13 Faktor Penyebab Kemandulan Yang Menghambat Program Kehamilan

Diposting pada

Faktor Penyebab Kemandulan – Sebagian besar wanita menganggap ini sebagai sebuah teror besar yang dapat mengancam kehidupannya. Mandul menjadi sebuah kata yang tidak ingin didengar dan juga tidak bisa diterima baik oleh pria maupun oleh wanita. Ingin tahu apa saja faktor penyebab kemandulan bagi pria maupun wanita, yuk kita simak!

Kemandulan tentunya sesuatu yang tidak ingin diterima oleh wanita di hidupnya. Meskipun memang sudah terbukti bahwa ia mandul. Namun,  kenyataan ini tidak dapat ia terima karena hal ini menjadi sesuatu yang dapat mengancam kehidupan rumah tangganya. terlebih bagi pasangan yang sudah lama menikah dan mendambakan keturunan pasti menjadi sebuah benturan yang dahsyat bagi mereka.

Sebagian besar wanita merasa tidak sempurna jika ia mengalami kemandulan. Pasalnya, mandul merupakan suatu penyebab terbesar dimana ia tidak bisa mendapatkan kehamilan. Baik pria ataupun wanita dapat mengalami kemandulan yang sudah diketahui ataupun belum diketahui penyebabnya. Sekitar 10% pasangan di Indonesia termasuk pada pasangan dengan kategori mandul.  Kasus kemandulan sekitar 1/3 pasangan dikarenakan oleh faktor wanita, 1/3 disebabkan oleh pria sedangkan sisanya merupakan kombinasi antara keduanya. Baca juga: Mengetahui Berbagai Tes Kesuburan Pria Untuk Dukung Program Hamil

Faktor Penyebab Kemandulan

faktor penyebab kemandulan

Faktanya, setiap wanita dilahirkan dengan memiliki jumlah sel telur yang tidak terbatas. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan juga usia, maka jumlah sel telur di dalam ovarium menjadi lebih berkurang. Kesuburan pada wanita berkurang sampai 3% sampai 5% setiap tahunnya. Terlebih pada usia 40 tahun, kesuburan wanita menurun semakin drastis terutama bagi wanita.

Saat ini, banyak masyarakat yang beranggapan keliru mengenai kemandulan yang berada di tengah-tengah masyarakat saat ini. Sebagian besar masyarakat menyalahkan wanita yang tidak memiliki kemampuan untuk hamil, padahal hal ini sangatlah keliru karena kemandulan juga dapat terjadi pada pria. Sistem reproduksi pria yang terganggu tentunya akan menghambat proses kehamilan.

Tentunya, kemandulan yang dialami oleh seseorang tidak datang dengan tiba-tiba. Ada berbagai hal dan juga faktor yang menyebabkan seseorang mendapatkan kemandulan. Disadari atau tidak penyebab ini ternyata dapat berakibat lebih fatal bahkan mengganggu kesuburan Anda. Berikut ini beberapa faktor penyebab kemandulan yang harus Anda ketahui, diantaranya:

Baca juga: 10 Manfaat Tauge Untuk Meningkatkan Kesuburan | Tips Cara Membuat Sendiri Di Rumah

Gangguan Hormonal

Faktor penyebab kemandulan pada wanita disebabkan oleh masalah siklus ovulasi. Gangguan hormonal ini dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon yang dapat memicu penebalan lapisan rahim dan juga pelepasan sel telur sehingga dapat mengakibatkan gangguan pada sel telur.

Jika adanya gangguan ovulasi berarti Anda jarang mengalami ovulasi yang merupakan syarat Anda mendapatkan kehamilan. Gangguan ovulasi ini terjadi pada sekitar 25% pasangan sehingga menjadi faktor penyebab kemandulan. Hal lain yang termasuk pada gangguan hormonal ialah terganggunya regulasi hormon reproduksi yang disebabkan oleh masalah pada ovarium itu sendiri. Gangguan tersebut dibagi ke dalam beberapa penyebab, diantaranya:

– Polycystic Ovary Syndrom (PCOS)

Penyebab ini merupakan perubahan yang cukup kompleks yang terjadi di ovarium, kelenjar pituitari dan juga hipotalamus. Perubahan ini tentunya dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon yang dapat mempengaruhi ovulasi.POCS termasuk ke dalam faktor penyebab kemandulan yang kerap dialami oleh wanita. Gangguan ini juga dapat mengakibatkan pertumbuhan rambut berlebih pada area tubuh dan juga wajah serta mengakibatkan obesitas dan juga resistensi insulin.

