12 Hal Yang Dilarang Ketika Program Hamil | Penghambat Kehamilan

Diposting pada

Hal Yang Dilarang Ketika Program Hamil – Menjalankan program hamil memang menjadi cara yang kerap dilakukan oleh setiap pasangan yang ingin memiliki anak. Tentunya, dalam menjalankan program hamil dibutuhkan suatu parameter khusus yang harus Anda perhatikan bahkan harus Anda hindari. Berikut kami sajikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika sedang program hamil.

Berbicara tentang program hamil tentunya akan terbersit di dalam otak kita mengenai keinginan besar untuk mendapatkan keturunan. Memang, program hamil menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki momongan namun belum juga dikarunia-Nya. Tentunya, kita harus berusaha sekuat dan sekeras mungkin untuk melakukan hal-hal dalam menunjang program hamil.

Dalam melakukan program hamil, alangkah baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk memastikan apakah kondisi kita sehat ataukah ada masalah tertentu. Para ahli medis tentunya akan melakukan pemeriksaan secara khusus kepada kedua pasangan untuk mengetahui keadaan dan juga kondisi organ reproduksi. Bagian ini tentu menjadi bagian yang paling penting untuk menunjang kehamilan Anda. Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pada Pria

Hal Yang Dilarang Ketika Program Hamil

hal yang dilarang ketika program hamil

Dalam menjalankan program hamil tentunya hal yang paling penting bagi Anda ialah dengan menjaga dan juga menghindari hal yang boleh dan juga tidak boleh dilakukan. Hal ini tentunya diperlukan untuk menjaga kondisi kesehatan kedua pasangan. Jika Anda justru melakukan hal yang dilarang oleh pakar kesehatan untuk menjalankan program hamil Anda, kemungkinan besar program hamil Anda tidak akan berjalan sempurna.

Untuk meningkatkan peluang Anda agar cepat hamil tentunya Anda harus melakukan berbagai cara dan juga menghindari hal yang boleh dan juga tidak boleh dilakukan saat menjalankan program hamil. Hal ini tentunya bukanlah apa-apa bagi Anda jika dibandingkan keinginan yang besar dalam diri Anda untuk mendapatkan kehamilan. Berikut beberapa hal yang dilarang ketika program hamil yang sebisa mungkin harus Anda hindari, diantaranya:

Makanan

Poin pertama yang menjadi salah satu masalah yang perlu diperhatikan dalam menjalankan program hamil yaitu dengan membatasi konsumsi makanan tertentu. Tidak dapat dihindari bahwa makan memang menjadi aktivitas yang paling penting dalam aktivitas kita sehari-hari. Tentunya, makanan menjadi sebuah alternatif dan juga cara dalam memenuhi asupan gizi dan juga nutrisi di dalam tubuh kita. Lihat juga: 9 Tips Program Hamil Anak Ketiga | Penyebab & Caranya

Bagi Anda yang tengah menjalankan program hamil, tentunya Anda jangan sembarang mengonsumsi makanan ketika program hamil. Jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat menjalankan program hamil tentunya jenis makanan yang tidak sehat. Bagaimanapun juga, makanan yang tidak sehat mengandung zat dan juga kandungan yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Jenis makanan yang dilarang saat program hamil diantaranya yang memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi seperti junkfood, fastfood dan juga jenis makanan lainnya. Jenis makanan tersebut tentunya tidak memiliki manfaat sama sekali untuk dikonsumsi oleh wanita yang tengah menjalankan program hamil bahkan akan melemahkan dan mengganggu kesuburan Anda. Terlebih jenis makanan kaleng yang diawetkan serta makanan yang banyak mengandung merkuri dan juga makanan dengan bumbu penyedap dari bahan kimia.

Hindari olahraga yang berat

Olahraga memang menjadi aktivitas yang menyehatkan bagi setiap orang. Namun, jika Anda tengah menjalankan program hamil, tentunya ada beberapa jenis olahraga yang harus dihindari oleh seorang wanita. Olahraga yang berat dan juga ekstrem tentunya menjadi hal yang dilarang ketika program hamil.

