Inilah Fakta Mengenai Gangguan Kesuburan Pada Pria Gemuk

Diposting pada

Gangguan Kesuburan Pada Pria Gemuk – Gemuk bukanlah indikator bahwa tubuh seseorang tersebut ialah sehat. Masalahnya pria ataupun wanita gemuk memiliki risiko dan juga gangguan yang lebih besar terhadap masalah kesuburan. Seperti halnya wanita yang obesitas, pria yang memiliki kelebihan berat badanpun akan memiliki gangguan dalam kesuburannya. Yuk kita langsung simak beberapa penjelasan berikut ini!

Gemuk atau yang sering disebut dengan obesitas memang kerap dialami oleh sebagian orang baik wanita maupun pria. Kelebihan berat badan bukan menjadi satu-satunya tanda bahwa tubuh seseorang tersebut sehat. Justru dengan berat badan yang berlebih akan memiliki dampak dan juga risiko yang memang berpengaruh besar terhadap kesehatan kita, tidak terkecuali gangguan kesuburan.

Pria dengan kelebihan berat badan tentunya memiliki risiko yang lebih besar dalam mengalami kemandulan atau infertilitas. Hal ini dikarenakan indeks massa tubuh (Body Mass Index= BMI) memiiki pengaruh yang sangat besar terhadap penurunan jumlah dan juga kualitas sperma secara keseluruhan. Index tersebut tentunya menjadi acuan akan kesuburan pada pria dan juga wanita. Masalah kesuburan yang terjadi dikarenakan oleh kelebihan berat badan (BMI di atas 25) dan juga obesitas (BMI di atas 30). Hal ini seharusnya menjadi perhatian para pria yang tentunya termasuk ke dalam kategori yang ingin memiliki keturunan.

Namun sayangnya, justru banyak pria yang mengabaikan akan dampak buruk yang akan terjadi pada kelebihan berat badan yang dialaminya. Jangan dikira bahwa kelebihan berat badan akan menimbulkan masalah lain seperti menurunnya kualitas seksual pria, penyakit jantung, kolesterol dan juga obesitas. Baca juga: Tips Agar Cepat Hamil Bagi Wanita Gemuk

Gangguan Kesuburan Pada Pria Gemuk

gangguan kesuburan pada pria gemuk

Adanya masalah kesuburan yang dialami oleh pria gemuk  tentunya menjadi tanda bahwa semakin pria kelebiahn berat badan, maka semakin rendah pula kualitas dan juga kuantitas sperma mereka. Akan tetapi faktanya bahwa kurang banyak yang diketahui oleh sebagian besar pria akan masalah yang satu ini. Hal ini tentunya sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan dengan mengambil sekitar 468 sampel pada pria. Dalam hal ini para peneliti sudah mengevaluasi bahwa semen yang mereka lihat  ialah vitalitas, motilitas dan juga kinerja sperma. Setelah melakukan penelitian ini tentunya Anda dapat mengukur lingkar pinggang, menghitung BMI dan juga menimbang berat badan seseorang. Lihat juga: Makanan Bernutrisi Agar Cepat Hamil Yang Harus Anda Konsumsi

Masalah ini juga tentunya berhubungan dengan ketika pria mengalami yang disebut dengan ejakulasi. Pada pria yang kelebihan berat badan ataupun obesitas tentunya akan mengeluarkan semen yang tentu lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan yang normal. Kesuburan pada pria tentunya dapat diindikasi oleh angka sebagai berikut (3,3 ML pada pria dapat disebut sebagai kategori dengan berat bdan yang normal jika dibandingkan dengan ukuran 2,8 mL pada pria obesitas. Volume ejakulasi yang sehat tentunya diantara dua hingga lima milimeter. Hal ini tentunya menjadi angka diambang batas pria yang dikatakan tidak subur. Sedangkan pada pria gemuk yang telah dibuktikan dengan sebuah penelitian yakni pria yang memiliki lingkar pinggang sekitar 40 inci ke atas, dengan jumlah sel sperma sekitar 22% lebih rendah dibandingkan dengan pria yang memiliki lingkar pinggang 37 inci ke bawah.

Kuantitas & Kualitas Sperma

Terlepas dari hal tersebut tentunya memang kualitas jumlah sel sperma dinilai dari beberapa faktor, tidak hanya dari satu faktor saja. Namun ada satu hal yang sangat mudah untuk diketahui bahwa jika volume sel sperma rendah, maka ini menjadi sebuah indikasi bahwa adanya gangguan dan juga masalah pada kesuburan pria. Sebuah studi lain tentunya telah berhasil meneliti adanya hubungan antara kegemukan pria dengan kuantitas dan juga kualitas sel sperma. Para peneliti juga tentunya telah mengambil sekitar 10.000 subjek dan telah menemukan bahwa 32,4% pria yang memiliki kelebihan berat badan memiliki kuantitas sel sperma yang sangat sedikit.

