Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Agar Cepat Hamil – Mengetahui masa subur adalah salah satu kunci keberhasilan program hamil. Untuk itu, bagi anda yang tengah merencanakan ingin segera memiliki keturunan maka mengetahui cara menghitung masa kesuburan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Setelah menikah dengan pasangan dan mengarungi bahtera rumah tangga serta menghabiskan waktu bersama-sama. Tidak lengkap rasanya bila kehadiran buah hati belum kunjung tiba. Kebahagiaan bersama dengan pasangan belum terasa utuh ketika anak belum ada diantaranya. Oleh karenanya, banyak pasangan yang telah menikah ingin segera memutuskan untuk memiliki anak. Terutama pasangan yang menikah dalam usia yang sudah lebih lama atau terlambat.

Mereka tentu tidak ingin melewatkan tumbuh kembang buah hatinya karena usia yang sudah begitu tua membuat mereka tak mampu menyaksikan putra dan putrinya berkembang. Dengan demikian, kehamilan seringkali menjadi sebuah proses yang dinanti-nanti dan ditunggu oleh banyak pasangan yang telah menikah.

Sayangnya, proses kehamilan pada setiap pasangan tidak terjadi dengan mudah dan begitu saja. Beberapa pasangan suami isteri dibuat harus menunggu lebih lama demi mewujudkan impiannya ini. Bahkan beberapa pasangan lain harus dengan rela mengubur dalam-dalam angannya yang besar untuk memiliki anak karena masalah tertentu.

Kondisi semacam ini tentu membuat pasangan yang belum dianugerahi keturunan, dibuat harap-harap cemas menantikan kabar kehamilan istrinya. Mereka khawatir bila sesuatu terjadi dengan tubuhnya yang membuat kehamilan tak kunjung terjadi.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Agar Cepat Hamil

Padahal sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi sulit hamil pada seorang perempuan dalam rumah tangga. Faktor ini tentu tidak hanya berada pada sang istri, namun mungkin faktor lainnya yang penting untuk diperhatikan. Bisa jadi kehamilan yang sulit terjadi diakibatkan karena pasangan suami istri tidak memiliki pengetahuan mendasar tentang usaha ini. Misalkan, posisi berhubungan yang salah atau waktu berhubungan yang keliru.

Tidak sedikit pasangan merasa putus asa dan menebak-nebak bahwa salah satu diantara pasangan tidak subur. Tatkala kehamilan tidak kunjung terjadi meski sudah berusaha dengan segala cara. Padahal sebenarnya, terlewatkannya faktor penting dalam berhubungan dengan pasangan memang memberikan pengaruh yang besar terhadap keberhasilan kehamilan. Untuk itulah, pasangan suami istri sedikitnya dituntut untuk lebih teliti dan menggali lebih banyak informasi seputar cara cepat hamil.

Adapun kunci keberhasilan dari kehamilan yang paling utama adalah dengan memperhatikan waktu berhubungan dengan pasangan. Untuk bisa hamil, hubungan seksual yang dilakukan bersama dengan pasangan haruslah dilakukan pada waktu yang tepat. Yakni pada saat masa ovulasi atau masa subur.

Memang cukup sulit untuk menebak kapan masa subur seorang wanita dan kapan masa tidak suburnya. Akan tetapi, sebenarnya waktu ini dapat dihitung dengan menentukan beberapa faktor penting.

Mengetahui kapan tepatnya masa subur tentu akan menjadi kunci penting untuk bisa mendapatkan kehamilan dengan lebih mudah. Dengan begini, anda tidak perlu bekerja terlalu keras. Pada intinya, hubungan yang dilakukan dengan mengetahui masa subur akan membuat anda memiliki peluang lebih besar untuk hamil. Sehingga impian memiliki momongan akan bisa didapatkan dengan lebih mudah.

Nah, untuk membantu anda menghitung masa subur mari kita simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Agar Cepat Hamil

Ada beberapa hal yang perlu dikenali terlebih dahulu sebelum anda terburu menghitung masa subur anda. Salah satunya yang utama adalah denga mengenali siklus menstruasi anda. Siklus menstruasi pada seorang wanita memang tidak sama. Untuk itulah, disini pentingnya mengetahui dan mengenali waktu ini dengan baik. Untuk itu, kita kenali terlebih dahulu apa itu siklus haid.

