Kenali Penyebab Wanita Sulit Hamil

Diposting pada

Beberapa hal diketahui menjadi penyebab wanita sulit hamil. Penting mengetahui apa saja penyebab wanita sulit hamil supaya anda dapat menemukan solusi yang tepat agar anda bisa cepat hamil.

Keluarga akan semakin lengkap dengan kehadiran anak. Karena seperti itu, tidak sedikit pasangan yang baru menikah langsung merencanakan program hamil.

Hanya saja, tidak semua pasangan beruntung dan bisa langsung mendapatkan kehamilan. Faktanya, meskipun sudah menjalankan program hamil dengan baik dan tepat, tetapi beberapa pasangan justru tidak kunjung mendapatkan kehamilan.

Penyebab Wanita Sulit Hamil

Diketahui terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan wanita sulit hamil. Untuk meningkatkan peluang anda agar cepat hamil, penting mengetahui penyebab sulit hamil seperti berikut ini.

Penyebab Wanita Sulit Hamil

Usia

Usia adalah faktor paling utama yang menyebabkan wanita sulit hamil. Ketika memasuki usia 35 tahun, kesuburan wanita akan semakin menurun. Umumnya wanita dapat hamil dengan alami, serta melahirkan bayi sehat pada usia 35 tahun atau kurang. Akan tetapi, setelah usia lebih dari 35 tahun, jumlah wanita yang mengalami masalah pada kesuburan, keguguran dan masalah lainnya yang berhubungan dengan bayi semakin tinggi. Sedangkan saat memasuki usia 40, diketahui dari 5 hanya 2 wanita yang dapat hamil.

Semakin usia bertambah maka peluang kehamilan akan semakin kecil dan membutuhkan waktu yang lama bagi wanita untuk bisa hamil, meskipun pada akhirnya ia tetap bisa hamil. Tidak hanya itu, risiko mengalami komplikasi kehamilan dan keguguran akan semakin meningkat.

Masalah ketidaksuburan atau kemandulan pada wanita disebabkan karena adanya masalah pada ovulasi dan tuba falopi mengalami sumbatan.

Seiring dengan pertambahan usia, masalah ovulasi dapat terjadi karena:

  • Sel telur yang berkualitas hanya tinggal sedikit, yang mana akan menyebabkan anda sulit hamil. Selain itu, dalam ovarium cadangan sel telur semakin berkurang.
  • Seiring bertambahnya usia menstruasi akan menjadi tidak teratur. Ketika memasuki waktu monopouse siklus menstruasi akan menjadi jarang. Karena seperti itu, ovulasi anda akan menjadi tidak menentu.
  • Beberapa wanita justru mengalami monopouse lebih awal, serta berhenti berovulasi sebelum berusia 40 tahun.

Sedangkan sumbatan tuba falopi dapat disebabkan karena infeksi atau masalah yang lainnya.

Apabila anda ingin hamil, berapapun itu usia anda maka anda harus mampu mempersiapkan diri dengan baik. Penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem reproduksi.

Kesehatan

Kesehatan tubuh dapat menentukan seberapa cepat anda bisa hamil. Wanita sehat dan aktif yang melakukan hubungan intim agar bisa hamil peluangnya diketahui hanya sekitar 22%-40% dalam setiap bulannya. Sedangkan pada wanita yang kesehatannya terganggu, agar bisa hamil peluangnya akan jauh lebih rendah dari itu.

Beberapa gangguan kesehatan dapat menyebabkan hormon tidak berfungsi dengan normal. Penyakit yang memiliki hubungan dengan kelenjar tiroid dan adrenal dapat menyebabkan masalah kemandulan. Pasalnya, penyakit tersebut memproduksi estrogen, testosteron dan hormon stres kortisol terlalu banyak sehingga akan mengganggu ovulasi. Selain itu, penyakit yang lainnya yang dapat mengganggu kesuburan yaitu endometriosis. Endometriosis itu sendiri merupakan keadaan dimana jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Yang mana keadaan ini akan menciptakan jaringan parut yang akan mengganggu tuba falopi. Tidak hanya itu, endometriosis juga dapat menyebabkan radang panggul. Keadaan ini membuat rahim tidak ramah terhadap sel telur.

Penyakit lainnya yang dapat memperkecil peluang anda untuk hamil yaitu, PCOS, diabetes dan asma, serta kelebihan atau kekurangan berat badan.