– Menopause Prematur

Sudah dapat dipastikan bahwa seorang wanita yang mengalami menopause dini atau prematur sangat sulit untuk mendapatkan kehamilan. Faktor penyebab kemandulan pada wanita dapat disebabkan oleh terjadinya menopause prematur. Menopause prematur disebabkan oleh gangguan respon kekebalan tubuh yang dapat menyerang jaringan ovarium.

Dengan begitu, persediaan sel telur yang berada di ovarium akan habis sehingga wanita tidak akan lagi mengalami siklus menstruasi setiap bulannya. Jika hal ini terus terjadi maka ovarium akan kehilangan kemampuan  untuk memproduksi sel telur sehingga produksi estrogen menjadi sangat berkurang meski masih di bawah usia 40 tahun.

– Disfungsi Hipotalamus

Faktor penyebab kemandulan yang sering dialami oleh wanita ialah adanya disfungsi hipotalumus. Tentunya, ada dua hormon yang berperan dalam memicu terjadinya ovulasi pada setiap bulannya, yaitu luteinizing hormone (LH) dan follicle stimulating hormone (FSH). Hormon ini diproduksi oleh kelenjar hipofisis yang dapat memicu gangguan lainnya seperti penambahan dan juga penurunan berat badan, emosional dan juga stres fisik. Penyebab ini tentunya dapat mengganggu kinerja kelenjar yang dapat mempengaruhi ovulasi. Gejala utama yang Anda dapatkan dari disfungsi hipotalamus ditandai dengan haid yang tidak teratur dan juga tidak haid sama sekali.

– Prolaktin Terlalu Banyak

Kelebihan produksi prolaktin (hiperprolaktinemia) disebabkan oleh kerja kelenjar pituitari yang dapat mengurangi produksi hormon estrogen sehingga merupakan faktor penyebab kemandulan. Pada umumnya, kelenjar pituitari ini dapat disebabkan oleh obat-obatan yang Anda konsumsi dalam jangka waktu tertentu dalam mengobati penyakit.

Lihat juga:   Cara Cepat Hamil dengan Tingkatkan Kesuburan Wanita

Masalah Pada Serviks

Faktor penyebab kemandulan pada wanita disebabkan oleh adanya masalah pada serviks. Gangguan ini terjadi dikarenakan sel sperma yang tidak dapat melewati kanal serviks dengan baik. Tentunya, faktor terjadinya masalah ini dapat terjadi dikarenakan oleh produksi lendir yang tidak normal atau karena bedah servis yang telah dilakukan sebelumnya. Beberapa gangguan pada masalah serviks tersebut diantaranya:

– Peradangan yang terjadi di dalam rahim sehingga dapat membentuk implantasi

– Adanya tumor jinak atau polip pada area serviks sehingga dapat menghalangi sel sperma untuk masuk ke dalam rahim. Gangguan tersebut dapat menggangu kesuburan karena dapat menghalangi saluran tuba yang dapat mengganggu implantasi. Namun, tidak jarang juga wanita yang bisa hamil meski memiliki tumor dan juga polip.

– Stenosis serviks ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada serviks dan juga kesalahan pada formasi serviks bawaan.

– Kelainan pada rahim sejak lahir yang memiliki bentuk abnormal sehingga dapat menghambat kehamilan dan juga kesuburan pada wanita.

– Terkadang serviks tidak mempunyai kemampuan dalam memproduksi lendir sehingga sel sperma tidak dapat berenang menuju rahim dengan cepat.

Adanya Endometriosis

Faktor penyebab kemandulan yang disebabkan oleh endometriosis dikarenakan adannya jaringan yang seharusnya tumbuh didalam rahim justru tertanam ditempat lain. Pertumbuhan jaringan yang tidak normal ini dapat menyebabkan jaringan parut sehingga dapat mengganggu mencegahnya pembuahan dan juga mengganggu tuba fallopi.

Jaringan yang tidak normal ini dapat berpengaruh pada lapisan rahim sehingga proses implantasi yang sudah dibuahi menjadi sangat terganggu. Keadaan ini tentunya dapat mempengaruhi kesuburan secara tidak langsung sehingga dapat merusak sel sperma dan juga sel telur.

Kerusakan Pada Tuba Fallopi

Tentunya, faktor penyebab kemandulan dapat terjadi karena adanya kerusakan pada tuba fallopi. Tempat ini merupakan sebuah saluran yang membawa sel telur dari ovarium menuju ke rahim. Dengan adanya gangguan dan kerusakan pada tuba tentu dapat menghalangi pembuahan antara sel telur dan juga sperma.

