Cara Memperbanyak Sperma Agar Wanita Cepat Hamil

Diposting pada

Cara memperbanyak sperma – Jumlah sperma merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam merencanakan program hamil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara memperbanyak jumlah sperma agar program hamil dapat berjalan lancar.

Cara Memperbanyak Sperma

Cara Memperbanyak Sperma Agar Wanita Cepat Hamil

Untuk meningkatkan jumlah sperma, anda bisa mencoba beberapa cara memperbanyak sperma di bawah ini.

Selalu Terhidrasi

Seperti yang kita ketahui mencukupi kebutuhan cairan dalam setiap harinya sangat penting. Setiap orang harus mencukupi kebutuhan cairan agar terhindar dari dehidrasi, serta meningkatkan jumlah sperma. Paling tidak anda harus minum minuman sehat sebanyak 2 liter dalam sehari untuk meningkatkan jumlah sperma. Namun jika cuaca lebih panas, anda harus minum lebih dari volume yang ditentukan. ( Baca juga : Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami Agar Cepat Hamil )

Makan Makanan Berwarna Merah

Berdasarkan penelitian, konsumsi likopen akan mampu meningkatkan kualitas, mobilitas, serta volume sperma. Likopen merupakan nutrisi penting yang dapat ditemukan dalam buah, serta sayuran seperti stroberi, tomat, paprika merah dan ceri.

Olahraga

Dibandingkan dengan pria yang kurang atau terlalu aktif melakukan aktifitas fisik, pria yang berolahraga dengan sedang memiliki motalitas yang lebih baik. Jika pria duduk terlalu lama maka jumlah sperma akan berkurang.

Menghindari Panas Berlebih

Jumlah sperma rendah salah satunya dapat disebabkan karena keadaan panas berlebih pada testis. Oleh karena itu, bagi pria penting untuk menghindari spa, mandi dengan air hangat dan sauna, terlebih lagi jika sedang mencoba program hamil.

Anda dapat menggunakan pakaian dalam berbahan katun dan serat alami, hindari menggunakan pakaian dalam sintetis dan ketat. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa pria yang memiliki kebiasaan tidur di kasur air, 4 kali memiliki kemungkinan lebih besar jumlah spermanya rendah dibandingkan dengan pria yang selalu tidur di kasur tradisional.

Menghindari Makanan Kedelai

Makanan yang berbahan kacang kedelai jika dikonsumsi dengan berlebihan dapat menurunkan jumlah sperma pria. Sebab makanan berbahan dasar kedelai mengandung fitoestrogen. Pria yang terlalu banyak mengonsumsi makanan berbahan kedelai spermanya lebih rendah jika dibandingkan pria yang tidak mengonsumsi makanan berbahan kedelai.

Mengonsumsi Vitamin Peningkat Sperma

Anda dapat mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan jumlah sperma seperti di bawah ini:

Selenium

Selenium dibutuhkan untuk memproduksi sperma. Selenium bermanfaat untuk antioksidan serta kesehatan yang lainnya. Anda dapat mengonsumsi makanan sumber selenium dari udang, ikan sarden, tuna, ikan cod, jamur, kalkun, asparagus, daging domba, daging sapi, telur, beras merah dan lain sebagainya.

Zinc

Zinc merupakan mineral yang dapat meningkatkan jumlah sperma,  dan efeknya baik untuk motilitas sperma, serta morfologi sperma. Anda bisa mendapatkan zinc dari sumber makanan berupa bayam, daging sapi, jamur, biji wijen, kacang, biji labu, mete, kacang hijau, kalkun, tofu, brokoli, yoghurt, rumput laut dan lain-lain.

Vitamin E

Penelitian membuktikan vitamin E memiliki manfaat untuk kesehatan dan motilitas sperma. Makanan yang kaya akan vitamin E yaitu bayam, biji bunga matahari, kale, udang, asparagus, minyak, alpukat dan lain sebagainya.

Asam Folat

Penelitian menyatakan bahwa asam folat memiliki pengaruh yang baik untuk sperma. Asam folat dapat ditemukan pada bayam, lentil, kembang kol, brokoli, kacang hitam, kacang merah dan lain sebagainya.

Vitamin C

Salah satu manfaat vitamin C yaitu dapat membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Makanan yang mengandung vitamin C di antaranya sayuran dan buah-buahan, nanas, pepaya, brokoli, kubis, anggur, stroberi, jeruk dan lain sebagainya.

Vitamin B12 Cobalamin

Sumber makanan yang mengandung vitamin ini di antaranya yaitu ikan cod, tuna, sarden, salmon, udang, ayam, yoghurt, jamur dan lain sebagainya.

L-Carnitine

L-Carnitine merupakan asam amino dengan alami diproduksi dalam tubuh. Berdasarkan penelitian L-Carnitine dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 penting untuk kesehatan sperma. Anda dapat menemukannya dari kacang-kacangan, brokoli, kerang, ikan, ayam dan daging sapi.

Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter mengenai makanan yang tepat untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma agar program hamil berhasil.