Masalah Kesuburan

Banyak wanita yang sulit hamil disebabkan karena masalah kesuburan. Beberapa hal dapat menjadi masalah kesuburan seperti misalkan adanya gangguan pada tuba falopi, alergi sperma, serta masalah kesuburan yang lainnya. Yang mana masalah-masalah tersebut dapat menyebabkan kemandulan.

Apabila anda berusia di bawah 35 tahun, serta sudah menjalankan program hamil lebih dari satu tahun, maka sebaiknya konsultasikan masalah anda pada dokter kandungan.

Pola Hidup

Pola hidup yang sehat dan menerapkan pola makan dengan menu sehat, serta melakukan olahraga dengan teratur dapat membantu anda dalam meningkatkan peluang untuk hamil. Bagi anda yang sedang menjalankan program hamil, anda tidak bisa mengabaikan pola hidup sehat.
Dengan pola hidup yang sehat dan tepat dapat membantu memperbesar peluang agar cepat hamil. Agar cepat hamil, berikut ini beberapa tips gaya hidup yang dapat anda lakukan:

  • Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat seperti misalkan sayuran, buah-buahan, lemak sehat, biji-bijian dan sumber protein akan berpengaruh pada kesehatan anda. Tubuh anda akan siap menerima kehamilan.

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal

Berat badan yang tidak ideal, baik itu kekurangan atau kelebihan berat badan dapat mempengaruhi produksi hormon, serta menghambat ovulasi. Untuk meningkatkan frekuensi ovulasi dan memperbesar peluang suksesnya pembuahan, penting untuk menjaga agar berat badan tetap ideal dan sehat.

  • Hindari kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan buruk perlu anda hindari dan pasangan anda pun harus mengikuti aturan yang sama. Kebiasaan buruk yang dimaksud di antaranya yaitu konsumsi minuman alkohol dan merokok. Hindari konsumsi alkohol dan merokok agar keinginan anda cepat hamil bisa segera terwujud.

  • Hindari bekerja malam hari

Bekerja malam hari akan semakin meningkatkan risiko mengalami kemandulan. Pasalnya, tubuh yang kekurangan istirahat ketika malam hari akan mempangaruhi produksi hormon.

  • Lakukan pemeriksaan rutin

Penting untuk menjadwalkan pemeriksaan rutin pada dokter. Hal ini dapat membantu anda untuk mendeteksi masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kesuburan dan mengobatinya dengan segera.

  • Hindari infeksi penyakit menular seksual

Infeksi penyakit menular seksual seperti misalkan gonore dan klamidia merupakan penyebab kemandulan utama pada wanita. Sebisa mungkin hindari infeksi penyakit menular yang satu ini.

Aktivitas Terlalu Berat

Baik pria maupun wanita terkadang melakukan aktivitas yang terlalu berat yang melebihi kemampuan tubuhnya. Biasanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka mengkonsumsi vitamin atau suplemen tertentu.

Hal seperti itu merupakan salah satu penyebab seseorang sulit hamil. Olahraga memang disarankan agar bisa segara hamil, akan tetapi olahraga yang dilakukan secara berlebihan justru tidak disarankan karena dapat menyebabkan sulit hamil.

Untuk pria yang sering melakukan olahraga berlebihan, sperma dapat mati yang disebabkan karena suhu internal testis dapat meningkat tinggi. Konsultasikan dengan dokter mengenai porsi olahraga atau aktivitas tertentu.

Kuret Berulang

Kuret yang dilakukan dengan berulang dalam waktu yang berdekatan, menjadi salah satu pemicu terjadinya perlengketan pada rahim, apalagi apabila kuret yang dilakukan tidak benar-benar steril, endometrium akan menjadi menutup yang seharusnya berbentuk rongga. Sehingga dengan demikian keadaan tersebut akan menyebabkan sulitnya hamil dan memiliki anak, bahkan dapat menyebabkan kemandulan.

Kondisi Sperma

Kualitas sperma merupakan faktor penting agar cepat hamil. Ejakulasi dikatakan normal apabila sperma yang keluar mencapai 39 juta. Akan tetapi, jika sperma yang keluar kurang dari 20 juta, maka sel telur yang dibuahi kemungkinannya sangat kecil. Meskipun sperma kurang, akan tetap wanita tetap bisa hamil, hanya saja untuk bisa hamil membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *