Faktor Penyebab Sulit Hamil yang Tidak Terduga

Diposting pada

Faktor Penyebab Sulit Hamil – Kehamilan menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang baru menikah. Hanya saja, beberapa pasangan justru sulit mendapatkan kehamilan. Faktor lingkungan dan gaya hidup akan mempengaruhi peluang dalam mendapatkan kehamilan. Terkadang dalam meningkatkan peluang untuk hamil, anda sendiri pun tidak mengerti apa saja hal yang harus dilakukan dan dihindari, sehingga pada akhirnya anda sulit hamil.

Nah, agar keinginan anda untuk memiliki anak segera terwujud, ketahui beberapa faktor penyebab sulit hamil yang tidak terduga. Apa saja? Yuk simak pembahasan di bawah ini.

Faktor Penyebab Sulit Hamil

Faktor Penyebab Sulit Hamil yang Tidak Terduga

Penting mengetahui beberapa faktor penyebab sulit hamil yang tidak disadari agar anda cepat hamil.

Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, maka jumlah dan kualitas sel telur akan semakin menurun. Saat usia 32, secara bertahap peluang wanita untuk hamil menurun. Pada usia 35 tahun, tingkat kesuburan mengalami penurunan, kemungkinan hamil pada usia ini setiap bulannya sekitar 20 %. Diusia 40 kesuburan akan menurun setengahnya, setiap bulannya kemungkinan hamil sekitar 5%. ( Baca juga :  9 Penyebab Setelah Dua Tahun Menikah Belum Hamil )

Merokok

Merokok dapat menyebabkan ketidaksuburan. Dengan merokok maka indung telur menua dan dapat menghabiskan telur pada tubuh wanita. Sedangkan untuk pria, merokok dapat membuat jumlah sperma turun. Asap rokok mengandung zat berbahaya yang akan membuat anda dan pasangan sulit hamil.

Melakukan Olahraga Terlalu Keras

Tidak bisa dipungkiri lagi, olahraga bermanfaat untuk kesehatan. Hanya saja, jika anda melakukan olahraga dengan berlebihan maka akan berdampak negatif terhadap kesuburan. Berdasarkan penelitian, wanita yang memiliki berat badan normal dan melakukan olahraga yang terlalu keras atau dalam seminggu lebih dari lima jam jadi akan sulit hamil. Perubahan terhadap siklus menstruasi akan terlihat. Apabila anda mengalami perubahan pada siklus menstruasi maka sebaiknya untuk mengurangi intensitas olahraga. Setelah itu, anda bisa melakukan konsultasi pada dokter mengenai kesuburan maupun kesehatan anda.

Terlalu Stres

Stres memiliki dampak negatif untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, wanita yang memiliki tingkat stres cukup tinggi akan lebih sulit hamil. Selain itu, para ahli juga menyarankan pada pasangan yang sedang program hamil untuk melakukan meditasi atau latihan yoga. Sebab kedua kegiatan ini akan membantu menenangkan pikiran sehingga stres dapat teratasi.

Berat Badan

Tahukah anda? Berat badan ternyata akan mempengaruhi kesuburan wanita. Untuk mengetahui berat badan ideal maka dapat diukur dengan indeks massa tubuh atau BMI. Berat badan ideal berdasarkan BMI akan memperlancar ovulasi sehingga peluang untuk hamil akan meningkat.

Sedangkan jika kelebihan berat badan maka kadar hormon akan menjadi tidak seimbang, sehingga akan menyebabkan sulit hamil. Begitupun jika anda terlalu kurus, kesuburan akan terpengaruh. jika berat badan anda berdasarkan BMI di bawah batas normal, maka anda akan kekurangan hormon leptin atau hormon yang mengontrol rasa lapar. Jika kadar hormon leptin rendah maka periode menstruasi akan terganggu.

Sering Mengantongi Ponsel

Mengantongi ponsel  ternyata dapat menjadi faktor penyebab sulit hamil. Paparan ponsel akan dapat mempengaruhi kualitas sperma menjadi lebih rendah. Ini terjadi karena radiasi elektromagnetik radio frekuensi akan merusak DNA, sehingga kemampuan sperma dalam membuahi sel telur pun akan rusak. Diketahui ponsel yang disimpan dalam saku celana akan meningkatkan suhu testis menjadi panas. Suhu terlalu panas akan mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma. ( Lihat juga : 20 Makanan Asam Folat Tinggi Untuk Program Hamil )

Salah Menghitung Masa Subur

Ternyata masih banyak wanita yang tidak bisa menghitung masa subur dirinya sendiri. Ini terjadi biasanya pada wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Untuk mengetahui masa subur anda bisa berkonsultasi pada bidan atau dokter kandungan anda.

Demikian beberapa faktor penyebab sulit hamil yang tidak terduga. Semoga bermanfaat.