Olahraga yang cukup berat seperti mendaki dan juga berlari tentunya menjadi hal yang harus Anda hindari. Untuk pria tentunya Anda tidak diperbolehkan untuk bersepeda. Karena jenis olahraga ini dapat menyebabkan suhu panas didaerah selangkangan sehingga menyebabkan kuantitas dan juga kualitas sperma menjadi menurun. Maka dari itu, Anda harus mulai menghindari hal yang dilarang saat program hamil.

Posisi berhubungan saat program hamil

Hal yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan program hamil ialah dengan memperhatikan posisi saat melakukan hubungan seksual. Meskipun berhubungan intim terbilang sebagai aktivitas yang menyenangkan bagi Anda. Namun, ketika sedang menjalankan program hamil, Anda diharuskan untuk memperhatikan setiap posisi dalam melakukan hubungan seksual.

Hal ini dikarenakan tidak semua posisi bercinta dapat dilakukan dan juga mendukung dalam menjalankan program hamil. Posisi yang harus Anda hindari ketika melakukan hubungan seksual yaitu posisi woman on top dan posisi berdiri. Pasalnya, kedua posisi ini akan menyebabkan rahim kembali keluar dengan sangat mudah.

Posisi dalam melakukan hubungan seksual tentunya sangat berpengaruh terhadap suatu keberhasilan dalam menjalankan program hamil. Selain itu, ketika sedang menjalankan program hamil, Anda tidak disarankan untuk menggunakan pelumas ketika melakukan hubungan seksual. Menggunakan pelumas tentunya dapat menyulitkan sperma untuk masuk dan membuahi sel telur bahkan dapat membunuh sperma.

Satu catatan yang sangat penting untuk Anda perhatikan ialah untuk tidak mengurangi intensitas dalam melakukan hubungan seksual. Lakukan hubungan seksual tanpa adanya rasa beban dalam diri untuk menjalankan program hamil. Para pakar banyak yang menganjurkan untuk melakukan hubungan seksual sesering mungkin.

Penggunaan bahan kimia

Secara tidak langsung efek dari penggunaan bahan kimia memang sangat berbahaya bagi Anda yang tengah menjalankan program hamil. Bahan kimia memang sering kita jumpai karena terdapat dalam kosmetik dan juga obat-obatan yang sering kita konsumsi. Kosmetik dan juga obat-obatan memang sesuatu yang tidak bisa kita hindari karena selalu kita butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Banyak yang mengatakan bahwa jika seorang wanita tengah menjalankan program hamil sebaiknya hindari penggunaan kosmetik dan juga obat-obatan untuk meredakan nyeri. Jika Anda mengalami gangguan kesehatan, ada baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan pengobatan lebih lanjut lagi. Hindari juga untuk mengonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan stamina dan juga daya tahan tubuh karena dapat merusak dan juga membahayakan organ vital yang ada di dalam tubuh kita. Jika Anda berniat untuk mengonsumsi suplemen makanan, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda.

Hal ini sama halnya dengan penggunaan kosmetik pada wajah Anda. Tidak heran jika semua wanita ingin tampil cantik dan juga menarik. Cara yang dapat Anda lakukan pastinya menggunakan kosmetik yang cocok untuk wajah Anda. Namun, dalam penggunaan kosmetik tentunya Anda harus memilih jenis kosmetik yang kemungkinan cocok untuk Anda gunakan.

Terlalu banyak pikiran

Terlalu banyak pikiran di sini erat kaitannya dengan stres yang rentan dialami oleh setiap wanita. Stres pastinya dapat berasal dari mana saja baik beban pekerjaan, keluarga, lingkungan dan juga penyebab lainnya. Hal yang paling menonjol yang sering dirasakan oleh setiap wanita ketika ia sudah menikah namun belum dikarunia seorang anak tentunya ini menjadi sebuah beban pikiran bagi setiap wanita.