Apa Itu Siklus Haid atau Menstruasi?

Siklus haid adalah waktu rentang hari sejak pertama haid hingga dengan hari pertama haid anda dibulan selanjutnya. Pada siklus yang normal, siklus ini adalah setiap 21 sampai dengan 35 hari. Dimana hari ke-1 pada siklus haid anda adalah hari pertama haid anda terjadi. Waktu ini penting untuk diketahui dan diingat, bila perlu catat dalam buku catatan. Atau tandai kalender anda guna menentukan atau menghitung waktu haid selanjutnya.

Kapan Waktu Haid Dimulai?

Haid atau menstruasi akan dimulai ketika pada hari pertama saat dinding rahim meluruh dan menjadi darah. Dimana darah ini akan keluar melalui organ vital perempuan. Ketika masa haid, sel telur akan berkembang di dalam sel ovarium. Nah, setelah sel telur sudah matang, maka ovarium akan melepaskan sel telur tersebut yang siap untuk dibuahi. Yang kemudian peristiwa semacam ini disebut dengan masa ovulasi (masa subur).

Kapan Terjadinya Ovulasi?

Umumnya ovulasi terjadi sekitar 12 sampai dengan 14 hari sebelum hari pertama haid terjadi. Sebenarnya, waktu ketika terjadinya ovulasi akan bergantung pada siklus haid anda. Jadi demikian, siklus ini akan berbeda-beda pada masing-masing orang.

Apabila siklus haid anda pendek, seperti misalkan hanya berkisar 22 hari maka berlangsungnya masa ovulasi hanya beberapa hari setelah mens anda berakhir. Dengan demikianlah, penting sekali mengetahui siklus haid anda dengan baik guna memperkirakan waktu ovulasi.

Kapan Masa Subur Anda?

Masa subur umumnya berkisar di sekitar waktu ovulasi, kira-kira dalam 5 hari sebelum ovulasi terjadi. Biasanya, masa subur seorang wanita berada antara 12 sampai dengan 16 hari sebelum masa haid berikutnya datang. Dengan artian yang lain, rata-rata seorang wanita akan mengalmai masa subur selama 10 sampai dengan 17 hari selepas hari pertama haid pada periode sebelumnya. Hal seperti ini akan berlaku untuk wanita yang mengalami siklus haid 28 hari. Akan tetapi, bila siklus haid anda berbeda, maka anda dpaat mencoba mepelajari dan menghitung kapan masa subur anda.

Hanya saja, hal yang menjadi tantangan adalah pada umumnya masa haid pada wanita dapat berlangsung dengan tidak tepat dan berubah-rubah. Biasanya berlangsung 2-7 hari. Kondisi seperti inilah yang membuat masa ovulasi dapat berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat dibandingkan dengan periode yang akan terjadi selanjutnya.

Selain menentukan masa ovulasi, kehamilan pun akan sangat ditentukan oleh proses sperma yang menjangkau sel telur. Untuk dapat hamil dengan cepat maa sel telur yang telah matang harus dibuahi minimal dalam waktu 12 hingga 24 jam.

Cara Menghitung Sendiri Masa Subur

Pendeknya periode sel telur matang untuk segera dibuahi membuat perhitungan masa subur penting untuk diketahui. Umumnya, masa subur dapat dihitung berdasarkan catatan dan analisis siklus haid setidakya selama 8 bulan terkahir.

Adapun perkiraan masa subur akan dapat dihitung dengan rumus seperti dibawah ini:

Ketahui terlebih dahulu siklus terpendek anda. Misalkan seperti 22 hari. Lalu kurangi angka ini dengan 18. Maka hasilnya adalah 4. Angka ini adalah hari pertama saat anda berada pada posisi paling subur.

Ketahui siklus haid terpanjang anda. Misalkan: 35 hari. Kurangi angka ini dengan 11. Maka hasilnya 24. Angka ini adalah hari terkahir masa paling subur anda.

Dengan demikian, apabila siklus anda rata-rata adalah 22 sampai dengan 35 hari, maka anda akan berada pada masa paling subur pada hari ke-4 sampai ke 24.

Demikianlah beberapa cara menghitung masa subur seorang wanita. Semoga tips cepat hamil ini bermanfaat dan menjadikan panduan mudah untuk anda mempercepat proses kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *