10 Cara Cepat Hamil Setelah Siklus Menstruasi Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Diposting pada

Cara Cepat Hamil Setelah Siklus Menstruasi – Ketika wanita selesai dalam siklus menstruasi tentunya ini menjadi salah satu peluang bagi wanita untuk mendapatkan keturunan. Hal ini dikarenakan siklus menstruasi dapat menjadi salah satu fase dimana wanita mengalami yang namanya masa subur. Untuk itulah, fase ini menjadi waktu yang terbaik untuk berhubungan intim.

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali pasangan yang sudah lama menikah, namun belum juga dikarunia buah hati. Kondisi ini tentunya menjadi salah satu kekhawatiran dari setiap pasangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap wanita tentunya ingin memiliki buah hati dari darah daging mereka sendiri. Tidak sedikit pula pasangan yang sudah bertahun-tahun mendambakan seorang anak, belum juga terwujud.

Kebahagian pasangan yang sudah menikah tentunya memang terbilang lengkap jika sudah dikaruniai seorang anak. Bagaimanapun juga, kondisi ini tentunya menjadi PR yang cukup besar bagi kita. Hal ini tentunya berhubungan dengan bagaimana kita bisa mendapatkan buah jati meksipun kita harus berjuang terlebih dahulu akan tugas tersebut. Dalam hal ini tentunya program hamil memang sangat diperlukan demi menunjang impian kita memiliki keturunan.

Mungkin bagi sebagian besar orang yang belum dikarunia keturunan, kondisi tersebut mengharuskan kita untuk berusaha keras terlebih dahulu demi mendapatkan keturunan. Bagi Anda yang belum mendapatkan keturunan tentunya jangan sampai berputus asa karena ini menjadi salah satu pelajaran dimana Anda harus berjuang terlebih dahulu untuk mendapatkan keturunan. Untuk itu, kami sajikan beberapa tips dan juga cara cepat hamil setelah siklus menstruasi yang tentunya wajib untuk Anda lakukan sekarang juga! Lihat juga: Khasiat Madu Dalam Meningkatkan Kesuburan Untuk Pria dan Wanita

Cara Cepat Hamil Setelah Siklus Menstruasi

cara cepat hamil setelah siklus menstruasi

Jika Anda saat ini tengah mendambakan hadirnya seorang anak di kehidupan rumah tangga. Tentunya, Anda diharuskan melakukan berbagai cara dan juga menghindari hal-hal apapun yang tentunya dapat menunjang kita dalam menjalankan program hamil. Bagi Anda yang sudah lama menginginkan buah hati, tentunya Anda diharuskan untuk memiliki kesabaran. Hal ini dikarenakan hadirnya buah hati tidak secara tiba-tiba dan juga butuh proses yang tidak sebentar.

Apakah Anda sedang merencanakan porgram hamil? atau Apakah Anda memang saat ini tengah menjalankan program hamil? Mungkin beberapa tips dan juga cara kami di bawah ini bisa membantu Anda untuk mempermudah dalam menjalankan program hamil dan juga mendapatkan keberhasilan. Program hamil akan lebih baik jika dilakukan setelah Anda selesai pada saat siklus menstruasi. Berikut ini kami sajikan beberapa cara cepat hamil setelah siklus menstruasi, diantaranya:

Baca juga: Penting! Ketahui Pengaruh Usia Terhadap Kesuburan

Cek HSG (Hysterosalpingogram)

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan tes HSG. Tes ini mungkin saja terdengan asing bagi Anda. Namun, tes ini menjadi salah satu cara yang paling tepat dan juga menunjang Anda untuk mendapatkan kehamilan. HSG atau Hysterosalpingogram ialah sebuah tes X-Ray untuk melihat ada atau tidaknya sebuah penyumbatan di dalam saluran tuba falopi. Dengan cairan kontras yang dimasukkan ke sebuah pipa dan ditempatkan melalui vagina menuju uterus. Lalu, cairan tersebut akan tumpah ke dalam saluran tuba falopi.