Terlebih jika banyak orang yang bertanya mengenai masalah kehamilan yang belum juga Anda dapatkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pertanyaan tersebut tentunya menjadi beban bagi setiap wanita. Terlalu banyak pikiran tentunya lambat laun akan mengundang stres kepada wanita tersebut. Alangkah baiknya jika Anda tidak terlalu menganggap berbagai pertanyaan dan juga dugaan orang-orang terhadap Anda. Hadapi semua pertanyaan mereka dan ucapan mereka dengan kepala yang dingin dan jawablah mereka dengan jawaban yang membuat Anda lebih baik. Atau Anda dapat menenangkan diri Anda dengan mencoba hal-hal baru dan juga beraktivitas yang lebih agar tidak terlalu banyak pikiran.

Tidak peduli terhadap IMT

Seperti yang kita tahu bahwa IMT ialah kepanjangan dari Index Masa Tubuh yang tentunya berfungsi untuk mengukur berat badan seseorang. Ukuran ini tentunya untuk mengetahui apakah seseorang mengalami kelebihan daya tahan tubuh ataukah kekurangan berat badan. Tidak dapat dipungkiri bahwa berat badan yang berlebih dapat mempengaruhi sistem hormonal di dalam tubuh kita. Sistem inilah yang mendukung dan juga mengatur mudah atau tidaknya seseorang untuk mendapatkan kehamilan.

Perubahan sistem hormonal di dalam tubuh seseorang dapat memicu dan mengganggu pembentukan sel telur wanita dan juga sel sperma pada pria. Kondisi inilah yang tentunya membuat pasangan sulit untuk mendapatkan keturunan. Berat badan yang turun sekitar 5% tentunya sangat baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Akan tetapi, hal yang perlu Anda tahu bahwa jangan terlalu gemuk dan juga jangan terlalu gemuk karena akan membuat menstruasi seorang wanita tidak akan teratur. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk mengetahui Index Masa Tubuh (IMT) untuk mendukung kehamilan Anda.

Merasa malas untuk pergi ke dokter kandungan

Rasa malas yang kerap menyerang manusia ini tentu harus sedikit diabaikan jika Anda benar-benar ingin mendapatkan keturunan. Mungkin Anda memang berbeda dengan pasangan yang lain dimana banyak pasangan yang terasa sangat mudah untuk mendapatkan keturunan. Hal ini tentunya membuat Anda harus sedikit berusaha untuk mendapatkan kehamilan yang benar-benar Anda inginkan.

Memeriksakan diri ke dokter tentunya memang dianjurkan bagi Anda. Tindakan ini untuk mengetahui keadaan rahim dan juga masalah yang kemungkinan terjadi di dalam diri Anda. Dengan mengetahui keadaan Anda yang sebenarnya tentunya menjadi hal yang mudah bagi Anda untuk melakukan pengobatan atau juga terapi. Terlebih jika usia Anda lebih dari 35 tahun, pergi dan juga konsultasi ke dokter kandungan memang tindakan yang paling tepat bagi Anda. Usaha ini tentunya tidak ada apa-apa dibandingkan dengan keinginan Anda yang besar untuk mendapatkan keturunan.

Merokok

Hal yang dilarang ketika program hamil untuk poin ini memang sudah tidak diragukan lagi akan bahaya dan juga dampak negatifnya. Sudah banyak orang yang tahu dan tentu tidak perlu dijelaskan lebih dalam lagi tentang rokok. Aktivitas merokok memang sangat berbahaya dan mengganggu kesehatan terlebih bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil. Bahaya rokok tentunya dikarenakan kandungan zat yang ada di dalamnya yakni nikotin dan juga tar yang memang sangat mengganggu kesehatan setiap individu.

Seperti sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris bahwa pria yang aktif merokok memiliki kesuburan lebih rendah sekitar 10-40% dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok. Selain itu, merokok dengan menghisap ganja akan menyebabkan keguguran dan juga berdampak pada kehamilan ektopik. Dampak buruk dari rokok tentunya dapat dialami baik oleh pria maupun oleh wanita. Setelah kita mengetahui dampak buruk yang ditimbulkan dari rokok, alangkah baiknya jika kita menghindari aktivitas ini untuk menghindari hal-hal yang memang tidak kita inginkan.

