12 Cara Memperbesar Sel Telur Secara Alami Agar Cepat Hamil

Diposting pada

Cara Memperbesar Sel Telur – Sulit hamil bisa saja disebabkan oleh ukuran sel telur yang cukup kecil hingga akhirnya sulit untuk dibuahi oleh sperma. Lantas, bagaimanakah cara untuk memperbesar sel telur agar cukup mudah untuk dibuahi? Berikut kami sajikan beberapa tips dan juga cara yang bisa Anda lakukan!

Bagaimanapun juga, sel telur yang normal memiliki ukuran yang lebih besar dari sperma. Hal ini tentu saja membuat sel sperma lebih mudah untuk membuahi sel telur. Jika ukuran sel telur kecil, tentu saja hal ini akan menyulitkan sel sperma untuk membuahi sel telur hingga akhirnya berhasil dalam melakukan pembuahan. Jika sel telur mudah untuk dibuahi sperma, maka akan cukup mudah untuk terjadinya kehamilan pada wanita.

Perlu Anda ketahui bahwa saat wanita ada dalam masa subur, ia akan menghasilkan banyak sel telur. Namun, akan ada satu sel telur saja yang akan dibuahi oleh sperma nantinya. Tentu saja, sel telur yang berukuran besar akan mudah untuk dibuahi oleh sel sperma. Kondisi dimana ukuran sel telur yang kecil sehingga tidak bisa dibuahi oleh sel sperma, maka inilah yang nantinya akan membuat sel sperma cukup sulit untuk dibuahi. Melihat kondisi ini tentunya dibutuhkan suatu cara khusus bagi wanita untuk memperbesar ukuran sel telur dengan tujuan untuk mempermudah kehamilan. Baca juga: 9 Penyebab Setelah Dua Tahun Menikah Belum Hamil

Cara Memperbesar Sel Telur

cara memperbesar sel telur

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas bahwa sel telur yang berukuran cukup besar akan cukup mudah bagi sel sperma untuk membuahinya. Bagaimanapun, wanita memang harus memiliki ukuran sel telur yang cukup besar. Namun, tentu saja hal ini cukup sulit bagi wanita untuk mendapatkannya ukuran sel telur yang sesuai karena sel telur memang diproduksi secara langsung di dalam ovarium wanita.

Meskipun terbilang cukup sulit untuk mendapatkan ukuran sel telur yang kita inginkan. Akan tetapi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai cara memperbesar sel sperma, diantaranya:

Lihat juga: 15 Pantangan Makanan Untuk Program Hamil Bayi Tabung

Gerakkan tubuh Anda

Cara pertama yang mungkin cukup mudah untuk Anda lakukan yakni dengan selalu menggerakkan tubuh Anda. Cara ini tentunya menjadi sebagai salah satu cara cepat hamil. Tubuh yang sering digerakkan tentunya akan membuat sel telur dapat berkembang dengan baik. Tentunya, Anda dapat menggerakkan tubuh seperti senam aerobik, berlari, menari dan juga jalan kaki. Gerak tubuh ini tentunya akan mendukung kesuburan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjaga yoga kesuburan agar dapat membuat aliran darah di dalam tubuh menyebar lebih sempurna.

Minum air putih yang cukup

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan meminum air putih yang cukup. Dalam hal ini dehidrasi memang dapat menyebabkan bahaya bagi tubuh, termasuk juga kesuburan wanita. Demi mendukung sel telur agar dapat berkembang dengan sempurna, tentunya Anda dapat mencukupi kebutuhan air minum harian Anda. Namun, satu hal yang harus Anda perhatikan yakni dengan selalu menyimpan air minum pada botol dengan kandungan BPA free. Bagaimanapun juga, jumlah air minum yang cukup akan membantu Anda dalam menjaga sel telur agar dapat berkembang dengan baik dan juga memiliki umur yang lebih lama. Dengan begitu, sel sperma akan dapat membuahi sel telur dengan sempurna.

