memperbaiki kerusakan pada sarang mereka dan juga dapat melindungi sarang dari wabah penyakit. Propolis tentunya dapat melawan virus, merangsang pembentukan sel-sel dan jaringan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah dan mengurangi peradangan serta bertindak sebagai anti-rematik pada tubuh manusia.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu rumah sakit di China yang hanya menggunakan produk-produk dari sarang lebah dalam mengobati ratusan pasien. Percobaan ini tentunya menunjukkan hasil yang sangat luar biasa. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa sekitar 60% wanita yang menderita endometriosis dan mengonsumsi 500 mg propolis sebanyak dua kali sehari dan dikonsumsi selama 9 bulan akhirnya berhasil mendapatkan kehamilan. Hal ini dikarenakan nyeri pada endometriosis, pembentukan adhesi dan juga jaringan parut dipicu juga oleh respon dari inflamasi. Zat anti-inflamasi inilah yang terkandung di dalam propolis sehingga dapat membantu endometriosis.

Selain mengatasi endometriosis, sifat anti-inflammasi juga memang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesuburan yang dapat berpotensi dan memicu timbulnya inflamasi lain seperti kista ovarium, Pelvic Inflammatory Disease (PID), fibroid rahim, trauma sistem reproduksi akibat dari operasi.  Propolis juga mengandung sifat imunomodulasi yang tentu bermanfaat dalam mengatasi masalah kesuburan seperti kegagalam ovarium, alergi sperma dan juga keguguran yang berulang-ulang.

Penyebab Tubuh Alergi Sperma

Seperti yang kita tahu bahwa alergi sperma dapat memicu tubuh wanita untuk membentuk antibodi yang otomatis menyerang sel sperma yang akan masuk ke dalam rahim. Jika kondisi ini terus berlanjut tentunya tidak menutup kemungkinan wanita tersebut sulit untuk mendapatkan kehamilan. Hal ini dikarenakan sel sperma tidak dapat membuahi sel telur. Alergi sperma juga dapat muncul pada tubuh pria dimana tubuh mereka yang justru akan menyerang sel spermanya sendiri. Sehingga tidak heran jika pria tersebut tidak menghasilkan sel sperma dalam kualitas yang baik dan kuantitas yang banyak.

Bagi Anda yang tengah menjalankan program hamil, tidak salahnya untuk mencoba mengonsumsi madu secara rutin meski dalam jumlah yang sedikit. Hal ini tentunya akan memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi tubuh baik pria maupun wanita seperti yang sudah kami jelaskan pada poin di atas. Itulah beberapa khasiat madu dalam meningkatkan kesuburan yang wajib Anda ketahui. Selamat mencoba!