Dalam hal ini X-ray digunakan untuk mencari tahu ada atau tidaknya luka atau bentuk yang tidak normal pada saluran tuba falopi dan juga uterus. Tes X-ray ini tentunya menjadi salah satu tes utama yang dilakukan untuk menentukan ada atau tidaknya penyumbatan pada saluran tuba falopi di rahim kita. Jika memang tidak ada penyumbatan tentunya Anda akan memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan keturunan.

Jangan Stres

Bagaimanapun juga, stres memang menjadi salah satu masalah yang dapat membuat hidup seseorang menjadi penat dan juga tidak bersemangat. Begitupula bagi Anda yang tengah menjalankan program hamil. Stres tentu menjadi salah satu gangguan yang sangat signifikan dalam menghambat program hamil yang tengah Anda lakukan. Selain itu, jika wanita mengalami stres, maka akan berdampak pada kurangnya cairan serviks sehingga membuat vagina Anda tampak lebih kering.

Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang sering stres akan memicu ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil. Bagaimanapun juga, stres bisa mempengaruhi fungsi hipotalamus yakni salah satu bagian di otak yang dapat memiliki peran dalam mengatur suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah,  prilaku konsumsi serta mengatur emosi. Untuk itu, jika Anda seseorang yang sering stres, maka tidak menutup kemungkinan Anda mengalami perubahan hormon yang tidak stabil yang nantinya berdampak pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika sudah terjadi, maka akan sangat sulit untuk Anda bisa mengetahui masa-masa subur setiap bulannya.

Meskipun memang bisa mendapatkan kehamilan, namun peluang untuk mendapatkan kehamilan terbilang sangatlah kecil. Jikalau sudah hamil, stres tentunya memiliki pengaruh yang cukup buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari stres dan tetaplah santai dan juga rileks.

Konsumsi Obat Penyubur

Tips dan juga cara yang pertama ialah dengan mengonsumsi obat penyubur yang tentu aman bagi tubuh kita. Hal ini tentunya akan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia. Alangkah lebih baik jika Anda mengonsumsi obat penyubur yang berbahan alami atau diolah sendiri tanpa ada campuran bahan kimianya. Pada umumnya, orang yang ingin cepat hamil akan mengonsumsi jamu penyubur dengan rempah pilihan. Saat ini banyak sekali pasangan yang lebih memilih untuk mengonsumsi madu penyubur kandungan dibandingkan dengan jamu-jamu terlebih yang dijual di pasaran.

Olahraga Secara Rutin

Terkadang memang terdengar klise ketika kita memasukkan olahraga ke dalam salah satu hal yang harus dipersiapkan dalam menjalankan program hamil. Selain itu, olahraga memang sangat pengting bagi Anda untuk menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh. Bagaimanapun juga, olahraga memang memiliki beragam jenis baik ringan maupun berat.

Tentunya menjaga kebugaran dengan berolahraga memang sangat dianjurkan terlebih bagi pasangan yang ingin hamil dan juga punya anak. Manfaat dari olahraga yang bisa Anda dapatkan tentunya dengan menjaga kesuburan,  memelihara kesuburan dan juga mengontrol berat badan. Bagaimanapun juga, tentunya Anda tidak perlu melakukan olahraga secara berlebihan. Yang penting Anda melakukannya secara rutin dan juga teratur.