Gizi dan juga nutrisi yang tepat

Cara ini memang benar-benar harus Anda lakukan dimana Anda wajib menjaga asupan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Gizi dan juga nutrisi memang menjadi makanan yang sangat penting bagi wanita yang sedang menjalankan program hamil. Sel telur tentu saja sama dengan sel lainnya dimana membutuhkan asupan nutrisi yang sempurna agar dapat berkembang dengan baik. Tentu, banyak sekali jenis makanan yang berperan dalam meningkatkan kesuburan wanita. Makanan yang wajib Anda pilih yakni memiliki kandungan mineral, antioksidan dan juga vitamin. Jenis makanan lain seperti jahe, brokoli, kacang hijau, royal jelly, madu, ikan salmon, biji labu, biji matahari dan juga semua jenis sayuran hijau.

Cobalah pijat kesuburan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan mencoba memijat kesuburan Anda. Dalam hal ini pijat kesuburan dapat berkembang dengan sempurna. Dalam hal ini terapi pijat kesuburan dapat meningkatkan aliran darah pada sistem reproduksi dimana sel telur yang matang dengan cukup baik. Dalam hal ini pijat kesuburan dapat menyebabkan rasa lelah yang terjadi pada otot sehingga ovulasi akan terjadi dengan sempurna. Namun terkadang pijat kesuburan juga bisa menjadi sebuah solusi bagi Anda sebagai cara cepat hamil di usia 45 tahun.

Jaga keseimbangan hormon

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan selalu menjaga keseimbangan hormon. Terganggunya hormon tentunya dapat disebabkan oleh kebiasaan dan juga gaya hidup yang tidak sempurna. Dalam hal ini banyak sekali wanita dengan gaya hidup yang buruk hingga akhirnya ovulasi tidak tercapai dan sel telur cenderung rusak. Jika kondisi ini terjadi, maka biasanya wanita akan tetap mengalami menstruasi yang teratur sesuai dengan siklusnya. Hormon yang tidak seimbang ini tentunya dapat dengan mudah ditangani dengan tetap menjaga keseimbangan gizi dan juga nutrisi dengan baik dan sempurna.

Hindari stres

Bagi wanita yang sering mengalami stres tentunya akan cukup mudah bagi Anda untuk mengalami gangguan hormon. Wanita yang sulit hamil pada umumnya memang mengalami rasa tertekan dan cenderung stres. Dalam hal ini stres tentunya akan merusak kualitas sel telur. Anda tentunya dapat mencoba agar tidak stres karena sel telur dapat matang dengan sempurna. Banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres seperti misalnya masalah pekerjaan, berkumpul dan juga bertemu dengan keluarga. Selain itu, Anda juga dapat mengosongkan waktu untuk melakukan perawatan tubuh serta berkonsultasi dengan dokter ahli jika dirasa stres yang Anda alami tersebut cukup berat.

Penuhi kebutuhan dengan sumber antioksidan

Antioksidan memang dibutuhkan oleh tubuh demi menjaga sel telur tetap sehat. Bagi wanita yang ingin memperbesar ukuran sel telur, maka alangkah baiknya jika Anda memulai dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan yang cukup tinggi di dalam tubuh tentunya akan mencegah terjadinya kecacatan pada bayi saat sedang hamil. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung antioksida yang cukup tinggi seperti ikan salmon, minyak ikan, kiwi, brokoli, almond, buah berry dan juga jenis makanan lainnya.

Cukupi jam tidur

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan mencukupi kebutuhan jam tidur Anda. Saat jam tidur terganggu, maka Anda akan dihadapkan pada gangguan hormon yang tidak stabil. Jika hormon terganggu, maka dapat dipastikan Anda akan mengalami masalah lainnya seperti stres dan juga pengaruhnya pada kesehatan. Maka dari itu, penuhilah kebutuhan tidur Anda dengan selalu mencukupi jam tidur Anda.