Kurangnya waktu beristirahat

Meskipun terbilang klasik tentunya kurangnya waktu untuk beristirahat memang menjadi sebuah kendala bagi setiap pasangan untuk mendapatkan kehamilan. Bagaimanapun juga waktu istirahat memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk mengembalikan ketahanan dan juga agar membuat tubuh lebih rileks. Jika seseorang kurang istirahat tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatannya.

Seperti sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kadar tidur yang berkurang pada seorang wanita secara otomatis akan mengganggu kadar hormon Leptin pada diri wanita tersebut. Hormon Leptin merupakan hormon yang memang berperan penting dalam kesuburan wanita. Jika Anda tengah menjalankan program hamil tentunya Anda harus beristirahat selama 7 jam untuk memulihkan tubuh dan juga menyeimbangkan kadar hormon pada tubuh.

Jauhkan dugaan bahwa hemat sperma mudah hamil

Dugaan tersebut tidaklah benar, dengan menghemat sel sperma justru akan mempersulit seorang wanita untuk mendapatkan kehamilan. Ketika Anda sedang menjalankan program hamil, satu hal yang perlu Anda tahu bahwa Anda jangan menghemat sel sperma dan juga mengurangi intensitas dalam berhubungan seksual. Jalanilah kehidupan seksual Anda dengan biasanya, jangan melakukan hal-hal yang justru akan menghambat kehamilan Anda.

Jangan terlalu menekankan pikiran Anda untuk mendapatkan keturunan ketika melakukan hubungan seksual. Namun, tetaplah lakukan seks dengan cara yang menyenangkan agar membuat pikiran menjadi lebih rileks dan membuat tidur lebih berkualitas. Setidaknya lakukan hubungan seksual dua kali dalam seminggu dan ketahui masa subur Anda setiap bulannya.

Memakai celana terlalu ketat

Tidak dapat dipungkiri bahwa memakai celana yang terlalu ketat justru akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Selain Anda merasa tidak nyaman, hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada kesuburan Anda. Sebaiknya Anda memang dianjurkan untuk memakai pakaian yang cukup longgar.

Banyak informasi yang menyarankan bagi pria untuk memakai celana boxer agar lebih longgar dan akan menjaga sel sperma yang sedang dan juga sudah diproduksi. Bagi wanita, memakai celana ketat seperti skinny jeans akan sangat mempengaruhi produksi sel telur sehingga menghambat kesuburan Anda. Berdasarkan laporan pada Journal of Obstetrics dan Gynaecology yang menyatakan bahwa celana jeans yang cukup ketat akan meningkatkan risiko endometriosis yang menjadi pemicu terjadinya fertilitas yang lebih serius.

Terlalu banyak konsumsi kafein

Hal yang dilarang ketika program hamil yang selanjutnya ialah jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein. Seperti yang kita tahu bahwa kafein terdapat dalam beberapa minuman seperti kopi. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar orang memang sangat gemar dengan konsumsi minuman yang satu ini. Selain rasanya yang enak, kopi memang menjadi salah satu jenis minuman yang membuat tubuh lebih rileks dan segar serta dapat terhindar dari rasa kantuk yang berlebih.

Akan tetapi, jika Anda sedang menjalankan program hamil, batasilah konsumsi kopi sebisa mungkin. Hal ini dikarenakan terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan tingkat kesuburan baik pria maupun wanita menjadi menurun. Membatasi konsumsi kafein secara wajar dan tidak berlebihan memang sangat dianjurkan bagi Anda.

Menghindari hal yang dilarang ketika program hamil memang sudah selayaknya Anda lakukan. Usaha ini tidak lain ialah untuk mewujudkan keinginan Anda yang begitu besar demi mendapatkan keturunan. Itulah beberapa hal yang dilarang ketika program hamil yang tentu harus Anda hindari sekarang juga. Semoga bermanfaat!