Jika dibandingkan dengan pria yang memiliki berat badan yang normal, biasanya memiliki sekitar 24% lebih banyak diantara mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Pada pria obesitas tentunya cenderung memiliki dan juga memproduksi jumlah sel sperma yang kurang layak yakni sekitar 6,9% saja dibandingkan dnegan pria yang normal. Untuk itu, dapat dipastikan bahwa pria yang memiliki kelebihan berat badan akan mengalami gangguan produksi sel sperma dan juga kesuburan.

Teori Mengenai Gangguan Kesuburan Pada Pria Gemuk

Untuk mendukung akan adanya gangguan kesuburan pada pria gemuk, tentunya ada sejumlah teori yangsudah membuktikan akan kondisi ini. Seperti sebuah teori yang mengatakan bahwa hormon leptin yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel lemak dan juga yang membuat banyak orang kenyang ialah benar-benar akan merusak organ reproduksi dan juga produksi sel sperma. Hal ini tentunya bahwa banyaknya lemak yang ada di dalam tubuh seorang pria memiliki peluang untuk mengubah hormon testosteron menjadi hormon estrogen yang tentunya mengarah ke perlambatan bahkan penghentian produksi sel sperma.

Teori ini tentunya memiliki gagasan yang cukup sederhana bahwa suatu penumpukan lemak yang tentunya menyebabkan suhu yang ada di dalam skrotum bisa meningkat. Hal ini tentunya memiliki peluang yang cukup besar dalam membunuh sel sperma. Penelitian ini menyatakan bahwa para pria yang memperhitungkan latihan dan juga olahraga. Hal ini tentunya Anda harus benar-benar mengetahui kelebihan berat badan sehingga dapat mengakibatkan rendahnya jumlah sel sperma dikarenankan kurangnya aktivitas fisik.

Banyak yang bertanya dan dapat dikatakan sebagai pertanyaan yang cukup besar yaitu apabila pria mengalami kelebihan berat badan, lalu melakukan aktivitas dengan cara berolahraga dan juga diet. Apakah akan berpengaruh terhadap kualitas  dan juga kuantitas sel sperma pria? Tentunya, pertanyaan tersebut memiliki berbagai pendapat dan juga teori yang mendukung akan adanya gangguan kesuburan pada pria gemuk.

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pada Pria Gemuk

Setelah kita mengetahui akan bahaya dan juga risiko akan gangguan kesuburan pada pria, alangkah baiknya jika Anda mencari cara dan juga tips sebagai alternatif untuk meningkatkan kesuburan pada pria gemuk. Beberapa tips dan juga cara di bawah ini tentunya dapat Anda lakukan dengan cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah seperti yang akan kami sajikan berikut ini!

Perhatikan asupan vitamin C

Tubuh yang kurang vitamin C tentunya menyebabkan sel sperma menjadi terganggu. Tidak jarang pria yang memiliki sperma yang menggumpal dan juga mandul akibat kurangnya vitamin C pada tubuh. Pada beberapa penelitian ditemukan bahwa suplemen vitamin C dapat disebut sebagai cara meningkatkan kualitas sperma terutama pada pria perokok. Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat membuat membran-membran sel tubuh menjadi lebih stabil dan juga sangat baik bagi sperma. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C diantaranya brokoli, jeruk, semangka, mangga, tomat, kecambah dan juga buah atau sayuran lainnya.

Hindari melakukan olahraga berlebih

Olahraga berlebih memang tidak baik bagi kesehatan terutama pria. Olahraga yang keras tentunya dapat membuat suhu tubuh lebih meningkat sehingga sel sperma dapat berkurang akibat adanya pembakaran lemak pada tubuh yang cukup berlebih. Suhu yang meningkat yang ada di sekitar testis dapat membuat kuantitas dan juga kualitas sperma menjadi menurun.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa pelari yang berlari lebih dari 90  km per minggunya dapat menurunkan kualitas sperma dibanding dengan pria yang berlari sekitar 50 km per minggunya. Sedangkan, olahraga dengan takaran yang sedang selama 20 menit tiga kali dalam seminggu tidak akan mempengaruhi kualitas sperma pada pria.

Lengkapi makanan kaya seng (Zinc)

Cara meningkatkan kualitas sperma yang pertama ialah dengan melengkapi kebutuhan tubuh dengan seng. Zinc merupakan zat yang sangat penting untuk kebutuhan tubuh manusia terutama bagi pria. Tubuh yang kekurangan seng tentunya menyebabkan kadar hormon testosteron menjadi lebih rendah. Dengan rendahnya kadar hormon tersebut tentunya membuat kuantitas dan juga kualitas sel sperma menjadi buruk.

