Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Bukan hanya wanita saja, tapi pria juga bisa mengalami masalah kesuburan. Masalah kesuburan pada pria terjadi saat kualitas dan kuantitas sperma kurang baik. Ini bisa disebabkan karena bentuknya yang kurang bagus, jumlahnya yang sedikit ataupun karena pergerakannya yang lambat sehingga akan sulit mencapai sel telur. Bukan hanya usia saja yang menjadi penyebabnya, akan tetapi juga dipengaruhi karena gaya hidup yang tidak sehat.

Agar anda segera mendapatkan momongan, maka langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan memperbaiki pola hidup anda. Mulailah menerapkan pola hidup sehat agar keinginan anda segera terwujud. Berikut ini cara meningkatkan kualitas sperma agar cepat hamil.

Cara meningkatkan kualitas sperma agar cepat hamil

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Cepat Hamil

Memiliki anak adalah harapan semua orangtua. Hanya saja, terkadang banyak pasangan yang mengeluhkan sulit mendapatkan kehamilan. Itu bisa disebabkan karena masalah kesuburan wanita atau pria. Nah, di bawah ini cara meningkatkan kualitas sperma agar cepat hamil.

Konsumsi Makanan Mengandung Gizi Seimbang

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma yaitu dengan menjaga pola makan sehat setiap harinya. Dalam setiap harinya setidaknya anda mengkonsumsi 5 porsi buah, serta sayuran yang berbeda. Buah dan sayuran bisa anda konsumsi dengan berbagai sajian. Anda juga dapat mengkonsumsi biji-bijian utuh seperti misalkan kentang, beras merah, gandum ataupun sereal yang merupakan asupan kerbohidrat dan serat, juga mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak lupa pula untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti ikan, daging tanpa lemak, telur dan kacang-kacangan setidaknya dalam seminggu dua porsi. Selain itu anda bisa melengkapinya dengan konsumsi yoghurt, susu rendah lemak dan keju.

Hindari Rokok

Cara meningkatkan kualitas sperma agar cepat hamil selanjutnya yaitu dengan menghindari merokok. Pria yang aktif merokok faktanya memiliki kualitas dan kuantitas sperma yang lebih buruk dibandingkan dengan pria yang tidak merokok. Jika anda dan pasangan sulit mendapatkan kehamilan, merokok akan semakin memperparah keadaan. Hanya saja, hal yang perlu anda ketahui yaitu bukan hanya merokok saja yang dapat menyebabkan pria tidak subur, namun juga akan memperparah masalah pada sperma.

Melakukan Olahraga Rutin

Salah satu hal yang dapat menyebabkan turunnya kualitas sperma pada pria yaitu obesitas. Keadaan berat badan yang berlebih dapat mengganggu kualitas dan kuantitas sperma, baik itu bentuk atau pergerkannya menjadi tidak bagus. Akibatnya sperma tidak dapat membuahi sel telur dengan optimal dan kehamilan pun akan sulit terjadi.

Untuk mengendalikan berat badan salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengatur pola makan dan melakukan olahraga dengan rutin. Tidak hanya dapat menurunkan berat badan saja, melakukan kegiatan fisik juga dapat membuat tubuh lebih sehat  dan bugar sehingga tubuh akan siap untuk menjalani program hamil. Anda dapat memilih jenis olahraga yang biasa anda lakukan atau olahraga yang anda sukai. Pastikan juga anda melakukan olahraga sesuai dengan kondisi kesehatan anda. Jika tidak bisa melakukan olahraga berat, anda bisa melakukan olahraga ringan saja seperti renang, yoga dan sebagainya.

Jangan Menggunakan Celana Terlalu Ketat

Selanjutnya cara meningkatkan kualitas sperma agar cepat hamil yaitu dengan menghindari menggunakan celana atau celana dalam ketat. Pasalnya menggunakan celana dengan model seperti itu dapat menurunkan kualitas sperma. Tidak hanya menggunakan celana dalam ketat saja, namun kebiasaan berendam dalam air panas atau sauna juga akan bisa menurunkan kualitas sperma. Ini disebabkan karena suhu panas pada testis akan merusak spermatogenesis atau proses terjadinya pembentukan sperma. Sehingga akibatnya kesuburan akan menurun dan menyebabkan anda sulit mendapatkan momongan.

Demikian beberapa cara meningkatkan kualitas sperma agar cepat hamil. Semoga bermanfaat.