Konsumsi makanan tinggi mineral

cara sealnjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan selalu mengonsumsi makanan ataupun minuman yang tinggi akan mineral. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan pentingnya mineral bagi tubuh terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil. Seperti yang kita tahu bahwa mineral berfungsi untuk membantu dan juga melindungi kesehatan otot dan juga jantung. Selain itu, mineral memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan air dan basa di dalam darah sehingga cukup berperan dalam menjaga kesuburan pada wanita.

Konsumsi vitamin D

Selain memenuhi kebutuhan tubuh dengan mineral, tentunya Anda juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D. Pada wanita yang sedang menjalankan program hamil tentunya vitamin D memang diperlukan untuk Anda. Hal ini tentunya berhubungan dengan kebutuhan akan vitamin yang dibutuhkan untuk janin. Selain itu, vitamin D juga berdampak baik pada kesehatan tulang baik tulang janin ataupun tulang ibu. Bagi Anda yang berencana ingin memiliki keturunan, tentunya alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi vitamin D agar kebutuhan tulang Anda dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, penelitian juga menunjukkan adanya kemungkinan hubungan antara rendahnya vitamin D pada wanita hamil ataupun wanita yang sedang menjalankan program hamil.

Konsumsilah daun mint

Meskipun belum banyak orang yang tahu akan khasiat dari daun yang satu ini. Ternyata daun mint memiliki manfaat yang tidak kalah dengan bahan herbal lainnya yakni dapat meningkatkan kesuburan wanita. Hal ini dikarenakan daun mint mengandung beberapa zat dan juga senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun mint mengandung monoterpene, menthofuran dan juga flavooid serta beberapa kandungan mineral lainnya. Untuk itu, bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil, tentunya Anda dapat mengonsumsi daun mint.

Tentunya cara yang dapat Anda lakukan cukup mudah. Hanya dengan menambahkan daun mint ke dalam omelet sebagai menu sarapan Anda. Anda juga dapat mencincang daun mint ini dengan menambahkannya langsung pada telur. Selain itu, Anda juga dapat  menambahkan daun mint ke dalam teh yang telah Anda buat sebagai minuman untuk Anda bersantai. Anda juga dapat menambahkan daun mint ke dalam air es untuk menambahkan rasa segar di mulut Anda.

Kayu manis

Bahan herbal lain yang dapat membantu memperbesar sel telur wanita yakni kayu manis. Bahan yang kerap digunakan untuk menambahkan cita rasa pada masakan ini tentu dipercaya juga menjadi bahan untuk meningkatkan kesuburan wanita. Kayu manis ternyata memiliki kandungan yang sama dengan madu dimana memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita. Bagi Anda yang menginginkan keturunan tentunya Anda dapat memanfaatkan bahan herbal yang satu ini. Dalam hal ini ternyata kayu manis dapat memperkuat rahim wanita sehingga proses pembuahan dapat dengan mudah terjadi pada rahim Anda. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan yakni Anda harus mengonsumsi kayu manis dengan kadar yang secukupnya.

Kurangi duduk terlalu lama

Bagaimanapun juga, kesulitan hamil ternyata dipengaruhi dengan jenis pekerjaan yang kita miliki. Jika Anda salah dalam memilih pekerjaan, maka hal ini akan berdampak pada kesuburan Anda. Dalam hal ini terlalu lama duduk atau berada pada pekerjaan dengan tingkat radiasi yang tinggi dapat menurunkan kesuburan baik wanita ataupun pria.  Maka dari itu, jangan sampai Anda terlalu lama duduk. Jika memang kondisi mengharuskan, maka alangkah baiknya jika Anda melakukan streching agar otot-otot tidak tegang.

Demikianlan beberapa cara memperbesar sel telur yang wajib dilakukan oleh wanita sekarang juga. Selamat mencoba!