Cara Menentukan Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Cara Menentukan Masa Subur Wanita – Masa subur penting untuk diketahui karena akan membantu meningkatkan peluang untuk hamil. Ketika dalam masa subur melakukan hubungan intim, maka peluang terjadinya kehamilan sangat besar. Masa subur itu sendiri merupakan istilah yang menggambarkan keadaan wanita dimana ia mengalami ovulasi atau kematangan sel telur yang siap untuk dibuahi. Sedangkan untuk laki-laki selalu dalam keadaan subur.

Masa subur biasanya akan terjadi setelah 2 minggu wanita mengalami haid atau menstruasi. Ovulasi itu sendiri ditandai dengan pecahnya folikel, serta sel telur keluar yang kemudian akan disimpan pada tuba fallopi. Folikel yang hancur tersebut kemudian akan berubah menjadi suatu jaringan yang berwarna kuning dan mengeluarkan hormon progesteron. Dimana hormon ini meyiapkan lapisan dinding dalam rahim yang menjadi tempat sel telur menempel jika sel telur tersebut berhasil dibuahi oleh sperma.

Tak sedikit wanita yang sudah menikah mengetahui masa subur tubuhnya sendiri. Sehingga tak jarang mereka keliru untuk menjalankan program hamil atau melakukan hubungan intim agar cepat hamil. Untuk memudahkan anda dalam menghitung masa subur, berikut cara menentukan masa subur wanita agar cepat hamil yang bisa dijadikan panduan.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara Menentukan Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Sebagai solusi cepat hamil, hubungan suami istri sebaiknya dilakukan saat dalam keadaan masa subur atau saat dimana sel telur dalam ovarium sudah matang dan siap untuk dibuahi. Berikut ini cara menentukan masa subur wanita agar cepat hamil.

Siklus Haid

Wanita biasanya memiliki rata rata siklus haid yang berlangsung antara 28 sampai 30 hari atau 22 sampai 35 hari. Jika siklus menstruasi dalam setiap bulannya teratur, maka masa suburnya yaitu antara hari ke 10 hingga ke 16 yang dihitung dari hari terakhir menstruasi. Puncak masa suburnya yaitu berada di hari pertengahan, yakni sekitar hari ke 13 setelah menstruasi hari terakhir.

Apabila siklus haid tidak teratur, maka cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur yaitu dengan mencatat siklus haid selama 6 bulan sebelumnya. Rumusnya yaitu hari ke ( siklus terpendek kemudian dikurangi dengan 18 ), sampai hari ke ( siklus terpanjang kemudian dikurangi 11 ).

Mengukur Suhu Basal Tubuh

Suhu tubuh normal berkisar antara 35,5 sampai 36 derajat C. Pada saat sel telur matang, rahim akan siap menerima sel telur yang sudah dibuahi. Yang mana pada saat ini suhu tubuh akan meningkat hingga 37 sampai 38 derajat C, serta tidak akan kembali ke suhu normal 35 derajat C.

Kenaikan suhu tubuh akan terjadi jika progesteron sudah terbentuk yang berfungsi untuk menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang sudah dibuahi.

Anda dapat melakukan pengukuran suhu tubuh ketika pagi hari setelah anda bangun tidur, sebelum anda melakukan aktivitas. Jika tubuh sudah mulai banyak melakukan aktivitas, maka energi tubuh akan keluar dan berpengaruh pada suhu tubuh.

Silahkan anda masukan termometer pada mulut vagina selama kurang lebih 5 sampai 6 menit. Selama pengukuran berlangsung anda bisa menutup mulut vagina. Lakukan selama 3 bulan setiap hari. Untuk mengetahui masa subur, anda bisa mengamati pola dari kenaikan suhu tubuh. Catat data suhu sehingga membentuk kurva. Suhu yang berada di atas normal berarti menunjukan anda dalam keadaan subur.

Mengamati Getah Lendir

Masa subur juga bisa diketahui dengan memperhatikan perubahan dari tekstur atau kekentalan lendir yang keluar dari vagina. Anda dapat melakukan pengamatan dengan rutin setiap hari. Ketika sedang berada pada masa subur, maka lendir yang keluar memiliki bentuk seperti daun pakis, tidak terputus ketika dipegang, kenyal dan lengket seperti agar-agar.