15 Hal Yang Dilarang Saat Program Hamil Untuk Anda Hindari

Diposting pada

Hal Yang Dilarang Saat Program Hamil – Jika Anda tengah menjalankan program hamil tentunya Anda jangan melakukan sesuatu semaunya. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang memang harus dihindari oleh pasangan saat menjalankan program hamil Berikut kami sajikan hal-hal yang dilarang saat program hamil.

Hamil dan melahirkan tentunya menjadi sebuah fitrah bagi setiap wanita. Setelah mengalami kedua hal tersebut, pastinya seorang wanita dapat dikatakan sebagai wanita sejati. Wanita mana yang tidak menginginkan hadirnya buah hati di pernikahannya. Pastinya, tidak ada satu wanita pun di dunia ini yang tidak ingin mempunyai keturunan.

Akan tetapi, keinginan setiap wanita itu tidak selamanya menjadi kenyataan. Faktanya, banyak pasangan yang sudah lama menikah belum juga dikarunia seorang anak bahkan ketika sudah lanjut usia. Kondisi inilah yang membuat pasangan suami istri merasa memiliki hidup yang tidak lengkap.

Setiap pasangan yang sudah menikah tentunya memiliki kondisi dan juga keadaan yang berbeda dalam kehamilan. Ada yang mudah untuk mendapatkan kehamilan dan ada juga yang susah mendapatkan kehamilan. Bahkan tidak sedikit pasangan yang harus menjalankan berbagai terapi dan juga program hamil demi mendapatkan kehamilan. Tidak jarang juga yang tidak berhasil dalam menjalankan program kehamilannya tersebut.

Hal Yang Dilarang Saat Program Hamil

hal yang dilarang saat program hamil

Setiap wanita tentu akan timbul rasa iri di dalam hatinya ketika ia mendapati dan juga melihat beberapa wanita di sekelilingnya sudah mendapatkan keturunan. Sedangkan, ia belum juga di anugerahi buah hati meski ia telah menjalankan program hamil dengan perjuangan yang cukup berat. Tidak jarang juga pasangan yang justru putus asa dan menyerah dengan keadaan tersebut karena dirasa mereka sudah menjalankan program hamil dengan sebaik mungkin.

Namun, perasaan tersebut bukanlah sebuah jawaban dan juga solusi yang tepat jika Anda benar-benar menginginkan hadirnya buah hati di hidup Anda. Dengan adanya rasa menyerah di dalam hati Anda, justru akan membuat otak dan juga tubuh Anda tidak mendukung harapan Anda. Untuk itu, jika Anda tengah menjalankan program hamil, namun belum terlihat tanda-tanda bahwa Anda akan berhasil. Anda tentunya harus introspeksi diri apakah memang masih ada hal yang belum Anda perbaiki ketika menjalankan program hamil tersebut. Ataukah ada hal-hal yang belum Anda lakukan untuk mendukung kehamilan tersebut terjadi. Baca juga: 13 Faktor Penyebab Kemandulan Yang Menghambat Program Kehamilan

Sebagian besar pasangan yang tengah menjalankan program hamil tidak menyadari bahwa apa yang ia lakukan justru membuatnya sulit mendapatkan keturunan. Tidak heran jika pasangan yang menjalankan program hamil tetap saja melakukan hal-hal yang dilarang saat program hamil. Dengan mengindahkan segala hal yang dilarang namun tetap dilakukan, inilah yang membuat program hamil Anda gagal.

Nah, untuk memberikan Anda solusi dan juga pencerahan mengenai program hamil. Berikut ini kami sajikan beberapa hal yang dilarang saat program hamil yang tentu wajib Anda ketahui dan juga hindari demi mewujudkan harapan Anda untuk mendapatkan keturunan.

Lihat juga:  Tips Menjalankan Program Hamil Setelah BO | Definisi, Penyebab & Pencegahan

1. Merokok

Salah satu penyebab pasangan sulit mendapatkan kehamilan ialah tidak berhenti merokok. Seperti yang kita tahu bahwa merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk dan juga harus dihindari oleh setiap pasangan yang ingin mendapatkan keturunan. Pasalnya, rokok mengandung zat yang cukup berbahaya seperti nikotin dan juga tar di dalamnya.

