Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Kehamilan sangat dinanti-nanti oleh pasangan yang baru menikah atau yang ingin menambah keturunan. Namun terkadang, masalah kesuburan mengganggu sehingga sulit hamil. Masalah kesuburan bisa dialami oleh siapa saja. Untuk anda yang tak kunjung hamil jangan merasa khawatir, sebab ada cara menyuburkan kandungan secara alami yang bisa anda lakukan agar cepat hamil.

Cara Menyuburkan Kandungan

Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami Agar Cepat Hamil

Anda dapat mencoba cara alami untuk menyuburkan kandungan. Simak cara menyuburkan kandungan agar cepat hamil di bawah ini.

Konsumsi Makanan yang Dapat Menyuburkan Kandungan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menyuburkan kandungan. Anda dapat mengonsumsi makanan ini agar kandungan subur sehingga cepat hamil. ( Baca juga : Persiapan Fisik Agar Cepat Hamil )

Daging

Untuk menyuburkan kandungan, anda dapat mengonsumsi daging ayam dan daging sapi yang rendah lemak. Daging tersebut kaya akan kandungan protein dan nutrisi baik untuk kandungan, yakni zat besi. Anda disarankan tidak mengonsumsi daging lebih dari 3 porsi dalam perhari. Pasalnya, berdasarkan penelitian mengonsumsi protein hewani berlebihan justru tidak baik untuk kesuburan, karena kesuburan akan menurun.

Ikan

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat yang baik untuk mengoptimalkan kinerja reproduksi anda. Anda dapat menemukan zat tersebut pada beberapa jenis makanan seperti  ikan salmon, sarden, tuna dan lele. Hanya saja, ikan dikhawatirkan dapat terkontaminasi oleh merkuri, zat yang akan berbahaya untuk kandungan. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari 340 gram perminggunya. Jika masih ada rasa khawatir yang menyelimuti diri anda, atau jika anda tidak suka ikan, sebagai langkah alternatif anda bisa mendapatkan omega-3 dari kenari, telur dan kacang almond.

Tumbuhan Berprotein

Sebagai makanan alternatif dari makanan berprotein, anda dapat memilihnya dari tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan berprotein di antaranya yaitu kedelai, kacang tanah atau kacang polong. Makanan ini rendah lemak dan kalori dibandingkan dengan daging sehingga berat badan anda dapat tetap terjaga. Berdasarkan para ahli, konsumsi protein nabati dan hewani mampu meningkatkan kesuburan.

Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc merupakan zat penting jika anda ingin cepat hamil. Zat ini dapat membantu melancarkan siklus menstruasi, serta produksi telur yang berkualitas menjadi meningkat. Makanan yang mengandung sumber zinc terbaik yaitu tiram. Hanya saja, jika anda tidak menyukainya atau sulit mencarinya anda bisa mendapatkan kandungan zinc meskipun kadarnya tidak banyak dari produk susu, telur, biji-bijian utuh, ayam dan daging sapi.

Produk Susu

Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang saja, produk olahan susu seperti keju, yoghurt, susu juga baik sebagai makanan untuk menyuburkan kandungan. Untuk makanan produk susu, anda dapat memilih makanan yang rendah atau bebas lemak.

Ubi

Ubi kaya akan vitamin yang baik untuk kesuburan. Berdasarkan penelitian, ubi kemungkinan memiliki zat yang dapat merangsang ovulasi.

Karbohidrat Kompleks

Produk dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti roti tawar gandum, nasi merah atau sereal biji-bijian utuh mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesuburan seperti antioksidan, vitamin B dan zat besi. Pada karbohidrat olahan, nutrisi tersebut sudah hilang. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi karbohidrat olahan akan dapat meningkatkan insulin dan gula darah. Dimana meningkatkan gula darah dan insulin akan dapat mengganggu hormon reproduksi, sehingga siklus menstruasi akan kacau. Padahal jika ingin segera hamil kedua hal itu harus berjalan dengan normal.

Mengelola Stres

Depresi, kecemasan dan masalah psikologis yang lainnya akan dapat menyulitkan pembuahan. Ketika stres otak akan melepaskan neurotransmitter yang dapat mempengaruhi hormon untuk mengontrol ovulasi. Agar cepat hamil maka anda harus mengelola stres dengan baik.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Anda harus menerapkan gaya hidup sehat. Sebaiknya kurangi konsumsi alkohol karena akan mengurangi kesuburan sampai 50%, jumlah sperma menjadi berkurang dan jumlah sperma yang cacat menjadi meningkat. Selain itu, anda juga harus mengurangi konsumsi kafein, seperti teh, kopi, cokelat dan soda. Konsumsi kopi lebih dari 3 cangkir dalam perhari dapat mengurangi kesuburan.

Melakukan Pemeriksaan Kesuburan

Tidak ada salahnya jika anda memeriksakan kesuburan pada bidan atau dokter. Bidan atau dokter mungkin akan memberikan solusi yang baik agar anda cepat hamil.

Demikian cara menyuburkan kandungan secara alami. Semoga bermanfaat.