Jika Anda memang benar-benar menginginkan keturunan tentunya Anda harus memperhatikan kebutuhan seng pada tubuh Anda. Kurangnya kandungan seng pada tubuh pria tentunya sangat berdampak buruk pada kualitas sperma. Kandungan seng umumnya ditemukan pada beberapa menu makanan seperti daging sapi, gandum, padi-padian, kacanng-kacangan dan juga produk olahan susu.

Jangan sering mandi air panas

Suhu tubuh yang tinggi tentunya dapat membuat kuantitas dan juga kualitas menjadi menurun. Jika Anda terbiasa mandi dengan menggunakan air hangat tentunya kebiasaan ini sebaiknya Anda hindari. Terlalu sering mandi dan juga duduk di bak air hangat atau bathtub dipercaya dapat menurunkan produksi sel sperma. Untuk itu, Anda jangan menghabiskan waktu lebih dari 20 menit dalam sehari di dalam bathtub atau bak mandi dan usahakan suhunya jangan lebih dari 36,5O C.

Berhenti merokok

Cara meningkatkan kualitas sperma berikut ini memang sangat sulit dilakukan terutama bagi pria. Seperti yang telah kita sebutkan di atas bahwa merokok menjadi salah satu penyebab kualitas sperma menjadi menurun. Jika Anda benar-benar ingin memiliki keturunan, berhenti merokok ialah hal yang terbaik bagi Anda.

Cegah  obesitas

Faktor yang menyebabkan kualitas sperma menurun ialah kegemukan atau obesitas. Tubuh yang semakin gemuk dan berat badan yang tidak ideal tentunya sangat beresiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan, tidak terkecuali bagi kualitas sperma. Jika tubuh gemuk tentunya sangat berpengaruh pada kualitas sperma yang dihasilkan setiap harinya.

Cukupi kebutuhan harian

Tentunya, tubuh tidak akan lepas dari kebutuhan harian. Anda tentunya dituntut untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi, vitamin dan juga nutrisi yang memang diperlukan oleh tubuh. Penuhi kebutuhan harian Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Selenium, asam folat, vitamin A & beta karoten, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, kalsium, asam lemak omega 3, makanan hijau dan L-Carnitine. Beberapa kandungan tersebut bisa Anda dapatkan pada buah delima, brokoli, wortel, asparagus, pisang, ikan salmon, alpukat, ayam kalkun, telur, ikan salmon, tiram, ginseng, nasi merah dan coklat.

Tidak menggunakan pelumas

Ketika melakukan hubungan intim lebih baik Anda jangan menggunakan pelumas. Hal ini dikarenakan pelumas dapat membuat area vagina menjadi lebih licin sehingga dapat menghambat pergerakan sel sperma yang akan menuju ovum. Selain itu, pelumas dapat mengurangi kelincahan dan juga pergerakan sperma.

Jangan terlalu stres Anda

Jika Anda seorang pria yang rentan mengalami stres tentunya dengan menghindari beberapa hal penyebab stres adalah cara yang terbaik. Stres yang berlebih dapat mengurangi kuantitas dan juga kualitas pada sperma. Anda tentunya dapat mencari cara meningkatkan kualitas sperma dengan melakukan relaksasi otot progresif dan juga biofeedback. Setidaknya Anda dapat meredakan stres dengan melakukan olahraga ringan, liburan, berjalan-jalan atau melakukan kesukaan Anda.

Pakai celana longgar

Celana ketat memang lebih banyak dipilih oleh para pria. Selain dirasa pas dibadan juga dapat membuat penampilan lebih sempurna. Namun, tahukah Anda bahwa celana yang terlalu ketat dapat menurunkan kualitas sperma. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda memakai celana boxer dan juga kolor untuk menaikkan kembali kualitas sperma sehingga membuat testis menjadi lebih nyaman.

Rutin berolahraga

Jika pada poin di atas jangan melakukan olahraga yang berlebih. Pada poin ini Anda diharuskan melakukan olahraga dengan kadar ayng ringan setiap harinya. Olahraga yang rutin dengan kapasitas yang dimiliki oleh tubuh tentunya dapat membuat kualitas sperma menjadi lebih baik. Anda dapat melakukan olahraga seperti jogging, push up, renang dan juga olahraga lainnya.

Menjaga kualitas dan juga kuantitas sperma menjadi sebuah keharusan bagi Anda terlebih bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan. Tentunya, Anda sebaik mungkin menghindari beberapa penyebab yang dapat menurunkan kualitas sperma. Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda tahu mengenai gangguan kesuburuan pada pria gemuk. Serta cara meningkatkan kualitas sperma pada pria yang wajib Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!