Seperti sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kesuburan perokok lebih rendah sekitar 10-40% jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Penelitian tersebut seyogianya menjadi sebuah peringatan dan juga acuan untuk kita saat menjalankan program hamil. Salah satu organisasi di Amerika menyatakan bahwa sekitar 13% ketidaksuburan baik wanita maupun pria disebabkan oleh konsumsi tembakau. Terlebih merokok lebih dari 5 batang dapat menurunkan kesuburan wanita dan juga pria.

Akan tetapi, memasukkan kebiasaan merokok dapat memicu kontroversi. Hal ini dibuktikan oleh pasangan yang meski suami perokok dapat dengan mudah mendapatkan kehamilan. Sedangkan, terdapat beberapa pasangan yang meskipun kedua-duanya tidak merokok justru sulit untuk mendapatkan keturunan.

Terlepas dari kontroversi tersebut, tentunya setiap orang memiliki kondisi dan juga keadaan tubuh yang berbeda. Bisa jadi imunitas tubuh perokok memang sangat baik dan juga tidak memiliki masalah mengenai kesuburan. Sedangkan pada tubuh yang tidak merokok justru tidak memiliki imunitas tubuh yang kuat dan juga adanya kelainan pada kesuburannya sehingga membuatnya sedikit sulit mendapatkan keturunan. Terlepas dari benar atau tidaknya hal tersebut tentunya kita memiliki kondisi yang berbeda dari orang lain. Untuk itu, menghindari diri dari kebiasaan merokok memang lebih baik bagi Anda.

2. Mengonsumsi junk food

Tubuh yang sehat tentunya tidak lepas dari asupan nutrisi dan juga gizi setiap harinya. Tentunya, kita diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang sehat agar mempunyai tubuh yang fit dan juga sehat pula terlebih jika Anda tengan menjalankan program hamil. Banyak mengonsumsi sayuran dan juga buah terutama yang kaya akan asam folat memang menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda.

Gemar mengonsumsi makanan junk food dan juga ngemil tidak sehat justru akan menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Pasalnya, junk food mengandung lemak jahat yang dapat masuk ke dalam tubuh. Jika dibiarkan tumpukan lemak pada tubuh dapat memenuhi rahim sehingga sperma sulit mencapai rahim. Hal ini bukan berarti Anda dilarang keras untuk mengonsumsi junk food, namun lebih baik Anda mengurangi porsi lebih sedikit. Jika memungkinkan untuk berhenti saat program hamil tentu ini lebih baik bagi Anda.

3. Banyak mengonsumsi kopi

hal yang dilarang saat program hamil

Kopi memang membuat tubuh kita menjadi lebih rileks, namun jika dikonsumsi dalam takaran yang berlebih tentu menjadi bumerang bagi kita. Jika kita tengah program hamil, jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi secara berlebih. Anda tentunya dapat mengurangi porsi dari sebelum menjalankan program hamil.

Kopi tentunya mengandung kafein yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Anda harus mengonsumsi kopi dengan kadar kafein yang rendah dan juga tidak mengonsumsi dalam porsi yang berlebih. Anda juga dapat menghindari dari konsumsi teh dan juga coklat karena keduanya mengandung kafein.

4. Tidak cukup istirahat

Kadar hormon kesuburan pada wanita dapat diperoleh ketika beristirahat. Hormon kesuburan akan meningkat jika wanita memiliki kualitas tidur dan juga istirahat yang cukup. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyatakan bahwa hormone Leptin yang merupakan hormon pendukung kesuburan pada wanita dapat menurun jika wanita tidak cukup beristirahat.

Untuk itu, jika Anda tengah menjalankan program hamil, sebaiknya Anda mempunyai kualitas tidur yang baik. Cukupi istirahat Anda selama 7 jam per hari agar tingkat kesuburan wanita dapat meningkat. Usaha ini tidak lain sebagai solusi dan juga cara agar lebih mudah mendapatkan keturunan.

5. Malas untuk pergi ke dokter

Rasa malas yang kerap menyerang pasangan tentu menjadi salah satu penyebab sulit mendapatkan kehamilan. Bagaimanapun juga memeriksakan diri ke dokter kandungan memang sangat dianjurkan bagi Anda. Pasalnya, pemeriksaan dokter ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan juga masalah kesuburan di dalam tubuh kedua pasangan.

