Ketahui Kebiasaan Buruk yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita PCOS

Diposting pada

Kebiasaan Buruk yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita PCOS – PCOS merupakan kondisi dimana banyak kista yang menyebabkan sel telur tidak matang. Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh wanita PCOS demi kesehatan tubuh, serta reproduksinya. Kebiasaan apa saja itu? Yuk simak di bawah ini.

yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita PCOS

Ketahui Kebiasaan Buruk yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita PCOS

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang tidak boleh dilakukan wanita PCOS:

Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula

Wanita yang mengalami PCOS biasanya akan mengalami resistensi insulin. Ini merupakan kondisi dimana tubuh tidak bisa mengolah, serta memproses gula pada darah dengan normal. Mengetahui seperti itu, wanita dengan masalah PCOS sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan gula karena akan dapat menyebabkan masalah diabetes. Bahkan kondisinya dapat memburuk dan bisa menyebabkan komplikasi masalah kesehatan lainnya. Selain itu, sebaiknya hindari juga makanan olahan dengan kandungan gula yang tinggi.

Baca juga : Tips Cepat Hamil Bagi Penderita PCOS

Merokok

Seperti yang kita ketahui merokok tidak baik untuk kesehatan. Orang yang mengalami PCOS bahkan memiliki risiko yang lebih tinggi pada penyakit yang disebabkan karena rokok seperti diabetes, jantung dan aterosklerosis. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang satu ini.

Tidak Memperhatikan Waktu Tidur

Memperhatikan waktu tidur sangat penting untuk dilakukan. Tidur akan dapat membuat tubuh tetap sehat serta membantu mengembalikan energi yang hilang setelah melakukan aktivitas selama seharian. Tidak  hanya itu, tidur yang cukup akan membantu hormon lapar terkendali pada tubuh. Sedangkan jika tidak cukup tidur akan membuat anda lapar dan mengonsumsi kalori. Karena kebiasaan ini anda akan berisiko mengalami obesitas yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Oleh karena itu, pastikan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam.

Malas-Malasan

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk anda yang memiliki PCOS, anda jangan malas-malasan dan tidak mau melakukan olahraga. Olahraga justru akan membuat risiko penyakit jantung dan obesitas menurun yang biasanya rentan dialami oleh orang yang mengalami PCOS.

Dalam  melakukan olahraga anda tidak perlu pergi ke pusat kebugaran, sebab anda bisa melakukan olahraga sendiri di rumah. Anda cukup melakukan olahraga ringan, contohnya melakukan latihan sederhana ataupun berjalan kaki.

Minum Obat Tidak Teratur

Untuk membantu mengatasi kondisinya, wanita yang mengalami PCOS biasanya diresepnya obat. Obat akan bekerja dengan efektif jika anda mengonsumsi obat dengan teratur sesuai diresepkan oleh dokter. Oleh karena itu, anda harus minum obat sesuai dengan anjuran dan dosis yang telah dokter resepkan untuk anda.

Jadwal Menstruasi Tidak Dicatat

Periode menstruasi yang tidak teratur biasanya dialami oleh orang dengan PCOS. Bahkan banyak yang tidak mengingat atau mencatat jadwal menstruasi karena terbiasa dengan periode menstruasi yang tidak teratur. Padahal hal itu bisa saja anda mengalami masalah kesehatan yang serius. Maka dari itu, sebaiknya anda menandai kalender atau mencatat kapan kali terakhir anda menstruasi. Apabila anda mengalami telat menstruasi beberapa waktu berturut-turut lebih dari 40 sampai 50 hari, sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan pada dokter.

Lihat juga : Penyakit yang Menyebabkan Sulit Hamil

Tidak Konsultasi Pada Dokter

Ketika anda melakukan pemeriksaan pada dokter, biasanya dokter akan menjadwalkan rutin kapan anda harus berkonsultasi lagi. Hal ini sangat penting agar anda terhindari dari komplikasi, serta memeriksa dengan berkala kesehatan anda.  Terlebih lagi jika anda sedang melakukan perawatan mengatasi ketidaksuburan karena PCOS. Anda harus menjalankan pengobatan dengan teratur. Usahakan tidak melewatkan jadwal konsultasi agar perawatan yang sedang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang baik.