Ini Yang Perlu Diperhatikan Ketika Hamil Anak Kedua Setelah Operasi Caesar

Diposting pada

Hamil Anak Kedua Setelah Operasi Caesar – Program hamil tentunya menjadi sebuah hal yang harus dilakukan bagi orang tua yang ingin memiliki momongan. Begitupula dengan program hamil anak kedua yang memang sering dijalankan oleh beberapa pasangan meskipun setelah caesar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda tengah menjalankan hamil anak kedua setelah operasi caesar seperti yang akan kami sajikan berikut ini!

Mengalami kehamilan dan juga melahirkan memang menjadi keinginan setiap wanita. Ketika wanita sudah menjalani kedua fase ini, tentunya ini mengindikasi bahwa Anda sebagai ‘wanita sejati”. Bagaimanpun juga, wanita sejati memang wanita yang pernah hamil, melahirkan dan juga mengurus anaknya.

Namun sayangnya, tidak semua wanita dapat melewati fase ini dengan mudah. Ada beberapa bahkan banyak sekali wanita yang belum pernah hamil dan melahirkan meskipun telah menikah terlalu lama. Maka dari itu, memang sangat disarankan bagi Anda yang ingin memiliki anak untuk menjalankan program hamil yang sesuai dengan prosedur yang dijalankan.

Program hamil memang memiliki beberapa jenis mulai dari program hamil anak pertama, anak kedua, program hamil setelah bo bahkan program hamil setelah caesar. Untuk kali ini, kami akan sajikan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hamil anak kedua setelah caesar yang harus Anda lakukan.

Hamil Anak Kedua Setelah Caesar

hamil anak kedua setelah operasi caesar

Caesar memang menjadi salah satu tindakan yang harus dilakukan oleh tenaga medis untuk mengeluarkan seorang bayi yang ada di dalam kandungan seorang ibu. Ketika seorang wanita menjalani operasi caesar, memang terkadang menjadi moment yang cukup sulit untuk merencanakan kehamilan kembali. Pasalnya, operasi caesar dapat menimbulkan dampak yang cukup signifikan terhadap ibu dan juga kandungannya. Baca juga: Tips Makanan Untuk Cepat Hamil Yang Wajib Anda Konsumsi

Seorang wanita yang menjalani operasi caesar tentunya disebabkan oleh beberapa alasan yang tentunya berhubungan dengan ibu dan juga janin. Hal ini dikarenakan bayi di dalam kandungan membutuhkan pertolongan dengan segera. Maka dari itu, dilakukanlah operasi caesar. Operasi caesar memang memiliki dua jenis yaitu operasi secara emergency dan juga operasi secara elektif.

– Operasi caesar emergency bisa dilakukan saat proses kelahiran berlangsung dalam kondisi yang sangat gawat darurat. Dalam kondisi ini tentunya ibu hamil membutuhkan pertolongan dari dokter kandungan untuk segera melakukan tindakan untuk menolong bayi dan juga ibu agar kedua-duanya selamat.

– Operasi caesar elektif yaitu sebuah tindakan operasi yang pada awalnya telah direncanakan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan dokter kandungan menemukan gangguan pada kehamilan yang mengharuskan seorang ibu dilakukan tindakan operasi caesar.

Mengenai program hamil anak kedua setelah operasi caesar memang menimbulkan banyak pertanyaan dimana program ini menjadi salah satu program kehamilan yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Terlepas dari hal tersebut, tentunya ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan ketika Anda berencana untuk menjalankan program hamil anak kedua. Terutama setelah operasi caesar yang akan kami sajikan pada poin selanjutnya. Lihat juga: 9 Tips Program Hamil Anak Ketiga | Penyebab & Caranya

Hamil Anak Kedua Setelah Operasi Caesar, Amankah?

Terlepas dari aman dan juga tidaknya dalam menjalani program hamil anak keuda setelah operasi caesar. Tentunya, ini menjadi tugas bagi Anda untuk mulai mencari tahu apakah memang aman ataukah tidak untuk melakukan program hamil. Tentunya, bagi wanita yang telah menjalani operasi caesar, mereka akan merasa sedikit takut dan juga was was akan kehamilan dan juga kelahiran selanjutnya. Terkadang mereka akan merasa takut jikalau kehamilan dan kelahiran anak kedua akan sama dengan kelahiran anak pertama.