Dengan memeriksakan diri ke dokter, tentu saja Anda dapat mengetahui keadaan rahim, kesuburan dan juga masalah lainnya. Bukan berarti memeriksakan diri ke dokter menjadi sebuah kekhawatiran bagi Anda. Banyak ketakutan akan mendapatkan informasi dan juga hasil yang dapat membuat Anda putus asa untuk menjalankan program hamil. Namun, dengan mengetahui kondisi pada tubuh kita, tentunya kita dapat menjalankan cara dan juga beberapa pengobatan yang dianjurkan oleh dokter.

6. Acuh terhadap IMT

IMT merupakan akronim dari Index Masa Tubuh yang berfungsi untuk mengetahui ukuran berat badan normal, obesitas, tinggi badan dan juga index lainnya. Dengan acuh terhadap index tentunya menjadi sebuah penyebab pasangan sulit mendapatkan keturunan.  Hal ini dikarenakan berat badan berlebih dapat mempengaruhi sistem hormonal.

Sistem inilah yang menyebabkan sel sperma dan juga sel telur pada wanita terganggu. Berat badan yang berlebih tentunya menyebabkan kadar lemak di dalam tubuh menjadi menumpuk sehingga dapat memenuhi rahim. Kondisi ini dapat menghambat sel sperma yang akan menuju sel telur. Alangkah baiknya jika penurunan berat badan sekitar 5% saja. Anda juga jangan terlalu kurus karena dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Maka dari itu, jika Anda tengah menjalankan program hamil jangan acuh terhadap IMT.

7. Hubungan intim yang tidak intens

Janganlah sekali-kali berpikir bahwa dengan melakukan hubungan intim yang tidak terlalu intens dapat menghemat sperma. Pemikiran tersebut tentunya tidak benar. Dengan menghemat sperma bukan berarti Anda dapat dengan mudah mendapatkan kehamilan. Justru menghemat sperma dapat dibilang melakukan sesuatu yang setengah-setengah.

Ketika Anda menjalankan program hamil, jalani hubungan seksual Anda dengan cara yang menyenangkan dan juga rileks. Anda dapat melakukan hubungan seksual setidaknya 3 kali seminggu dan juga jangan terlalu sering karena kualitas sperma kurang baik. Pada saat melakukan hubungan seksual tentunya Anda jangan terpaksa dan hanya demi mendapatkan keturunan. Akan tetapi, buatlah hubungan seksual Anda menjadi lebih rileks dan juga menyenangkan.

8. Menggunakan pelumas bahan air

Tentunya, ketika melakukan hubungan seksual, ada beberapa wanita yang tidak memiliki cukup pelumas sehingga memaksanya untuk menggunakan pelumas. Akan tetapi, pelumas terutama yang berbahan dasar air dapat menghambat pergerakan sperma untuk mencapai ovum. Pelumas yang terlalu banyak dapat membuat sperma kesulitan dalam bergerak untuk membuahi sel telur sehingga pembuahan pun tidak akan terjadi.

9. Stres

hal yang dilarang saat program hamil

Stres merupakan suatu kondisi yang dapat mengganggu psikis seseorang. Stres yang dialami oleh sebuah pasangan yang tengah menjalankan program hamil tentunya dapat menghambat kehamilan. Semakin keras dan juga berat rasa stres yang dialami oleh seseorang, tentunya dapat mengganggu kesehatan dan juga mengganggu kinerja sistem reproduksi Anda.

Rasa stres yang timbul pada diri seorang terutama wanita yang kerap memikirkan usahanya untuk mendapatkan kehamilan. Tentunya, sangat mempengaruhi tingkat kesuburan pada wanita dan juga pria. Ada cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah stres diantaranya yoga, pijat dan juga olahraga.

10. Sembarangan saat bersih-bersih rumah

Ketika Anda tengah melakukan program hamil tentunya Anda jangan sembarangan untuk melakukan bersih-bersih terutama menggunakan bahan kimia. Paparan tinggi dari BPA (bisphenol A) yang merupakan bahan kimia berbahaya ditemukan di dalam botol minuman, barang plastik dan juga wadah makanan. Bahan kimia tentunya dapat menurunkan jumlah sperma atau juga jumlah sel telur sehingga dapat mengganggu kesuburan. Untuk itu, Anda tentu dapat membaca label terlebih apakah mengandung bahan-bahan kimia ataukah tidak.