Cek Sperma

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengecek sel sperma. pengecekan sel sperma ini memang sangat penting adanya. Hal ini disebabkan bahwa setidaknya 40% masalah ketidaksuburan disebabkan oleh pria. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan keberhasilan dalam menjalankan program hamil. Alangkah baiknya jika Anda mengecek sel sperma pasangan Anda. Seperti yang kita tahu bahwa kriteria sel sperma yang baik yakni memiliki sel sperma dengan jumlah yang cukup yakni minimal 39 juta perejakulasi atau minimal 15 juta per mililiter. Kuantitas dan juga kualitas tentunya ikut mempengaruhi akan kriteria dari sel sperma yang bagus.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika pada saat ini Anda ialah seseorang yang sangat gemar merokok tentunya Anda harus benar-benar menghentikan kebiasan ini. Terlebih jika Anda sedang menjalankan program hamil. Bagaimanapun juga, suksesnya program hamil didukung oleh pola hidup kita yang sangat baik. Jika kita terbiasa melakukan kebiasaan buruk tentunya jangan harap impian Anda untuk mendapatkan kehamilan bisa terwujud. Selain itu, rokok memang mengandung zat nikotin dan juga tar yang tentu sangat mengganggu kesehatan dan juga tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Konsumsi Asam Folat

Seperti yang kita tahu bahwa asam folat memang menjadi salah satu pendukung bagi seseorang yang sedang menjalankan program hamil. Selain itu, asam folat juga direkomendasikan bagi wanita hamil untuk dikonsumsi secara rutin. Asam folat juga memang sangat dianjurkan bagi Anda yang akan atau tengah menjalankan program hamil.

Dengan mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg perhari, maka setidaknya dalam sebulan Anda bisa mendapatkan kehamilan dengan mudah. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi asam folat, maka akan menghindari dari risiko mengandung bayi dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida sekitar 50%-70%. Jika memang Anda diperiksa ke dokter kandungan atau bidan. Tentunya, kadar multivitamin yang tidak mengandung kadar vitamin A memang lebih baik untuk Anda. Asupan harian yang direkomendasikan yaitu sekitar 770 mcg RAE (2.565 IU). Perlu Anda perhatikan bahwa terlalu banyak asupan vitamin A, maka akan berisiko cacat pada janin.

Pastikan Kapan Ovulasi Terjadi

Dengan mengetahui kapan masa subur Anda tentunya ada beberapa gejala ovulasi yang menandai jika seorang wanita yang sedang ada dalam masa subur. Pada umumnya, ovulasi akan meningkat pada hari ke 14 setelah siklus menstruasi terjadi atau setelah beberapa hari menstruasi Anda berhenti. Dengan mengetahui beberapa gejala ovulasi tentunya Anda akan mengetahui kapan kira-kira Anda akan berovulasi. Hal ini tentunya bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan. Bagaimanapun juga, berhubungan dengan pasangan pada masa subur akan meningkatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan kehamilan.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki tentunya merupakan olahraga yang low impact, namun sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, berjalan kaki dapat dilakukan kapan saja dan juga dimana saja. Tentunya, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ini secara rutin setiap hari dengan cara mengelilingi kompleks atau berjalan-jalan di akhir pekan.

Konsumsi Vitamin

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kehamilan ialah dengan mengonsumsi vitamin. Dalam menjaga stamina tentunya Anda bisa menjaga stamina tubuh serta menyehatkan tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi vitamin tubuh akan mendapatkan sistem kekebalan yang lebih baik dibandingkan dengan tidak mengonsumsi vitamin. Jenis vitamin yang disarankan tentunya seperti buah-buahan, sayuran dan juga vitamin lainnya yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin yang harus Anda lengkapi diantaranya vitamin C, D dan juga E yang berfungsi untuk menambah kesuburan pria dan juga wanita. Selain itu, asam folat memang memiliki peran yang cukup dalam pembentukan tabung otak pada janin. Wanita yang mengonsumsi asam folat tentunya akan memiliki peluang yang lebih besar untuk hamil dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi asam folat.

Lakukan Pola Hidup Sehat

Bagaimanapun juga, pola hidup sehat memang harus Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Terlebih bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil memang sangat penting bagi Anda untuk menjalankan pola hidup sehat. Dalam menjalankan hidup sehat tentunya Anda harus menghindari hal-hal yang membuat kesehatan tubuh Anda terganggu seperti merokok dan juga mengonsumsi alkohol.

Itulah beberapa tips dan juga cara cepat hamil setelah siklus menstruasi berakhir yang tentu bisa Anda lakukan sekarang juga. Selamat mencoba!