Jika Anda pernah mengalami infeksi panggul dan operasi pada panggul juga endometriosis dapat menyebabkan kerusakan pada tuba fallopi dan juga terbentuknya bekas luka. Maka dari itu, jika saluran tuba rusak dan tersumbat, maka tentu saja akan menghalangi sel sperma yang akan membuahi sel telur atau sel juga menghalangi sel telur yang telah dibuahi untuk tertanam pada lapisan dinding rahim.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan saluran tuba menjadi rusak, diantaranya:

– Pernah melakukan operasi pada panggul dan juga perut

– Kehamilan ektopik yakni kehamilan yang terjadi di luar kandungan, tepatnya pada saluran tuba. Hal semacam ini memang dapat di atasi tetapi juga dapat mengancam jiwa.

– Penyakit radang panggul yang merupakan infeksi pada tuba dan juga rahim dikarenakan adanya infeksi menular seksual atau klamidia dan gonore.

– Adanya TBC panggul yang merupakan penyebab utama terjadinya kerusakan pada tuba fallopi.

Adanya Kelainan Anatomi Pada Rahim

Kelainan anatomi di sini dapat berupa fibroid atau polip yang ada pada rahim. Gejala adanya fibroid rahim dapat ditandai dengan adanya rasa kram pada saat menstruasi, sering buang air kecil atau bahkan sakit saat melakukan hubungan seksual.

Seperti yang kita tahu bahwa fibroid rahim merupakan sebuah benjolan jinak yang tumbuh di dalam rahim. Dengan tumbuhnya benjolan di dalam rahim tentunya dapat mempengaruhi kehamilan dan menjadi faktor penyebab kemandulan. Cara yang dapat Anda lakukan tidak lain dengan melakukan pengobatan seperti terapi hormon, histerektomi dan juga embolisasi.

Gangguan Ovulasi

Jika adanya gangguan pada ovulasi tentunya dapat menjadi faktor penyebab kemandulan yang kerap terjadi pada wanita. Seperti yang kita tahu bahwa ovulasi merupakan sebuah proses dimana sel telur yang sudah matang dilepaskan dan bergerak menuju tuba fallopi untuk dibuahi oleh sperma.

Ada kondisi dimana sel telur tidak dapat dilepaskan oleh ovarium bahkan dalam waktu yang lebih lama. Maka hal ini lazim disebut dengan gangguan ovulasi. Ada beberapa penyebab terjadinya gangguan ovulasi diantaranya:

– Insufisiensi ovarium primer yang akrab disebut dengan kegagalan ovarium prematur merupakan sebuah kondisi dimana indung telur kehilangan fungsi normalnya dalam melepaskan sel telur secara teratur saat wanita menuju usia 40 tahun.

– Sindrom ovari polisistik merupakan sebuah faktor penyebab kemandulan dikarenakan adanya gangguan hormon. Hal ini menyebabkan ovarium mengalami kesulitan di dalam memproduksi sel telur sehingga sel telur yang berovulasi menjadi lebih sedikit.

– Gangguan pada tiroid merupakan sebuah gangguan yang menyebabkan sistem metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga organ reproduksi pun menjadi terganggu. Negatifnya, kondisi ini dapat membuat ovulasi menjadi tidak teratur.

Gangguan Pada Lendir Serviks

Faktor penyebab kemandulan tidak dapat terlepas dari adanya gangguan pada lendir serviks. Lendir pada umumnya akan menipis ketika terjadinya sebuah ovulasi. Akan tetapi, jika adanya gangguan lendir serviks, lendir yang seharusnya menipis namun tetap deras sehingga menyebabkan pergerakan sel sperma yang akan membuahi sel telur di tub fallopi menjadi terhambat dan akan mati dihantam derasnya lendir serviks. Maka hal ini mengakibatkan pembuahan tidak dapat terjadi.

Faktor Prilaku

faktor penyebab kemandulan

Faktor penyebab kemandulan tentunya tidak bisa terlepas dari kebiasaan dan juga pola hidup kita. Gaya hidup yang tidak sehat tentunya akan berdampak pula pada gangguan organ reproduksi baik pria maupun wanita. Setidaknya ada beberapa gaya hidup yang biasa dilakukan ternyata menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kemandulan, diantaranya:

Alkohol

Sudah tidak dapat diragukan lagi akan bahwa minuman yang satu ini. Alkohol disebut sebagai penyebab kemandulan yang paling signifikan dalam faktor prilaku, terutama pada organ reproduksi wanita. Faktanya, alkohol mengandung karbohidrat murni yang sama sekali tidak mengandung mineral dan juga vitamin. Dengan begitu, tubuh dipaksa untuk mengambil vitamin dan juga mineral pada organ tubuh yang lain, termasuk organ reproduksi.