11. Minum minuman keras

Minum keras tentunya sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Pria yang suka minum minuman keras tentunya memiliki resiko yang lebih tinggi untuk masalah keguguran dan juga kesuburan. Pria yang memiliki hobi meminum minuman keras juga dapat membahayakan tingkat kesuburan sel sperma dan juga sel telur. Untuk itu, jika Anda tengah menjalankan program hamil sebaiknya jangan mengonsumsi minuman beralkohol yang nantinya dapat menghambat proses kehamilan Anda.

12. Membatasi waktu berhubungan

Tentunya, mengetahui masa subur memang sangat dianjurkan bagi Anda. Satu hal yang paling banyak pasangan lakukan ialah dengan melakukan hubungan seksual hanya pada masa-masa subur. Hal tersebut tentunya sangatlah tidak benar. Melakukan hubungan seksual pada masa-masa subur memang harus Anda lakukan tetapi Anda juga tidak perlu membatasi hubungan seksual pada waktu-waktu tertentu. Hal ini justru akan menyebabkan kualitas sperma dan juga sel telur menjadi kurang baik.

Selain itu, dengan membatasi hubungan seksual dapat membuat hubungan percintaan Anda lebih renggang. Hubungan seksual tentunya dapat berhasil mendapatkan kehamilan jika kita teratur dan juga mempunyai jadwal tertentu. Dengan waktu yang sudah terjadwal tentunya menjadi masa untuk memproduksi sperma sehingga akan lebih baik.

13. Mengonsumsi obat-obat tertentu

Tentunya, jika Anda tengah menjalankan program hamil, jangan sekali-kali mengonsumsi obat-obatan tertentu yang justru memiliki efek yang buruk terhadap tubuh. Ketika Anda merasa sakit, lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter dan ceritakan bahwa Anda tengah menjalankan program hamil. Untuk itu, dokter akan memberikan dosis dan juga obat yang memang khusus bagi Anda.

Sebagian besar obat tentunya dapat memiliki indikasi tertentu yang dapat membahayakan janin dan juga membuat program hamil tidak berhasil. Selain itu, obat yang mengandung ibuprofen dapat mencegah terjadinya kehamilan sehingga dapat menghambat proses kehamilan.

14. Tidak mencari support

Sebuah pasangan yang tengah menjalankan program hamil tentunya harus mencari support dan juga dukungan dari keluarga. Rasa cemas dan juga tertekan yang timbul dari diri seseorang terutama yang belum mendapatkan keturunan meski sudah lama menikah tentunya dapat menimbulkan rasa putus asa dan juga menyerah.

Untuk itu, Anda dapat mencari dukungan dari keluarga dengan menceritakan keinginan Anda  demi mendapatkan keturunan. Anda jug dapat mencari komunitas tertentu yang memiliki latar belakang dan juga keinginan yang sama. Dengan begitu, Anda dapat memiliki banyak orang yang memang sangat mengerti keadaan Anda.

15. Mengonsumsi makanan laut bermerkuri

Tentunya, makanan laut memang kaya akan omega-3. Namun terdapat juga beberapa makanan yang mengadung merkuri yang cukup tinggi. Beberapa ikan laut yang mengandung merkuri yang cukup tinggi dapat menyebabkan kandungan terganggu. Selain itu, kandungan merkuri juga berpengaruh pada kesehatan wanita.

Seperti tragedi yang terjadi di Minamata, Jepang yang memiliki kecenderungan makanan hasil laut. Limbah merkuri yang berasal dari limbah industri besar-besaran tentunya membuat kandungan ikan laut semakin berbahaya sehingga menyebabkan bayi mengalami kecacatan dan juga kelainan bawaan. Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan laut yang mengandung merkuri dan juga makanan mentah.

Tentunya, Anda harus menghindari hal yang dilarang saat program hamil jika Anda memang benar-benar menginginkan kehamilan terjadi pada Anda. Itulah beberapa hal yang dilarang saat program hamil yang wajib Anda hindari sekarang juga. Semoga bermanfaat!