Tidak sedikit wanita yang merasa gelisah akan kehamilan yang kedua, apakah akan berjalan baik ataukah tidak. Tentunya, perlu Anda ketahui bahwa kehamilan anak kedua setelah operasi caesar merupakan sebuah kehamilan yang sanngat aman untuk dilakukan oleh setiap wanita. Akan tetapi, tetap saja Anda harus memantau proses ketika akan menuju persalinan. Dokter kandungan akan secara teliti memeriksakan kandungan Anda untuk mengetahui keadaan janin di dalam kandungan. Ketiak diindikasi ada gejala-gejala yang dapat mengganggu kehamilan, maka tentunya dokter akan menyarankan tindakan yang lain untuk menjaga kehamilan Anda.

Hal-Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Merencanakan Kehamilan Kedua

Setelah kita mengetahui aman ataukah tidaknya program hamil anak kedua setelah operasi caesar. Tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan program hami anak kedua setelah operasi caesar. Ada beberapa pertimbangan yang memang harus diperhatikan ketika menjalankan program hamil anak kedua.

Ketika tenaga kesehatan mulai melihat adanya indikasi yang cukup berbahaya bagi ibu dan juga janin. Maka dengan segera dokter akan menindaklanjuti beberapa perawatan yang harus dilakukan. Dalam hal program hamil anak kedua, jika memang kelahiran belum genap setahun dari operasi yang dilakukan. Maka tentu saja kehamilan selanjutnya akan berisiko tinggi. Jika sudah terjadi demikian, maka tenaga medis akan menyarankan kepada Anda untuk melakukan operasi caesar pada kelahiran selanjutnya.

Ketika hendak melakukan persalinan pada hamil anak kedua setelah operasi caesar, banyak beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti pada beberapa poin berikut ini:

– Bagi ibu yang melakukan persalinan dengan tindakan operasi caesar dengan alasan detak jantung bayi yang tidak beraturan atau bayi yang sungsang tanpa adanya komplikasi sama sekali. Tentunya, jika pada kelahiran pertama dilakukan caesar. Maka tenaga ahli akan menyarankan operasi caesar untuk mengatasi masalah dengan keadaan leher rahin yang tidak melebar dan juga kepala bayi yang tidak turun.

– Bagi ibu hamil yang mempunyai komplikasi akan penyakit tertentu seperti diabetes dan juga hipertensi. Pada umumnya, dokter kandungan tidak akan menyarankan melakukan persalinan normal setelah operasi caesar sebelumnya.

Pendeteksian Secara Dini Menjelang Persalinan

Diagnosa serta penanganan yang dilakukan sejak dini memang dapat dilakukan oleh ibu hamil setelah melakukan operasi caesar. Penanganan yang tepat untuk melakukan proses persalinan caesar ialah dengan melakukan pemeriksaan sedini mungkin dengan melakukan USG. Seperti yang kita tahu bahwa operasi caesar ialah proses melahirkan yang dilakukan dengan cara metode bedah rahim pada perut.

Tentunya, banyak ibu hamil yang merasa khawatir jika kelahiran yang dilakukan dengan metode caesar akan berdampak buruk pada persalinan berikutnya. Akan tetapi, metode kelahiran normal pada ibu hamil setelah melakukan caesar tergantung pula dari kondisi ibu hamil.  Apakah mendukung ataukah tidak untuk melakukan persalinan secara normal.

Perlu Anda tahu bahwa proses persalinan secara normal setelah dilakukan operasi caesar dinamakan dengan VBAC atau disebut dengan Vaginal Birth After C-Section. Tentunya, ada banyak yang telah melakukan VBAC dan mendapatkan kesuksesan sekitar 60-80 %. Hal yang perlu Anda ingat, VBAC bukan tanpa risiko karena dapat menyebabkan pecahnya rahim dan juga bekas luka caesar yang akan terbuka kembali. Tentu, ini akan memperparah keadaan kehamilan Anda. Sebelum melakukan VBAC diperlukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini tentunya untuk mendukung proses persalinan normal yang akan dilakukan oleh ibu hamil.