Jika hal ini terus terjadi, maka tubuh akan mengalami kondisi dimana tubuh tidak dapat lagi menyerap vitamin dan juga mineral yang diperlukan oleh tubuh. Asupan alkohol dalam jumlah yang tinggi tentu akan meningkatkan  resiko bayi lahir cacat. Alkohol juga dapat mempengaruhi kualitas dan juga jumlah sel sperma pada pria.

Merokok

Selain alkohol, merokok merupakan kebiasaan buruk namun sangat biasa dilakukan oleh sebagian besar orang, tidak terkecuali bagi wanita. Merokok terbukti dapat menurunkan jumlah dan juga kualitas sperma, sedangkan pada wanita akan mengganggu kualitas sel telur. Beberapa resiko yang terjadi dapat mengakibatkan kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah dan juga resiko keguguran.

Terlebih lagi merokok dapat menyebabkan ovarium mengalami penuaan yang lebih cepat dan akan habis sebelum pada waktunya sehingga faktor penyebab kemandulan pada wanita menjadi sangat besar. Akibatnya, peluang untuk mendapatkan kehamilan terbilang sangat sulit.

Narkoba

Tentunya, tidak dapat dibenarkan lagi bahwa narkoba termasuk ke dalam jenis obat-obatan terlarang yang jika dikonsumsi maka akan berakibat fatal bagi tubuh bahkan mengancam nyawa. Obat-obatan terlarang seperti ganja dan steroid anabolik tentunya mempengaruhi kinerja organ reproduksi baik pria maupun wanita. Sedangkan penggunaan kokain pada wanita dapat mengakibatkan retardations yakni kelainan mental  dan juga penyakit ginjal pada bayi yang masih di dalam kandungan.

Diet tidak sehat

Melakukan diet dengan maksud menurunkan berat badan namun dengan cara yang tidak sehat, maka akan berakibat pada hasil yang tidak diinginkan. Penurunan berat badan yang terlalu drastis, baik penurunan dan kelebihan berat badan dapat beresiko pada wanita sehingga mengalami kemandulan.

Kopi

Konsumsi kopi yang berlebihan pada wanita yang tengah melakukan program hamil tentu menjadi hal yang tidak dianjurkan. Pasalnya, kafein yang terdapat di dalam kopi  akan mengganggu pelepasan sel telur dari ovarium yang akan menuju rahim sehingga tidak akan terjadi pembuahan.

Maka dari itu, jika Anda benar-benar menginginkan sebuah  kehamilan terjadi pada Anda, mulailah ubah gaya hidup Anda agar tidak terkena faktor-faktor yang dapat menyebabkan kemandulan.

Faktor Lingkungan

Siapa yang menyangka bahwa faktor lingkungan menjadi salah satu penyebab kemandulan. Faktor disini merupakan sebuah faktor yang disebabkan oleh lingkungan rumah ataupun tempat kita bekerja. Berbagai sebab terganggunya kesuburan dapat terjadi di tempat kerja, terutama orang yang bekerja di industri pabrik.

Berbagai paparan zat kimia baik yang berbahaya maupun tidak tentu dapat menghambat suatu proses kehamilan terjadi. Zat kimia berbahaya dapat mengakibatkan gangguan kesuburan, organ reproduksi, cacat lahir pada bayi, mutasi, kemandulan dan juga infertilitas. Setidaknya ada 4 macam zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kemandulan diantaranya timbal, radiasi, dibromochloropropane (DBCP) dan ethylene oxide.

Tentunya, kita dapat mengambil ilmu yang telah kami sajikan di atas agar segala kemungkinan yang negatif tidak akan terjadi pada kita. Terlebih mengenai sebuah kemandulan yang merupakan teror yang sangat besar baik pria maupun wanita. Dengan mengetahui beberapa faktor penyebab kemandulan, seyogianya kita dapat menghindari dan mencegah penyebab itu terjadi dengan melakukan apapun yang dapat kita lakukan. Itulah beberapa faktor penyebab kemandulan yang dapat mengancam Anda kapanpun. Semoga bermanfaat!